Cara Mudah Membuat Cover Facebook Timeline Dengan CorelDRAW

Jejaring sosial kini tak hanya bersaing dalam hal bagaimana membuat para penggunanya merasa benar-benar ‘tersosialisasi. Ada sisi lain yang akhir-akhir ini menjadi trend, yaitu bagaimana agar semua user-nya jadi ‘merasa penting’. Ini bisa dilihat dari pengguna Twitter yang bisa mengubah tampilan desain profil sesuai selera, dan sekarang jangan heran jika Anda membuka profil Facebook yang telah berubah menjadi format timeline, yang kalau kata Mark Zuckenberg sih:

Timeline is the story of your life… in a new way to express who you are.

Well, kampanye tuk bebas berekspresi di dunia maya memang masih hangat diperbincangkan, tapi berekspresi lewat cover Facebook Timeline? Jujur saja saya iri dengan beberapa desain yang ciamik dari beberapa pengguna Facebook ini:

Tutorial membuat cover facebook timeline

Tentu dengan mengunggah cover standar dengan image biasa pun bukan masalah, tapi sepertinya asyik juga ya kalau cover Facebook Timeline kita ngga biasa dan menunjukkan identitas kepribadian kita yang sebenarnya seperti contoh-contoh yang di atas :D

Teman saya, Leo Ari Wibowo pernah menulis tentang cara membuat cover Facebook Timeline dengan Photoshop, tapi berhubung saya lebih familiar menggunakan CorelDRAW, saya pun mencoba ‘latah’ dengan ikut-ikutan mendesain, dan hasilnya bisa dilihat di halaman profil Facebook saya:

Membuat Cover facebook timeline

Lumayan lah, setidaknya ada sedikit taste seni antara cover dengan foto profilnya *ngeles* :D

Ok, bagaimana triknya agar image yang kita buat dapat pas menyelip di ruang yang telah disediakan dan terkesan membaur dengan foto profil? Berikut langkah-langkahnya:

Buka CorelDRAW dan buat lahan kerja baru. Lalu set satuan ukurannya menjadi pixel (1), buat obyek persegi panjang dan ubah ukurannya menjadi panjang = 850 px dan lebar = 315 px (2), kemudian centang RulersGuidelines dan Snap to Objects dari tab View (3).

Membuat sampul facebook timeline

Untuk menentukan sumbu pusatnya, yaitu titik 0,0 untuk sumbu x dan y, tekan saja ruas penggaris di sebelah kiri dan geser (drag) hingga melekat di sisi obyek persegi panjang, lalu tekan ruas penggaris di sebelah atas dan drag ke sisi obyek bagian atas. Terakhir, klik dan drag tombol sumbu ke persimpangan (intersection) di sebelah kiri atas obyek. Nah, letak garis bantunya ikut berubah jadi tepat di titik 0 semua kan?

Tutorial correldraw membuat cover facebook timeline

Kemudian buat beberapa garis bantu lagi yang berfungsi sebagai pembatas antara cover dan foto profil. Caranya mirip dengan di atas, cuma kali ini kita menentukan jarak antara garis bantu dengan sumbunya. Perhatikan gambar berikut:

Langkah membuat cover facebook timeline

(1) Klik dan drag penggaris ke arah kanan, lepaskan sembarang dan isi nilai jarak x-nya sebesar 22 px; (2) Klik dan drag penggaris ke bawah, lepaskan sembarang dan isi nilai jarak y-nya sebesar -223 px (nilainya minus karena berada di bawah sumbu x); (3) Klik dan drag penggaris ke arah kanan, lepaskan sembarang dan isi nilai jarak x-nya sebesar 157 px. Kalau sudah, penampakan terakhirnya akan seperti ini:

Trik membuat cover facebook timeline

Sampai di sini kita sudah sukses membuat pembatas ruang yang digunakan untuk foto profil. Nah, agar lebih detail ruang untuk foto profilnya, kita buat obyek kotak dengan ukuran 125 px sama sisi (caranya sama dengan saat membuat obyek persegi panjang di atas). Lalu buat lagi 3 buah garis bantu sebagai garis acuan foto profil. Perhatikan gambar berikut:

Tips kreatif membuat cover facebook timeline dengan coreldraw

(1) Jarak-jarak garis bantu yang baru adalah x = 27 px, x = 152 px dan y = -228 px; (2) Aktifkan Snap to Guidelines dari menu View; dan (3) Geser kotak foto profil hingga melekat di garis bantu yang baru dibuat tadi.

Ok, cover latar siap, ruang untuk foto profil siap, sekarang saatnya menyiapkan image yang akan dijadikan kelinci percobaan. Kalau bisa sih - karena saya gaptek Photoshop dan kurang greget dalam manipulasi foto – image yang cocok itu berisi foto profil dengan latar belakang yang luas. Contoh, di tutorial ini saya memakai foto dengan latar belakang kota Jayapura.

Cara gampang membuat cover facebook timeline

Setelah image di-import, sesuaikan ukuran image dengan cover, geser bagian wajah agar berada tepat di sekitar area kotak foto profil, dan pastikan image melekat sempurna di cover. Oh ya, tebalkan dulu garis kotak profilnya biar lebih kelihatan ya.

Memilih foto untuk cover facebook timeline

Yup, sekarang menggarap foto profil dulu, caranya seleksi image dan kotak profil secara bersamaan dengan menggunakan tombol Shift lalu Copy dan Paste duplikasinya ke file kerja baru.

Trik mudah membuat cover facebook timeline

Gunakan tools Crop, seleksi area kotak profil dan klik dua kali, puff! Jadilah foto profil idaman kita bersama *halah* :D

Crop image untuk cover facebook timeline

Kembali ke file cover latar, juga dengan bantuan tools Crop jadikanlah image agar ‘tercukur’ pas pada bidang cover, lalu tutupi ruang untuk foto profil dengan obyek kotak berwarna putih.

Desain cover facebook timeline

All right, sekarang saatnya meng-export image. Caranya, seleksi image beserta obyek kotak putih dan klik tombol export. Sebaiknya pilih format PNG saat pemilihan format image.

Cara export image coreldraw

Begitu juga dengan foto profil-nya. Eits, sebelumnya rubah dulu dimensi foto profil menjadi 180 px sama sisi (ini dimensi minimal yang disyaratkan oleh Facebook), lalu export dengan cara yang sama seperti contoh di atas.

Resize image di coreldraw

Nah, sampai disini material untuk merombak cover Facebook Timeline sudah siap semua. Kita tinggal mengunggahnya ke Facebook, dan hasilnya seperti yang sudah sama-sama kita lihat di atas :D

Bagaimana, ternyata dengan CorelDRAW pun bisa tuk mendesain cover Facebook timeline, kan? Dan jika Anda punya pertanyaan silahkan tanyakan di kotak komentar atau lewat laman Kontak.

Happy facebook-ing and blogging! :)

UPDATE: Mengacu pada aturan Facebook yang baru maka ada sebagian tutorial di artikel ini sudah tidak relevan, silakan baca artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Share Button
This entry was posted in Desain and tagged , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

29 Comments

  1. Posted 24/02/2012 at 17:57 | Permalink

    thanks, trick-nya! kebetulan saya juga corel user hehe..

  2. Posted 24/02/2012 at 20:15 | Permalink

    Ohh, ternyata pingbacknya artikel ini :D Makasih mas.

    Terus soal Facebook Timeline, walaupun ada beberapa pengguna yang tidak suka, tapi buat saya Facebook Timeline lebih mengasyikkan. Soalnya kita jadi bisa berkreasi menghias sampul FBnya.

    • Darin
      Posted 25/02/2012 at 08:23 | Permalink

      Hehe iya mas. Mungkin bagi penyuka desain suka sekali, soalnya ada mainan baru ya :D

  3. Posted 24/02/2012 at 20:32 | Permalink

    Ini sama aja kan kalau di pakai di Photoshop…

    • Darin
      Posted 25/02/2012 at 08:24 | Permalink

      Hasilnya ya sama mas Sam, cuma tools-nya beda. Ini pake Corel :)

  4. Tiiand
    Posted 24/02/2012 at 22:18 | Permalink

    luar biasa trik ini jempol dah ..

  5. Posted 25/02/2012 at 03:58 | Permalink

    aku lebih suka Facebook versi lama, belum niat ngurusin gambar… tapi tipsnya oke banget

  6. Posted 26/02/2012 at 17:39 | Permalink

    Sampai sekarang masih belum ngeh menggunakan corel.

  7. Posted 27/02/2012 at 17:13 | Permalink

    Wouw.. keren! Coba aah… :)

  8. Posted 01/03/2012 at 08:35 | Permalink

    untuk kerjaan seperti ini, biasanya saya lebih nyaman menggunakan photoshop, tetapi sekarang saya meminimalisasi penggunaan photoshop dengan beralih ke gimps :)

    • Darin
      Posted 01/03/2012 at 09:28 | Permalink

      Kalau saya sampai sekarang masih bingung dgn photoshop mas he2 Apalagi kalau sudah berurusan dgn layer2 yg banyak :D
      Kalau di Corel kan mudah sekali mengaturnya di Object Manager.

  9. Fakry Naras Wahidi
    Posted 13/03/2012 at 07:07 | Permalink

    niat banget om darin,
    buat cover time line kek begini
    hahah.

    btw seru2
    saya dah coba juga caranya
    hihiy.

    • Darin
      Posted 14/03/2012 at 21:58 | Permalink

      Hehehe, gampang tho? :D

  10. oedtry
    Posted 24/03/2012 at 16:14 | Permalink

    asem….. benar2 kreatif… jempol untuk mas darin…….

  11. Posted 27/04/2012 at 13:42 | Permalink

    ka , kan aku udah bkin bentuk persegi panjang (sembarang) tapi panjang sama lebarnya ga bisa di ubah jadi 850 dgn 315 , jadi kalo panjangnya aku atur jadi 850 dan lebarnya 315 ga bisa , angkanya otomatis berubah jadi panjang = 850 , lebar = 388 .
    jadi itu gi mana ya?

    • Posted 11/08/2012 at 08:23 | Permalink

      Itu namanya sizing ratio. cara menonaktifkannya mudah…

      Sebelah kanan kolom buat ukuran panjang sama tinggi ada icon “kunci gembok”. Klik saja supaya kuncinya supaya lepas.

      sekarang coba lagi, mudah-mudah bisa…

      salam kenal semuanya :)

      • Darin
        Posted 14/08/2012 at 13:39 | Permalink

        Sip, tambahan yang keren mas Agito :)

  12. teguh
    Posted 12/05/2012 at 08:41 | Permalink

    matursuwun….

  13. Posted 17/06/2012 at 21:14 | Permalink

    Keren euy..
    Cari foto yang pas biar kelihatan keren juga ah..
    terimakasih trik mas darin..

    • Darin
      Posted 19/06/2012 at 16:22 | Permalink

      Sama-sama, nanti hasilnya share ya :)

    • Ari
      Posted 21/06/2012 at 08:11 | Permalink

      Kok setelah diupload ke facebook jadinya gak pas ya???
      padahal semua hitungan sudah sama. Apakah ukuran letak profil pictnya berubah???

  14. carli
    Posted 05/07/2012 at 15:52 | Permalink

    mas bro klo bikin cover Facebook Timeline dengan corel save as typenya pake yang mn?

    • Darin
      Posted 06/07/2012 at 09:46 | Permalink

      Bukan di save as, image-nya diexport ke format PNG. Coba yah

  15. rafi
    Posted 15/08/2012 at 12:31 | Permalink

    125 px 160 px 180 px emang beda yah garis bantunya?
    kalau misalnya beda yang 180 px berapa ?

    Mohon pencerahannya B|

  16. Harry
    Posted 30/09/2012 at 21:12 | Permalink

    minta link corelDrawnya kak..
    biar saya download…
    soal’a kompi saya gk ada..
    klau bisa krim ke email saya ya..
    harryanggian@yahoo.com

    thx before

    • Darin
      Posted 01/10/2012 at 09:20 | Permalink

      Sudah saya email mas, silakan dicek ya :)

  17. Posted 10/11/2013 at 00:44 | Permalink

    keren mas,,langsung praktek biar lebih keren :D

2 Trackbacks

  • By Buat Cover Facebook | Langit Biru on 06/06/2012 at 21:27

    [...] sengaja menemukan blog yang memposting tentang cara membuat cover facebook. Adapun alamtnya ada disini. Posted in [...]

  • [...] yang sudah membaca artikel sebelumnya, yaitu Tutorial CorelDraw Membuat Cover Facebook Timeline tentu senasib dengan saya yang tiba-tiba merasa aneh dengan tampilannya yang [...]

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>