Behind The Scene 7 Comic-Strip Terbaik Versi Darinholic

Posted on

Selama perjalanannya, blog ini telah beberapa kali mem-publish konten dalam bentuk komik pendek (comic-strip). Beberapa di antaranya ada yang memang sudah dipersiapkan dengan matang, namun ada juga yang show up by accident, atau berdasar ide yang nongol begitu saja.

Berikut saya pilih 7 comic-strip yang pernah muncul di blog ini beserta cerita di balik layarnya:

1. Menjadi Seleblogger Itu Mudah

Cara Mudah Menjadi SelebloggerSaya agak bingung juga, karya ini disebut komik atau bukan. Tapi saya selalu setuju dengan pendapat para komikus kawakan yang menyamakan komik dengan cergam, alias cerita bergambar. Dengan kata lain komik yang bagus itu adalah komik yang mampu menyampaikan pesan lewat gambar secara lugas tanpa banyak kata-kata di dalamnya. Dan komik ini pun sengaja saya gambar dengan pendekatan paham tersebut.

Beruntung bahannya sudah ada, yaitu istilah seleblogger yang pernah booming gara-gara ebook dari mas Agus Siswoyo, dipadu ide humor (swear, saya lupa banget sumbernya) tentang bagaimana cara untuk menjadi seleblogger.

Dan hasilnya sungguh diluar dugaan: komik ini sukses berat! 😀

Karena begitu hebohnya sambutan dari para pengunjung, komik ini saya anggap sebagai sebuah milestone, atau tonggak awal dari karya-karya saya berikutnya.

2. Sindrom Blogwalking

sindrom blogwalkingInspirasi komik ini sebenarnya sudah lebih dulu lama mengendap, baik lewat curhat para blogger di twitter maupun pengalaman pribadi saya sendiri yang memang sering kikuk kalau sedang blogwalking dan menemukan tulisan-tulisan yang tak sesuai dengan mood.

Bayangkan Anda sendiri saja, pernah menemukan blog dengan artikel-artikel yang sulit Anda mengerti? Blog yang full curhat hingga membuat Anda bingung harus komentar apa, atau tulisan yang menjadikan Anda kebakaran jenggot karena isinya bertentangan dengan keyakinan, suku dan golongan?

Itulah sindrom blogwalking, jadi tak salah kan kalau saya pilih judul tersebut? *hehe

 

3. How to Attract Visitor to Your Blog

Cara Menaikkan Traffic BlogIde skenario gambar saya ambil dari salah satu ebook di CafeBisnis, dimana saya langsung kesengsem dengan konsepnya yang begitu jelas namun tetap sederhana, yaitu menjelaskan bagaimana menarik sebanyak mungkin orang untuk sudi mengunjungi blog kita dan menjadi pembaca setia.

Ya, kuncinya ada pada tampilan dan konten, meski versi dari kedua hal tersebut – tentu saja – berpulang pada style masing-masing blogger, namun intinya tetap sama, yaitu bagaimana memanjakan pengunjung lewat tampilan dan konten.

Dan saya fikir, mungkin Anda sudah terlalu kenyang kalau topik ‘bagaimana menaikkan traffic blog’ ini disajikan dalam bentuk artikel. Tapi bila dipresentasikan dengan gambar, menurut saya tips ini akan lebih mudah dipahami, dan mudah-mudahan itu juga manfaat yang diambil oleh pembaca artikel tersebut. Bagaimana menurut Anda?

4. Blog is For Everyone

Syarat Untuk Menjadi BloggerAda teman yang dengan polosnya menanyakan perihal persyaratan untuk menjadi blogger. Kalau di posisi saya dan Anda yang telah lama hilir mudik di blogosphere, tentu pertanyaan ini bisa mengundang tawa. Tapi coba deh kita sejenak berfikir dan memposisikan diri sebagai pihak penanya, yang betul-betul belum paham tentang sesuatu hal, niscaya kita pun bakal menanyakan hal serupa pada yang sudah berpengalaman, kan?

Ada pula blogger-blogger yang telah mencoba eksis beberapa waktu, kemudian perlahan tenggelam karena merasa ‘dunia’ blog bukanlah miliknya. It’s not their fault. Blog memang bukan sesuatu yang menjadi kewajiban atau harus dimiliki oleh setiap orang. Namun pastinya, setiap orang bisa menjadi blogger, apapun latar belakang Anda, dari mulai anak SD hingga CEO.

Komik ini sekaligus juga ditujukan tuk menyentil diri sendiri, yang kadang minder dengan betapa hebatnya blogger-blogger lain. Padahal blog is for everyone, blog untuk semua orang. Apa ada sih persyaratan untuk menjadi blogger? Nothing.

Tapi kalau persyaratan agar blog kita disukai, itu masalah lain, betul? 🙂

5. How to be a Twitter Addict

Efek Kecanduan TwitterAnda pernah mendengar tentang istilah ‘pencitraan’? Di politik sih sudah basi ya, tapi di dunia maya? Jujur saja lah, Anda pasti setuju dengan saya yang demen banget menulis status di jejaring sosial demi pencitraan itu pasti pernah kita lakukan. Hayo ngaku *hehehe

Jejaring sosial, khususnya Twitter dan Facebook memang kian menjadi candu bagi penggunanya. Ya gimana lagi, sepertinya fitrah kita sebagai mahluk yang ‘ingin didengarkan’ itu mendadak memiliki ruang untuk menumpahkan apa-apa yang ada di fikiran.

Jadilah timeline Twitter dan beranda Facebook penuh dengan status-status aneh bin ajaib. Dan menurut salah satu penelitian, sharing di jejaring sosial itu sama kadar kepuasannya dengan kepuasan saat orgasme! Nah lho 😀

Ehem, Anda suka ngetweet juga? Follow saya dong di Twitter (jah, malah promosi!) *hehe

6. Efek Blog Saat Kita Tua Nanti

Efek blog bagi orang tuaGagasan komik ini lahir karena iseng. Maklum, saya sering takjub dengan bapak-bapak blogger (jah, kayak bukan bapak aja!) dan ibu-ibu yang masih bisa terus ngeksis ngeblog. Saya lalu membayangkan bagaimana ya dengan reaksi anak-anak mereka ketika tahu orang tua mereka adalah seorang blogger.

Repotnya lagi jika kelak – mungkin – kita sudah benar-benar pensiun dari dunia blog dan anak-anak kita bersikeras untuk diajari ngeblog. Gimana coba?

Ah, tapi sepertinya ini hanya imajinasi saya saja yang kejauhan ya… *xixi

 

 

 

7. Blogger’s Block

Mencari Ide NgeblogIni khas blogger banget. Kalau ngga ada ide, ya malas. Kalau ngga malas, ya karena kebanyakan urusan yang dirasa lebih penting.

Setiap hari, blogger selalu saja bergulat dengan yang namanya ketersediaan ide. Itu kabar buruknya. Kabar baiknya, ternyata ide-ide itu ngga harus dicari kok. Coba saja baca kembali artikel yang berjudul Rahasia Menggali Ide Postingan Blog Yang Tak lekang Oleh Zaman.

Tapi ya tetap saja. Bagai penyakit menahun, istilah blogger’s block ini kerap muncul lagi dan lagi. Untuk itulah komik itu dibuat, selain tuk memotivasi pembacanya, ini juga ditujukan pada saya sendiri yang kadang angot-angotan ngeblog *hehe

 

 

Bonus!

Cara Ngeblog Paling GampangMenjadi blogger tamu di blog lain memang asyik, tapi kalau membuat komik untuk blog lain, ternyata rasanya memang beda 😀

Komik yang berjudul Apa Sih Asyiknya Ngeblog ini sukses diterima oleh mbak Isnuansa, dan saya sangat berterima kasih sekali atas apresiasi dan respon pembaca di sana (thank you all!).

Tapi harga yang dibayar memang ‘agak mahal’. Berhubung mungkin merasa rugi jika menghasilkan karya yang pas-pasan untuk orang lain, saya sampai merevisi berkali-kali skenario komik ini hingga terasa klop. Namun menilik hasilnya, harga itu memanglah pantas! 😀

 

 

Mana Favorit Anda?

Dari sekian banyak (halah, cuma segelintir kok!) komik dan kartun di atas, mana yang jadi favorit dan paling menginspirasi Anda?

Atau Anda punya referensi komik tentang dunia blog yang lain? Share, please 🙂

20 thoughts on “Behind The Scene 7 Comic-Strip Terbaik Versi Darinholic

  1. lucu lucu gambar komiknya… kreatif mas… seru juga nih cerita blognya. setuju dengan tulisan blogwalking yang kadang kadang buat kita susah

  2. hahaha…kocaaakkk semuanya pak 😀
    Nay suka tuh yang point nomer 6, punya blog biar nanti anak2 Nay bisa baca kisah2 emaknye waktu masih muda #eaa.. :))

  3. Cara mengisi konten blog yang sangat unik Mas Darin!
    Nah karena postingan semacam ini, sekarang saya malah jadi penasaran, gimana ceritanya sih koq bisa dapat ide buat bikin konten blog dengan cara dibikin komik? hehe… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *