Cara Ampuh Membuat Situs Yang Menghasilkan Uang Dari Minggu Pertama

Posted on

Catatan: Artikel berikut adalah hasil karya Syamsul Alam dari SyamsulAlam.net yang menceritakan pengalaman pribadinya yaitu cara membuat situs yang bisa menghasilkan uang dari minggu pertama. Saya belum pernah melakukan tips yang ditulis, tapi gagasannya sangat brilian dan pantas untuk di-share dan dinikmati pembaca blog ini. Selamat membaca πŸ™‚

–0–

Halo, senang sekali saya dapat menulis artikel tamu di blognya mas Darin. Kali ini topiknya masih seputar tips berbisnis online, yaitu tentang trik sederhana yang saya yakin bisa dilakukan oleh semua orang untuk bisa menghasilkan uang dari internet, bahkan mulai dari minggu pertama.

Siap?

Tapi sebelumnya, intermezo sedikit ya…

Ketika saya pertama kali nge-blog, kira-kira 5 tahun yang lalu, kelihatannya cari uang di internet itu susah banget. Dulu – kata para master sih – kita harus bisa bikin situs berbahasa inggris yang kemudian dipasang Adsense untuk bisa menghasilkan uang di internet. Nah, yang bikin repot, kebanyakan dari kita bahasa inggrisnya berantakan, belum lagi proses daftar Adsense yang njelimet. Ah, cape deh..

Lalu beberapa bulan berselang, trend mulai beralih ke menjadi affiliate dari produk-produk informasi yang tengah booming. Beberapa memang bagus, tapi sebagian besar – maaf – sampah, yang secara tak langsung mengajarkan: cara menghasilkan uang yang bagus adalah dengan menjadi affiliate (baca: makelar) untuk produk-produk sampah. Waduh, kalau begitu, apa bedanya denganΒ pyramid scheme: member get member tuh?

Nah, setelah ilmu blogging kian berkembang, blogger-blogger banyak yang semakin kritis dan khalayak sekarang lebih terdidik, jadi sepertinya lumrah jika kini mulai jarang kita temukan hal-hal yang seperti itu.

Dan dari cerita yang akan saya tulis berikut, saya berani katakan disini bahwa membuat situs yang menghasilkan uang secara jujur mulai dari minggu pertama bukan sekedar mimpi lagi. Mau tahu?

Cerita sih berawal dari perilaku Ayah saya yang sedang keranjingan dengan mahluk yang bernama lele. Anda mungkin tahu kalau akhir-akhir ini jamannya beternak ikan air tawar di kolam terpal. Dimana-mana banyak pemberitaan bahwa berbisnis ikan air tawar sangat menjanjikan. Iya sih, selain hanya memerlukan modal yang tak banyak, potensi keuntungannya cukup melimpah. Kebetulan ikan air tawar yang sedang getol difikirkan oleh Ayah saya adalah lele karena masa panennya yang singkat.

Suatu malam dia iseng-iseng nyeletuk ke saya, menceritakan impiannya untuk punya kolam lele sendiri di rumah. Beternak lele jenis phyton hingga besar-besar, memanennya, lalu menjualnya, dan kaya raya.

Saya awalnya ngga begitu peduli. Saya fikir, apa hubungan saya dengan kolam lele tersebut? Tapi kemudian saya jawab juga dengan iseng, “Mau tak buatin toko online, Pa? Nanti kan biar gampang jualan lelenya.”

“Lho, kamu bisa bikinnya?” tanya beliau balik, ragu.

“Mau ngga? Kalau mau, nanti Alam belikan domainnya sekarang dan tak buatin situsnya sekalian.”

“Lha terus bayarnya gimana?” Ayah saya mulai tertarik…

“Gini Pa, Alam belikan dulu domainnya, setahun cuma $12. Papa ngga usah bayar deh. Masalah hosting beres, numpang aja di hosting Alam. Aslinya perbulan $10 sih, tapi gratis lah buat Papa. Tapi nanti kalau sudah ada order, 40% keuntungan buat Alam ya?”

Ayah beranjak dari kasur, dan sekarang duduk di sebelah saya yang sedang login PayPal dan siap-siap membeli domain. “Enaknya domainnya apa, Pa?”

“Hmm… apa ya?”

“BeliLele.com aja gimana? Jadi kalo ada orang ngetik ‘beli lele’ di Google, yang keluar situs kita.” usul saya sok profesional. Ayah manggut-manggut setuju.

Dan sisa cerita ini adalah saya yang men-setup toko online pertamanya, menginstal WordPress di Hostgator, menginstal theme dan semua plugin yang diperlukan. Setelahnya tentu saja mengisi site dengan konten. Gambar-gambar kolam, lele-lele yang sedang berenang di kolam, daftar harga, kontak untuk pemesanan, dan lain-lain. Untuk lebih jelas, silakan Anda kunjungi BeliLele.com.

Anda bisa lihat sendiri di Whois, terlihat domain ini saya beli kira-kira 2 bulan yang lalu (Maret), dan sudah tidak pernah saya update lagi sejak satu bulan yang lalu. Namun ayah saya selalu mendapat telpon dan sms dari orang yang tertarik untuk membeli bibit lele, lele untuk konsumsi, maupun kripik lele. Para penelpon ada yang dari Palembang, Jogja, Solo, Surabaya, dan lain-lain. Beberapa orang dari luar pulau bahkan sering menanyakan tentang seminar lele yang akan diadakan oleh teman-teman Ayah saya dari Dinas Perikanan Mojokerto.

Yang perlu ditekankan, situs sederhana itu selesai saya kerjakan hanya dalam waktu DUA HARI, bisa menghasilkan uang mulai dari MINGGU PERTAMA dan – yang terpenting – hingga sekarang masih terus menghasilkan order untuk Ayah saya.

Anda dalam hati mungkin bertanya-tanya: ah, apa mungkin? Sangat mungkin. Kenapa? Karena sekarang teknologi untuk membuat situs dengan tampilan profesional dalam hitungan hari sudah ada, tidak seperti beberapa tahun yang lalu.

Jadi, Anda ingin mencari uang di internet? Gampang. Daripada belajar SEO atau yang lain-lain selama berbulan-bulan yang belum tentu hasilnya, bagaimana kalau cari teman yang sudah punya produk, buatkan toko online, Fans PageΒ di Facebook, dan ajak sebanyak mungkin teman-teman Anda untuk me-like situs itu.

Letakkan call to action di mana saja. Mudahkan setiap pengunjung untuk menghubungi Anda kapanpun mereka mendarat di situs tersebut dan membaca artikel-artikel yang Anda sajikan. Cepat atau lambat Anda pun akan mulai menerima order, dan sisanya tinggal bagaimana Anda saja yang pinter-pinter ngomong agar yang order bisa dealΒ *hehehe

Ok, sekian dulu. Semoga artikel tamu ini bermanfaat untuk Anda-anda yang memiliki keinginan tuk menghasilkan uang dari internet dengan cepat dan mudah.

Dan sekarang bola ada di tangan Anda.

Bagaimana, siap action? πŸ™‚

Syamsul Alam adalah seorang mahasiswa yang juga merangkap sebagai blogger dan internet marketer. Jika Anda menyukai artikel-artikel terapan tentang bisnis online yang jujur, bisa dipraktekan, dan betul-betul menghasilkan uang, tak ada salahnya untuk berlangganan update artikel di blog SyamsulAlam.net dan bergabung di Facebook Fans Page-nya.

Anda ingin menjadi blogger tamu juga disini? Silakan kunjungi laman Guest Blogger.

68 thoughts on “Cara Ampuh Membuat Situs Yang Menghasilkan Uang Dari Minggu Pertama

  1. mantap nih tipsnya… sukses ya buat belilele ya… seneng lihat orang yang berhasil di dunia internet… buat wordpress ya….?

    1. Tengkyu buat ucapan suksesnya πŸ˜€

      Sebenarnya cari uang di internet itu gampang, tapi banyak yang bikin sulit dengan harus ikut program inilah, itulah, dll.

      Semua I.M kenalan saya yang uangnya banyak ngejualin produknya sendiri (kalau ikutan entreprenur university, banyak kenalan I.M yang jualan produk offline lho…)

      Salam senyum!

      1. Mas Alam ini kakek suhu saya, makin kesini ilmunya makin berkembang, terakhir ikut pelatihan beliau di Fatmawati Jakarta.. Sehat terus ya mas, sukses dan makin berkembang terus ilmunya.

    1. Betul mas Asaz, situs saya itu tidak bisa pasif, tiap hari harus ngeyakinin orang yang telpon, jawab pertanyaan, dll yang semuanya offline. Transaksi (pembayaran) juga lewat bank (bukan PayPal ato alertpay). Tapi bisnis online tidak berarti harus semuanya online.

      Anda tidak harus ikut program orang lain (adsense, chitika, amazon associates) untuk mulai menghasilkan uang di internet. Namanya internet marketer itu kan kerjaannya memasarkan barang di internet. Jadi selama anda bisa menjual produk di internet, maka anda secara teknis adalah internet marketer, memiliki bisnis online.

      Yang penting kan menghasilkan uang — dan halal — di minggu pertama. Ya kan?

      Salam Senyum!

  2. nice share mas.
    kira2 butuh investor buat kerja sama ga ? hehe
    kapan2 maen ke blg ane juga ya.

    1. Butuh partner sih iya, tapi dalam kasus saya, investor tidak diperlukan…

      Sebelum saya ngerjain BeliLele.com, saya terjun di amazon associates plus jualan produk-produk PLR, MRR, dan RR. Saya pernah nge-launch product saya sendiri di Warrior Forum (meski gagal total dan hanya dapat $55 hehe..) — tapi saya cukup punya aset di internet untuk bayar semua biaya yang mungkin keluar untuk situs-situs saya.

      Jadi yang saya perlukan cuma tinggal cari orang yang punya produk (ayah saya) kemudian saya bikinkan situsnya dan mulai promosi. πŸ˜€

      Saya barusan main ke blog mas Erifson dan blognya lucu.. haha… saya suka artikel yang judulnya “orang terkenal (sukses) yang banyak tidur”. Haha…

  3. Transaksinya kan via offline..
    Tapi tuk tips dan strategi penjualannya top markotop πŸ™‚

    1. Jujur sebenarnya saya nggak melakukan banyak lo untuk situs yang itu. Liat aja deh sendiri, yang saya buat adalah pages tentang detail produk, FAQ, dll, kemudian 5 – 6 artikel — yang beberapa saya digg, tapi kebanyakan saya biarin.

      Untuk backlink, saya gunakan fasilitas trackback yang di miliki wordpress. Dan that’s all… Tapi ya minimal sehari 100 hits dapat untuk situs itu, padahal ceruk pasarnya sempit (budidaya lele).

  4. Semua emang harus dicoba, harus berani mencoba…
    Thanks buat artikelnya. Salam kenal ya

  5. keliatannya kunci dalam bisnis online memang ACTION.. soalnya kebanyakan teori dan belajar malah gak action2 hehehe

      1. Haha… bener mas Tomi.

        Ketika saya belajar di WarriorForum, salah satu member senior (Jason Fladlien — guru saya internet marketing) malah bilang klo untuk sukses di internet itu berhenti beli course seharga $10 dan mulai lakuin apa yang sudah kita ketahui.

        Jika punya facebook, cara terampuh untuk mencari uang lewat facebook adalah sign out facebook dan lakuin yang perlu kita lakuin.

        Saran aneh memang, tapi yah banyak benernya…

        Salam kenal mas Tomi!

    1. Haha, iya, makasih buat bro Darin yang mau nerima guest post yang rada aneh ini….

      Btw, klo udah kenal jangan lupa main donk ke blog baru saya. ;D

  6. Anda benar mas, bukan situsnya yang menghasilkan uang tapi bisnis lelenya he he he he.
    Intinya : di mana ada kemauan di situ ada jalan.
    Semoga lelenya laris-manis

    Salam hangat dari Surabaya

  7. Udah lama punya ide nyari orang yang punya produk dan saya bantu pemarannya produknya via online. Tapi sampai sekarang belum ACTION juga. πŸ˜€

  8. Sangat memberi inspirasi buat saya mas..
    Dari cerita diatas mas alam menuliskan tentang singkatnya waktu menghasilkan income dari situs online. btw berapa waktu yang diperlukan mas alam untuk belajar bikin situs seperti diatas?
    Terimakasih atas jawabannya dan moga sukses selalu..

  9. trimakasih sobat ilmunya akan ane aplikasikan ,, mudah-mudahan ane sukses seperti gan juga,,,, hehe

  10. Wah….saya lihat web lelenya ko uda ga ada ya, saya pingin lihat perkembangannya…tapi gpp lah yang penting artikelnya asyik….

  11. Admiring the hard work you put into your blog and in depth information you provide.

    It’s good to come across a blog every once in a while that isn’t the same out of date rehashed information. Excellent read!
    I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

  12. Siip mas … membangun website yang berkualitas memang butuh perjuangan extra
    Sekarang saya juga lagi bikin web bahasa indonesia, semuanya dikerjain manual..capek memang..tapi semoga saja bisa kayak mas alam..aamiin

  13. wah postingan 2012 masih rame aje nih.
    btw itu situsnya dah off ya..
    tapi thanks idenya.. pemasaran online emang top!

  14. I Am Now Not Certain The Place You’re Getting Your Information, But Good Topic. I Needs To Spend Some Time Finding Out More Or Figuring Out More. Thank You For Wonderful Info I Used To Be On The Lookout For This Info For My Mission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *