Apa Yang Baru Di WordPress 3.3?

WordPress dikenal dengan kemudahan, keamanan dan fleksibilitasnya. Oleh karenanya ga heran kalau dalam beberapa bulan saja sudah muncul versi terbaru untuk memperbaiki bugs ataupun pembaharuan layout demi kenyamanan bagi para penggunanya. So, tanpa ragu lagi saya pun langsung klik upgrade automatically di dashboard blog saat ada notifikasi dari WordPress yang menyarankan agar pengguna meng-update ke versi WordPress 3.3.

Tampilan awal dari WordPress versi terbaru yang diberi nama ‘Sonny’ – untuk menghormati saxophonist jazz Sonny Stitt – ini langsung membuat pangling, karena sebuah welcome screen muncul dengan beberapa penjelasan tentang hal-hal yang baru di versi yang baru ini. Check it out!

Yang Baru di WordPress 3.3
Isu pertama adalah masalah upload media. Jika di WordPress versi sebelumnya kita memilih jenis media yang akan diunggah, di versi terbaru ini WordPress akan mendeteksi otomatis format media yang di-upload, apakah berupa image, video atau format lainnya dengan hanya satu tombol saja.

Upload media di WordPress 3.3
Dan untuk mengunggahnya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan memilih file dan menggesernya ke kotak unggah. Very simple!

Cara upload media di WordPress 3.3
Lainnya, menu sidebar di WordPress diubah, yang dulu berupa drop-down kini menjadi flyover. Jadi dengan hanya menggeser pointer mouse ke menu utama, menu di dalamnya akan muncul ke samping. Ini bisa menghemat waktu saat mengutak-atik isi dashboard.

Sidebar di WordPress 3.3
Perubahan selanjutnya adalah digabungnya dashboard versi lama dengan toolbar admin di satu toolbar dan hadirnya fitur baru yang bernama New.

Toolbar admin di WordPress 3.3
Menurut pihak pengembang WordPress, fitur New adalah: When we add new features, move navigation, or do anything else with the dashboard that might throw you for a loop when you update your WordPress site, we’ll let you know about it with new feature pointers explaining the change.

Jadi, bila kelak nanti ada sesuatu yang baru dari tim WordPress, notifikasi akan muncul di fitur New. Dan bagi blogger yang memoderasi komentarnya, fitur notifikasi komentar pun ditambahkan di toolbar versi baru ini.

Baca Juga:  Kapan Mulai (Serius) Ngeblog Lagi?

Moderasi komentar WordPress 3.3
Ok, secara umum – dan seperti biasanya – WordPress versi terbaru akan lebih responsif dari versi lama. Begitu pun dengan WordPress 3.3, fitur-fitur yang disajikan membuat saya semakin nyaman dalam menggunakannya.

Bagaimana dengan sobat yang juga pengguna WordPress, adakah kesan dan pengalaman tersendiri untuk WordPress 3.3 ini?

PS: Anda bisa mengunduh WordPress versi 3.3 disini, dan membaca release report-nya disini.

Blogger yang sedang nge-freelance di ujung timur Indonesia. Suka nulis, baca buku, musik dan nggambar. Contact | Subscribe RSS Feed or Email

31 comments On Apa Yang Baru Di WordPress 3.3?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer