Cara Jitu Memicu Kreativitas Mencari Tema Tulisan Blog Ala Ollie

Write when inspired, write to inspire

Penggalan quote dari Ollie di bukunya – Creative Blog Writing – itu seperti merangkum semua teori kepenulisan, terutama di media blog.

Review Buku Creative Blog WritingBuku yang kini kembali saya jenguk dari habitatnya (baca: kardus) itu serasa memberi hembusan angin segar bagi blogger yang haus setelah lama hiatus, seperti saya. Motifnya – yah – tiada lain dan tiada bukan yaitu untuk ‘menyiram’ otak yang  sekian waktu beku, dan siapa tahu apa yang akan saya uraikan ini juga dapat memicu kreativitas Anda dalam mencari ide dan tema tulisan yang oke untuk dikembangkan di blog Anda sendiri.

So, saya review sedikit tentang beberapa tips yang disajikan, sekaligus merefleksikannya dengan apa yang sudah saya terapkan di blog darinholic yang tengah menjalani tahun ke-empat-nya di blogosphere ini.

Dan tema-tema tulisan yang dicontohkan di buku ini adalah:

Pengalaman pribadi

Insights (wawasan) dari pengalaman hidup kamu merupakan salah satu jenis tulisan yang sangat dihargai oleh pembaca. Mereka dapat belajar dari pengalaman kamu dan dapat menangkap lebih mudah ide yang sedang dilemparkan ke post.

Tampaknya ini tema yang paling umum ya, dan semua blogger pasti setuju jika menuliskan pengalaman pribadi memang tema yang paling gampang untuk ditulis. Blog ini pun sering begitu. Memposting beberapa tulisan perihal pengalaman hidup, salah satu contohnya ada di artikel The Best of Me.

Eksperimen

Ini yang belum saya coba. Ollie mencontohkannya dengan sangat apik saat ingin membuktikan ucapan Ustad Yusuf Mansur tentang keajaiban sedekah, dan eksperimennya itu menjadi salah satu artikel yang paling populer di blognya (baca: Menjadi Kaya Dengan Sedekah).

Challenge (Tantangan)

Ini bisa artinya mengikuti ‘challenge’ dari orang lain, atau bisa juga men-challenge diri sendiri. Misal, pada satu bulan penuh kita berjanji akan ngeblog setiap hari tentang buku yang kita baca dan yang semacam itu. Ini membuat otak kita segar, kreatif dan bersemangat ngeblog.

Nah ini. Ada yang berani? 😀

Membaca blog lain

If you don’t have time to read, you don’t have the time to write. Simple as that – Stephen King

Ya ya, sering juga saya menemukan ide menulis dari artikel blog lain. Bukan copas ya, tapi memberikan tanggapan, reaksi, atau menuliskan ulang gagasannya dari sudut pandang dan perspektif yang berbeda. Artikel Apakah Tantangan Blog Yang Sesungguhnya adalah salah satu contohnya.

Mengamati Social Media

Social media seperti Facebook dan Twitter sangat bisa dijadikan tempat mencari inspirasi. Ada banyak ‘kejadian’ atau topik yang dibahas di sana yang bisa menjadi bahan untuk postingan blog.

Pernah ngga ya? Hmm

Inspirasi ngeblog dari social media

Menjawab pertanyaan

Yang ini? Sepertinya pernah. Artikel Update Membuat Cover Facebook Timeline dengan Corel Draw itu saya tulis saat ada yang menanyakan di kolom komentar perihal kenapa tips yang saya tulis sebelumnya tidak manjur.

Dan konon, bab tentang tema tulisan blog di buku Creative Blog Writing ini juga lahir dari banyaknya pertanyaan ke penulis lewat media Twitter.

What’s hot?

Selidiki topik apa yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan ikut menulis tentang itu dengan menambahkan insights pribadi kamu.

Oke, ini tips yang bagus. Saya juga pernah ikut-ikutan latah memposting artikel Andai Van Kleef Ikut Kongres PSSI saat sedang panas-panasnya gonjang-ganjing di tubuh organisasi sepakbola nasional itu.

Your expertise (keahlian)

Intinya adalah, temukan apa yang kamu kuasai, dan share pengetahuan tersebut ke pembaca blog-mu

Blogger-blogger lain yang saya kenal telah lama melakukannya, seperti pak Joko yang sering share tentang jual beli ke luar negeri dan Cahya Legawa yang banyak menulis seputar dunia medis dan kedokteran. Mungkin saya pun akan mencobanya nanti.

Tutorial & How-to

Ya, artikel-artikel model begini tumpah ruah di internet.

Review

Wah, kalau ini kayaknya jadi tema paling favorit untuk saya. Selain ‘bahan’ yang dijadikan obyek ada di depan mata secara lahiriah, saya juga bisa belajar banyak dari hal-hal yang saya review. Review buku misalnya, dari situ saya bisa mengulas isinya, mengenal lebih dalam penulisnya dan bahkan bisa mendatangkan rejeki yang tak terduga, seperti pengalaman saya saat me-review bukunya Bung Eko dulu.

Kapan-kapan Anda pun harus coba :)

Interview

Isnuansa dan Agus Siswoyo pernah jadi ‘korban’ dari artikel dengan tema interview ini. Dan saya rasa ini juga mudah, mengingat isi artikel sebagian besar adalah ‘cuap-cuap’ dari yang di-interview. Saya tinggal mengaturnya dengan pertanyaan yang tepat sehingga jawabannya nanti sesuai dengan apa yang saya harapkan sebagai tema tulisan.

Interview blogger

Yang perlu diketahui, sebaiknya Anda dan blogger yang ingin Anda interview telah menjalin hubungan (relationship) lebih dulu baik online maupun offline. Jangan asal tembak, karena dari pengalaman saya, nggak semua memberikan respon positif seperti halnya blogger yang saya contohkan di awal tadi.

Conversation

Dari acara ngobrol-ngobrol dan nongkrong bisa juga jadi bahan tulisan. Saya pernah menerapkannya saat menulis artikel tentang kapabilitas, dan itu asyik :)

Your Hobby/Passion

Punya pengalaman seru saat jalan-jalan? Ceritakan seperti halnya rekan Indobrad yang sukses membuat saya iri dengan backpacking-nya.

Lihat Statistik

Cek kembali postingan  apa saja yang populer di blog kamu. Kembangkan artikel tersebut pada postingan baru.

Boleh juga.

Bicara pada anak kecil

Wuih, saya belum pernah coba!

Bicara tentang blogger lain

Ya, ini juga bisa jadi pilihan yang bagus. Artikel tentang Kancut Beringas dan blogger-blogger yang ada di tag blogger to follow adalah contohnya.

Dan tips-tips yang lain seperti berhenti sejenak, bergabung dengan komunitas, dengar lebih dalam, mengamati lingkungan dan menonton tivi bisa deh Anda baca sendiri di bukunya ya :)

Ready to roll?

Atau Anda punya cara jitu memicu kreativitas dalam mencari tema tulisan blog yang lain? Share, please!

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogger, Buku and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Cara Jitu Memicu Kreativitas Mencari Tema Tulisan Blog Ala Ollie

  1. @bangsaid says:

    Ternyata ide menulis di blog itu seabrek ya… banyak yang saya belum tahu juga

  2. i66m says:

    jadi blogger ternyata susah2 gampang ya

  3. Bukunya Salsabeela itu masih ada di toko buku ga sih?

    • Darin says:

      Saya beli dah lama, tapi kemarin sy lihat di gramedia jayapura masih ada. Cek aja di toko buku terdekat bro

  4. ihsan says:

    wah wah trik yg cukup anti mainstream nih wkwkwk

    thanks yah ^^

  5. teguh says:

    terimakasih tips dan trik menulis blog nya mas..
    sangat bermanfaat untuk yg baru belajar ngeblo, seperti saya
    salam

  6. ibnu ch says:

    Begitu banyak ide ide untuk menulis, Tapi saya masih merasa kesulitan untuk menulis/ posting di blog. Semoga artikel ini bisa menyemangati saya untuk mulai fokus menulis di blog..

  7. adetruna says:

    kalo ngeblog dengan bertutur spt ke anak kecil, banyak sapaan sayang dong nantinya? Iya banyak juga tema untuk melahirkan sebuah tulisan, ya … nuhun ah :)

  8. eserzone says:

    Nonton televisi (berita, entertainment) sepertinya bisa juga menjadi sumber ide posting blog

  9. Bambang says:

    Thanks banget nih untuk tipsnya, sangat bermanfaat tentunya.
    Kalau untuk saya sendiri saya lebih senang riset kata kunci misalnya lewat keyword planner atau ubersuggest, supaya bisa ketahuan jumlah pencariannya.

  10. wah sangat bermanfaat. makasih gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *