Bagaimana Cara Menggauli Blog Yang Baik Dan Benar?

Itu pertanyaan satu arah. Definisi menggauli blog versi saya mungkin tak sejalan dengan jurus blogger lain, tapi saya yakin akan mendekati kesamaan dalam hal prinsip. Menggauli, yang dari kamus bahasa berarti mencampuri, saya artikan lebih cenderung kepada memperlakukan. Jadi, bagaimana cara memperlakukan blog kita agar kita dan blog senantiasa menjadi pasangan yang sakinah, mawaddah dan warohmah?

Berikut wacana saya:

Ngeblog Yang Baik dan Benar1. Nafkahi Lahir Batin. Tentu dong. Kalau dalam bahasa Jawa sih diopeni, kalau di Sunda diparaban, ada yang menambahkan? Intinya ya blog diberi penafkahan yang memang sudah haknya. Dan berbicara tentang nafkah lahir sebuah blog, inilah hal-hal yang harus dipertimbangkan:

Pertama, domain. Sejak lahir ke blogosphere, berilah blog dengan nama yang sip. Jangan melulu mengikuti trend dengan memberi nama yang sulit dieja lidah, atau nama tak bermakna alias yang penting enak didengar. Untuk inspirasi, Mas Agus Siswoyo pernah menerbitkan postingan tentang bagaimana sebuah nama dapat memberikan sugesti yang kuat, dan tak mustahil bisa mengorbitkan personal branding dengan lebih mudah.

Kedua, hosting. Ini ibarat rumah dan tempat bernaung. Dengan hosting yang mumpuni, secara tak langsung kita telah memberi ruang yang nyaman bagi blog. Free maupun berbayar, it’s oke. Saya sendiri mempercayakannya pada kuncihost, karena selain handal dan costumer service-nya cekatan, kuncihost juga direkomendasikan oleh blogger-blogger senior macam Mas Hengky dan Mas Fadly Muin.

Bagaimana dengan nafkah batin? Inilah seninya. Nafkah batin bisa diumpamakan feel. Pemilihan desain template yang pas dan fleksibel, juga pemasangan plugin tepat guna adalah ritual yang diharapkan oleh sebuah blog. Berlebihan layaknya bertabur iklan, itu tak baik, berkekurangan hingga tampak kurus dan minimalis pun tak sedap. So, proporsional lah 🙂

2. Beri Nutrisi Yang Cukup Gizi. Agar tetap terlihat seksi dan lezat dipandang, jejali blog dengan artikel-artikel bagus. Write what you love, and blog will love you back, itu prinsipnya. Untuk itu, 6 tips mengembangkan diri dan blog dari Mas Iskandar bisa jadi bahan rujukan yang bagus. Read it.

3. Ajak Bersosialisasi di Komunitas yang Baik. Blogwalking dan bersilaturahmi adalah sarana yang mantap tuk memuluskan pertumbuhan blog. Dan berinteraksi di Happy Bloggingkomunitas yang sehat dapat diartikan sebagai proses pemilihan partner blog yang tepat, dimana ini bisa sangat menentukan nasib perjalanan blog ke depan. Saling dukung, support dan menyemangati, bukankah itu inti dari bersosialisasi?

Ok, banyak versi menggauli blog yang baik dan benar yang beredar di luaran, sekarang giliran sobat tuk mendefinisikannya. Monggo 🙂 #uhuy

81 comments On Bagaimana Cara Menggauli Blog Yang Baik Dan Benar?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer