Apa Yang Baru Di WordPress 3.3?

WordPress dikenal dengan kemudahan, keamanan dan fleksibilitasnya. Oleh karenanya ga heran kalau dalam beberapa bulan saja sudah muncul versi terbaru untuk memperbaiki bugs ataupun pembaharuan layout demi kenyamanan bagi para penggunanya. So, tanpa ragu lagi saya pun langsung klik upgrade automatically di dashboard blog saat ada notifikasi dari WordPress yang menyarankan agar pengguna meng-update ke versi WordPress 3.3.

Tampilan awal dari WordPress versi terbaru yang diberi nama ‘Sonny’ – untuk menghormati saxophonist jazz Sonny Stitt – ini langsung membuat pangling, karena sebuah welcome screen muncul dengan beberapa penjelasan tentang hal-hal yang baru di versi yang baru ini. Check it out!

Yang Baru di WordPress 3.3
Isu pertama adalah masalah upload media. Jika di WordPress versi sebelumnya kita memilih jenis media yang akan diunggah, di versi terbaru ini WordPress akan mendeteksi otomatis format media yang di-upload, apakah berupa image, video atau format lainnya dengan hanya satu tombol saja.

Upload media di WordPress 3.3
Dan untuk mengunggahnya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan memilih file dan menggesernya ke kotak unggah. Very simple!

Cara upload media di WordPress 3.3
Lainnya, menu sidebar di WordPress diubah, yang dulu berupa drop-down kini menjadi flyover. Jadi dengan hanya menggeser pointer mouse ke menu utama, menu di dalamnya akan muncul ke samping. Ini bisa menghemat waktu saat mengutak-atik isi dashboard.

Sidebar di WordPress 3.3
Perubahan selanjutnya adalah digabungnya dashboard versi lama dengan toolbar admin di satu toolbar dan hadirnya fitur baru yang bernama New.

Toolbar admin di WordPress 3.3
Menurut pihak pengembang WordPress, fitur New adalah: When we add new features, move navigation, or do anything else with the dashboard that might throw you for a loop when you update your WordPress site, we’ll let you know about it with new feature pointers explaining the change.

Jadi, bila kelak nanti ada sesuatu yang baru dari tim WordPress, notifikasi akan muncul di fitur New. Dan bagi blogger yang memoderasi komentarnya, fitur notifikasi komentar pun ditambahkan di toolbar versi baru ini.

Moderasi komentar WordPress 3.3
Ok, secara umum – dan seperti biasanya – WordPress versi terbaru akan lebih responsif dari versi lama. Begitu pun dengan WordPress 3.3, fitur-fitur yang disajikan membuat saya semakin nyaman dalam menggunakannya.

Bagaimana dengan sobat yang juga pengguna WordPress, adakah kesan dan pengalaman tersendiri untuk WordPress 3.3 ini?

PS: Anda bisa mengunduh WordPress versi 3.3 disini, dan membaca release report-nya disini.

Share Button
This entry was posted in WordPress and tagged , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

30 Comments

  1. Posted 25/12/2011 at 16:30 | Permalink

    wah baru lagi ya tampilannya WP

  2. Kak Rin!!!
    Posted 25/12/2011 at 16:08 | Permalink

    Wah keren tuh yang fitur Drag and Drop nya…

  3. Posted 25/12/2011 at 17:20 | Permalink

    info yg bagus, jadi ingin mencoba worspress

  4. Posted 25/12/2011 at 17:26 | Permalink

    Tambah keren nih wordpress

  5. Posted 25/12/2011 at 17:35 | Permalink

    iya makin keren aja yah WP. Ku dah lama ga nge blog, WP skrg fiturnya jauuuuh lebih lengkap dan keren dari dulu jaman2 awal nge blog pake WP.

    • Posted 12/02/2016 at 09:14 | Permalink

      Kalau sekarang mungkin WP versi 4 keatas ya kalau gak salah, cuman kadang kalau makenya hosting yang spacenya sedikit sayang kalau terus-terusan update.

  6. Posted 25/12/2011 at 17:37 | Permalink

    wp emang hebat., terus-terusan update untuk memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap penggunanya., 🙂

  7. Posted 25/12/2011 at 18:40 | Permalink

    Kalau saya sih memperbaruinya hanya untuk mempertahankan keamanannya saja. Kalau rich features itu sih nilai tambah :).

  8. danyf5habibi
    Posted 25/12/2011 at 18:23 | Permalink

    Wah..hampir mirip dengan yang ada di wordpress.com (maksudnya dengan tampilan). Berkunjung sobat, mungkin ini evolusi dari sianakingusan55. Hanya berganti alamat saja?

    Salam Special.

  9. Posted 25/12/2011 at 20:14 | Permalink

    wah baru lagi yah?love,peace and gaul.

  10. munir ardi
    Posted 25/12/2011 at 21:15 | Permalink

    saya udah update juga Pak cuma belum tahu kelebihannya apa ya

  11. Leo Ari Wibowo
    Posted 25/12/2011 at 22:12 | Permalink

    Saya sudah upgrade sejak tanggal 13 Desember kemarin mas. Dan entah ini perasaan saya saja atau tidak, tapi saya merasakan load blog saya jadi tambah cepat dibanding kalau pake wordpress versi 3.2.

  12. Posted 25/12/2011 at 23:32 | Permalink

    jadi mudah sih memang tapi script bertambah..yang utama di load-script.php di wp-includes..tadinya pingin update, tapi setelah di pikir2 ini versi kocak, seperti versi lewat jadi hanya untuk sonny,,klo ane tungguin aja buat yang bener2 versi wp nya.

    Sebenernya ga ada yang istimewa, ane bisa bilang istimewa klo wp dah bisa upload file woff, ttf, dan eot untuk font di media upload, jadi ga perlu ke server, atau buat directory baru khusus font.

    seperti drupal dah bisa sekarang..wp kapan yah? hehehe.. lagipula wp kebanyakan thicbox dan cbox di js nya yang bikin berat dasboardnya.

    • Posted 26/12/2011 at 13:38 | Permalink

      Cocok sekali saya juga setuju mas kalau wp udah ada fitur upload font ke dasbor wp… baru deh ciamik…

      • Posted 26/12/2011 at 14:05 | Permalink

        Bisa jadi masukan untuk tim WP nih kayaknya 🙂

  13. Posted 26/12/2011 at 07:45 | Permalink

    asalamualaikum
    trims sharingnya,nt saya akan mencoba
    update, semoga tidak kesulitan

  14. bintangtimur
    Posted 26/12/2011 at 07:04 | Permalink

    Trima kasih informasinya, Darin…bermanfaat banget buat saya yang mengidap gaptek kronis ini…hehe 😀

  15. Posted 26/12/2011 at 11:51 | Permalink

    jujur nie mas…saya malah makin bingung lho dengan WP 3.3 ini??? 🙁

    • Posted 26/12/2011 at 14:21 | Permalink

      Mungkin sobat belum familiar. Kan sobat pakai blogspot? 🙂

  16. ibnu ismadi
    Posted 26/12/2011 at 10:51 | Permalink

    qu dah upgrade dari kemarin bos. dan load na lumayan kenceng.

  17. Posted 26/12/2011 at 13:35 | Permalink

    Perbaruan core wordpress memang untuk memperbarui dan memperbaiki versi sebelumnya… Tapi yang paling utama adalah menutup bugsnya… celah keamanan ini memang menjadi isu utama pada perbaruan versi wordpress… tentunya versi 3.3 ini lebih bagus dari versi 3.2 terakhir. Makanya saya setiap upgrade versi pasti langsung mengikutinya…
    Ulasan yang komplit banget mas Darin.. We love wordpress

    • Posted 29/12/2011 at 06:10 | Permalink

      tul, bug2 yg “bisa ditembus” lewat kotak komentar memang cukup rawan salah satunya,di versi sebelumny

  18. adetruna
    Posted 26/12/2011 at 14:33 | Permalink

    sy pengguna wp.com ! 😛

  19. bro eser
    Posted 26/12/2011 at 18:44 | Permalink

    Yang paling saya sukai dari wordpress versi terbaru ini adalah halaman admin yang lebih simple ditambah fitur drag n drop untuk memasukkan media kedalam posting yang kita buat…

  20. andank
    Posted 28/12/2011 at 11:10 | Permalink

    hihihi saya udah ngersain, seggerr tenan hehe

  21. baju muslim
    Posted 28/12/2011 at 12:04 | Permalink

    makasih udah share ya

  22. Posted 28/12/2011 at 21:20 | Permalink

    Kemarin setelah di upgrade, plugins WP Comment Responder di blog saya malah gak berfungsi.
    Syukur deh, pasti googling nemu plugins yang cocok di WP 3.3 😀
    Emang makin mantep ni WP 😀

  23. Jefry
    Posted 24/04/2012 at 07:44 | Permalink

    Syukurlah saya sudah pakai wp 3.3 dan ternyata ada penambahan fitur lain yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya
    nice share..

  24. Posted 22/06/2015 at 01:00 | Permalink

    Tadi sempat baca-baca tentang wordpress dari versi berapa ke versi berapa untuk makalah tugas kuliah. Mampir juga ke blog saya pak Cara Memasang Widget Responsive di Blog Terimakasih.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*