Cara Paling Jitu Mencegah Copy Paste Artikel Blog

Pernahkah Anda mendapatkan artikel blog Anda disalin (copy paste) mentah-mentah di blog lain? Bagaimana perasaan Anda jika ternyata setelah Anda melakukan beberapa tindakan, tak ada kelanjutan atau perubahan yang berarti?

Polemik adanya beberapa oknum yang dengan sengaja menyalin konten-konten website lain memang takkan pernah habis. Ya bagaimana lagi, ini adalah resiko yang harus ditanggung oleh setiap dari kita yang menyuplai konten secara online. Wajar saja, kecuali jika blog kita di-protect sedemikian rupa sehingga ngga ada pihak lain yang bisa mengakses, konten-kontennya akan dijamin tetap aman terkendali. Apalagi kalau buat blognya di localhost, wah, super duper aman deh *haha*

Nah, sekarang coba cek judul artikel di Google atau periksa di copyscape, jika tak ada tanda-tanda plagiatisme berarti sip, konten Anda aman. Namun dari pengalaman pribadi, tak jarang proses duplikasi itu lolos dari pengamatan, dan mau tahu saya mendapatkannya dari mana? Trackback spam!

Inilah yang saya sukai dari WordPress. Selain mampu menyaring komentar-komentar bernada spam, trackback (tautan balik) pun ternyata dapat menjadi peringatan awal adanya situs-situs yang menyalin konten blog. Ya, meski masih terkesan sopan dan beretika karena telah sudi memberi link referensi, namun tetap saja hal itu membuat saya geleng-geleng kepala dan berfikir: kok bisa-bisanya ya?

Misal, artikel blog ini yang berjudul 5 Hal Yang Saya Suka Dari Mulan Jameela disalin oleh situs lain (Anda bisa mengecek situs yang dimaksud di Google). Apa yang saya lakukan? Mengingat website tersebut ternyata hanya seperti sebuah situs AGC (Auto Generated Content) dan setelah saya cek artikel-artikel disana juga semuanya adalah hasil copas, mau tak mau saya cuma bisa melongo.

Bagaimana Caranya Agar Artikel Blog Tidak Dicopas?

Beberapa tindakan preventif seperti yang pernah ditulis oleh Leo Ari Wibowo di artikel Bagaimana Cara Menyikapi Blogger Copas patut dilakukan. Saya pun telah menghubungi pihak Google untuk segera memberi tindakan sepantasnya, namun hingga kini belum ada email lanjutan selain yang ini:

Melapor Copy Paste Artikel di Google

Tindakan lainnya, penyematan link penyedia anti plagiatisme seperti yang ada di bagian footer blog ini mudah-mudahan bisa meminimalisir, atau setidaknya memberi peringatan dini (early warning) adanya konten yang diduplikasi. Atau langkah-langkah di artikel Bli Cahya yang berjudul Panduan Memerangi Plagiat Blogย bisa jadi bahan penambah wawasan di seputar plagiarism dan pencegahan-pencegahannya.

Tapi pertanyaan itu tetap saja masih mengganggu: bagaimana caranya ya agar artikel kita tidak bisa dicopas?

Jawabnya: impossible, alias tidak mungkin. Selain cara-cara proteksi yang ditulis di bagian awal artikel, kita takkan mampu mencegah aksi pembajakan konten. Yang bisa kita lakukan hanya satu hal, yaituย membuat konten yang se-orisinal mungkin. Bagaimana caranya?

  1. Story telling, atau tambahkan unsur cerita/pengalaman dalam artikel blog. Curcol, curhat dan semacamnya sangat baik diterapkan bila tak ingin artikelnya di-copas. Ya, siapa juga yang mau njiplak artikel curhat?
  2. Beri rujukan artikel yang relevan, baik inbound (merujuk pada artikel di blog sendiri) atau outbound (merujuk ke artikel blog lain). Ini menandakan Anda peduli dengan ke-original-an artikel yang telah dibuat, sekaligus memberi tanda bahwa Anda adalah blogger yang telah melakukan research terlebih dahulu sebelum menulis topik tertentu.
  3. Menulis dengan gaya sendiri. Ini yang tak bisa ditipu. Gaya tulisan seperti tanda tangan yang sulit sekali untuk ditiru, kecuali bila Anda seorang ahli (terbiasa) dalam perkara tersebut.
  4. Terakhir, jangan pernah membajak konten blog lain. Saya ngga tahu kalau hukum karma pun berlaku di dunia maya, tapi tak ada salahnya kan jika kita menilai diri kita sebelum menilai orang lain?

Bagaimana dengan Anda, punya pendapat tentang aksi plagiatisme konten blog? Bagaimana Anda menyikapi hal tersebut, dan langkah-langkah apa yang Anda dilakukan untuk mencegahnya? Share, please.

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging and tagged , , , . Bookmark the permalink.

56 Responses to Cara Paling Jitu Mencegah Copy Paste Artikel Blog

  1. Graha Nurdian says:

    Kalo saya sih mas pertama coba hubungi pemilik blog tersebut via e-mail dengan melongo di halaman kontak atau aboutnya. Tapi klo gak ada saya komentar di artikel blog tersebut bahwa artikel ini merupakan kopi paste, klo masih gak direspon, terpaksa pasrah kirim e-mail ke Google masalah Content Theft mas.

    maap oot nih, wah 1 artikel tiap harinya jalan ya mas? semangat mas ๐Ÿ˜€ semoga bisa bertahan dan sukses :)

    • Darin says:

      Ah biasa saja mas Graha :)
      Ya, tapi kadang situs2 tersebut ga ada samasekali form kontaknya tuh :(

  2. Hanif Mahaldi says:

    wah, syukur sampai sekarang saya juga tidak berminat untuk mencopas artikel orang lain, lebih baik dijadikan referensi, dan ditulis ulang saja. ๐Ÿ˜€

  3. isnuansa says:

    Selama saya ngeblog, belum pernah sih Mas, sampai melaporkan ke Google. Tapi sekarang ini mulai kepikiran juga, apalagi kalo yang bersangkutan masang GA. ๐Ÿ˜€

    • Darin says:

      Betul mbak. Kesempatan banget, soalnya kalau udah urusan adsense pasti google lebih sensitif.

  4. iskandaria says:

    Kalau melaporkan ke google belum pernah saya lakukan sampai sekarang mas. Proteksi klik kanan atau proteksi select juga nggak pernah saya terapkan, soalnya itu bisa merepotkan bagi mereka yang tujuannya bukan untuk membajak. Bahkan memasang pendeteksi semacam copyscape pun tidak saya lakukan. Termasuk peringatan tentang copyright atau tata cara jika ada yang ingin menyalin ulang.

    Yang bisa saya lakukan ya seperti poin-poin yang mas Darin sarankan di akhir tulisan. Selain itu, dulu saya pernah membahas tips memblokir hasil pencarian dari kemunculan situs-situs AGC (walaupun ada sebagian pembaca yang menanggapnya percuma atau sia-sia saja). Tapi daripada kita terus mengeluh, pikir saya lebih baik kita blokir saja. Nanti trafiknya juga bisa menurun jika sudah banyak yang tahu cara memblokir situs-situs pembajak konten tersebut.

    Tapi tetap saja masih ada yang pesimis dengan cara tersebut. Ya sudah deh. Ujung-ujungnya pakai jurus pamungkas (pembenaran) begini:

    Kalau nggak mau dikopi, ya jangan publish di internet dong.
    Kalau takut dikopi-paste, gak usah ngeblog aja. Tulis di komputer sendiri aja buat dibaca diri sendiri. Beres deh masalahnya.
    Pelaku situs AGC itu cuma mempraktekkan ilmu query yang juga didukung oleh script dari google.

    Dan masih banyak pembenaran konyol lainnya ๐Ÿ˜†

    • Darin says:

      Pembenaran yang dipadu dengan ‘makan hati’, gitu ya Mas Is? ๐Ÿ˜€
      Tambahan yang mencerahkan! :)

  5. Cahya says:

    Kalau hanya sekadar mencegah pengunjung melakukan klik kanan dan salin sih tidak sulit, bahkan banyan plugin WordPress yang dapat melakukan itu :). Tapi mungkin lebih pada mentalitas Mas Darin, susah memang menghalangi mentalitas pembajak di manapun itu :D.

    Oh ya, saya juga perhatikan di situs ini menggunakan DMCA.com, memangnya itu berlaku di negara kita juga ya Mas?

    • Darin says:

      Kalau menurut FAQ-nya sih iya. Proteksinya berlaku di seluruh dunia. Tapi saya kira lebih efektif kalau statusnya verified, alias mbayar he2

  6. asriyatno says:

    saya setuju pendapat mas iskandaria…
    Kalau nggak mau dikopi, ya jangan publish di internet dong.
    Kalau takut dikopi-paste, gak usah ngeblog aja. Tulis di komputer sendiri aja buat dibaca diri sendiri. Beres deh masalahnya.
    Pelaku situs AGC itu cuma mempraktekkan ilmu query yang juga didukung oleh script dari google.

    kalo saya copas ya saya kasih URL link…hehehehe

    • iskandaria says:

      wah, itu bukan pendapat saya, melainkan pendapat orang lain yang cenderung suka melakukan pembenaran :)

  7. Arickszone says:

    oke deh..thanks infonya…..inspiring nih..hehe

  8. Ray says:

    Sebagai blogger pemula saya pernah ngalamin mas, sangat kesal jika konten yang udah dibuat susah-susah di copy tanpa dihargai link sumber. kalau cuma 1 atau 2 artikel sih nggak masalah, ini lebih dari 10 artikel mas. cuma diganti awalan dan akhiran saja. seakan melihat tulisan sendiri berjaya di blog lain.
    peringkat blog nya yang lebih populer juga menjadikan blog saya makin terpuruk di google,

  9. Ipras says:

    Wah, kalau saya menyikapinya sih sederhana saja Mas, kalau memang blog yang mengcopas itu baru berumur jagung serta alexa rank-nya masih di atas 1jt, ya saya nyantai aja, secara itu kan blog masih baru.

    Tapi kalau blog yang mengcopas itu usianya sudah lebih dari 3 bulan, mau pun alexa rank-nya sudah di bawah 1jt, tentu saja perlu adanya sikap yang harus dilakukan :)

  10. Mama Murai says:

    Memang copy and paste bisa menyakitkan hati si penulis, apa lagi kalau ianya mengambil masa yang cukup lama untuk dihasilkan. Kayaknya penulisan itu ga dihargai. Tapi apa lagi yang bisa kita boleh buatkan, dengan mempublishkannya ke alam maya, kita telah bersedia untuk menghadapi situasi sebegini.

    Selalunya kalau tertarik dengan sesuatu post dan artikel, saya hanya rewriting semula topik tersebut mengikut acuan yang saya kehendaki. Itu lebih bagus daripada menyalinnya bulat-bulat. :)

  11. Sam Rinaldy says:

    Saya gak pernah copas dari blog lain (^ ^
    Paling hanya sebuah kutipan (^ ^

  12. iwan says:

    makasih bang infonya, terus terang saya baru memulai nulis diblog jadi takut diplagiat…

  13. Sriyono Suke says:

    semakin sering dicopy paste berarti sangat terkenal blognya… ๐Ÿ˜€

    • Darin says:

      Mestinya sih gitu. Atau saya yang ‘sok terkenal’ ya, xixixi ๐Ÿ˜€
      Biarlah mas…

  14. die says:

    Sampai sejauh ini saya hanya menggunakan fasilitas dari DMCA seperti mas Darin. Selebihnya saya pasrah, kalau sampai ada yang tega copas tulisan ubur-ubur milik saya ya silahkan. Semoga kelak pahalanya dicopas oleh YME untuk saya, ๐Ÿ˜‰

    • iskandaria says:

      Hahahahaaaah (ngakak baca komen Pak Aldy) ๐Ÿ˜†

    • Darin says:

      Hahahaha, kok jadi ubur-ubur sih pak? ๐Ÿ˜€
      Ya, saya hanya bisa mengamini. Semoga diberi kekuatan dan ketabahan, xixi :)

  15. JhezeR says:

    kalau tulisan saya dicopas, ambil sisi (+) aja deh, berarti tulisan kita bermanfaat baginya. lagian saya jg mencantumkan copyleft di footer.

    kalau sudah publish online, mmg harus siap menerima resiko copas dan pembajakan.

  16. Blog Berita says:

    Saya cenderung tidak memikirkan orang yg mau copas,,, kalau ketemu saya langsung komeng2 di blog yg bersangkutan bahwa sya keberatan,,, tapi untuk melindungi tulisan secara khusus belum kepikiran…. copyleft aja deh… hehehe…

  17. Leo Ari Wibowo says:

    Saya tidak segarang dulu mas. Sekarang lebih cenderung membiarkan saja. Daripada menghabiskan energi buat mengurusi blog copas, lebih baik diarahkan buat menulis artikel baru saja.

  18. Djawa says:

    aku juga alhamdulilah ga ada yang copas dari blogku., mungkin artikelnya kurang menarik x ya hehe.,

  19. dhenycahyoe says:

    Saya juga heran, pernah ada blogger baru, langsung menjiplak utuh dari kontent di blog saya yg sudah saya modifikasi sedemkian rupa di bagian CSS-nya atau mudahnya sudah saya bikin konsep blogazine, eh malah dia kopi mentah2 beserta CSS-nya, yg lucu-nya dia tidak menggunakan aliran blogazine pada blognya sehingga tampilannya hancur total dan sebagian dari konten tidak terbaca, hahahaha…. sangat konyol memang ๐Ÿ˜€

    • Darin says:

      Hahahaha, wah mungkin itu kelebihan artikel konsep blogazine mas Dheny. Dicopas malah jadi ancur he2 ๐Ÿ˜€

  20. jarwadi says:

    posting saya pernah di copy paste mentah mentah olah orang, dan anehnya tulisan copy paste itu malah lebih dilihat google dari tulisan aseli saya, hehe

    tapi saya biarkan saja sih. saya tidak melakukan apa apa “D

  21. Blog nova13 says:

    oke, saya share hal yang saya dapat beberapa hari yang lalu, menanggapi tentang pengaduan ke pihak Google, kalo saya sudah menerima respon dari Google. berikut screenshot email yang saya terima, http://i.imm.io/ikvT.png ๐Ÿ˜€

  22. Sholihin says:

    Sudah pernah mengalami mas beberapa tulisanku dikopas mentah-mentah, bahkan artikel yang berhubunganpun sekaligus dikopas. Udah menerapkan beberapa cara tapi memang akhirnya hanya bisa pasrah, akhirnya kebenaran lah yang akan menang
    #lhooo xixixixi

  23. Fakry Naras Wahidi says:

    yang saya lakukan untuk mencegah penbajakan konten sih sepertinya hanya membuat artikel sesuai dengan pengalaman saja, jadi bener kata om darin, artikel yang isinya curhat memang bikin males untuk di-copas hahah…

  24. Mull says:

    Kalo blog kita dilaporin ke google, efeknya apa ya mas? Setau saya biasanya yang Copas itu Nyubi, kayak saya. Biasanya sih Ngopy-Edit-Paste. Apa ini juga masuk kategori Ngopas Atw gimana? Makasih sebelumnya

    • Darin says:

      Ya kalau pake adsense, layanannya dibanned. Blognya juga bisa diturunkan.
      Btw, kenapa masih copas mas? Mending pakai teknik rewriting aja.

  25. tomi says:

    copyscape bukannya bayar ya mas? DMCA jg ia..
    kalau saya sih ya pake story telling tadi mas, mana ada yg mau jiplak tulisan kita.. tp saya dl jg pernah deng ada yg jiplak postingan curhat.. mgkn pake robot ๐Ÿ˜€

  26. endanesia says:

    Betul bro.. kalo bisa bikin artikel yang ada hubungannya dengan artikel lainnya di dalam blog.

  27. kurnia septa says:

    perlu dicoba, copas memang menyakitkan
    ada juga lo scriptnya…. anti copas ๐Ÿ˜ฎ

  28. papap arfa says:

    hehe..polemik juga mas darin ๐Ÿ˜€ tapi lebih baik dicontek lah drpada mencontek itu kan tandanya artikel yang kita bikin oke punya ๐Ÿ˜€

  29. KD says:

    saya pernah merasa idealis seperti itu mas (artikel saya tidka boleh di copypaste telanjang, pokoke TIT..!!) hehehe.. tapi kemudian se-iring posting saya yang juga bersumber dari postingan bloger atau situs lain, bahkan dari email, milis dsb, akhirnya rasa idealisme tersebut pun… runtuh.. jadi ya lebih ke memasang footer seperti mas darin dengan harapan bisa menambah silaturahmi dengan mengetahui adanya plagiator baru hahaha (apa sih, gak nyambung ya), intinya kalau buat saya sih bebas saja heuheueh ๐Ÿ˜€

  30. Red says:

    kalo saya malah mengijinkan content say dibajak mentah2. Kenapa? karena content yg dicopy paste dan dipublish ulang itu akan menambah “pentingnya” artikel original dari saya di ranking SERP.

    thanks to google panda ๐Ÿ˜€

    semua artikel saya yang dibajak ada di pejwan google ^^

  31. wahyu says:

    Kebetulan 3 hari ini situs saya error,, (situs saya berbayar)
    Ternyata gara2nya ada blog yg dengan seenaknya copas artikel di situs saya (hampir semua artikel dipindahin beserta gambar dll,, huh,,)
    Udah gitu ga mencantumkan source linknya,, Ga kreatif & ga menghargai banget!!!
    Akhirnya saya laporin aja ke google,,

  32. hendri says:

    yang bikin kita mules itu kalo sudah caoek” bikin tulisan sendiri dengan gaya bahasa sendiri terus dengan mudahnya plagiator mengkopas secara mentah” tanpa kasih link balik…

  33. Blog saya di copy mentah -mentah..

  34. mantaf artikelnya gan

  35. funtastic says:

    setuju banget gan… mampir2 ke gubuk ane ya..

  36. Abdul says:

    laporkan saja ke DMCA mas,,, :)

  37. memang sedini mungkin kita harus berusaha mencegah blog kita tidak dicopas ya sob, sebab sulit dan susah kita buat artikel, ehh tahu-tahu tinggal di jiplak saja. semoga dengan menerapkan tips di atas blog kita jadi aman dari Copas dan impian jadi Terwujud.

  38. terima kasih ilmunya,, menambah masukan wawasan buat kita-kita..
    salam sukses selalu..
    ditunggu kunjungannya..

  39. Lampu Tidur says:

    kalo saya sih biarin aja, soalnya google tau mana yang udah di posting duluan hahaha

  40. novita says:

    Ingin beruntung seperti temen-temen kamu?

    Langsung saja kamu mendaftar di AsliBandar dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna.

    Dengan Deposit yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Ingin beruntung seperti temen-temen kamu?

    Langsung saja kamu mendaftar di http://www.AsliBandar.net dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna.

    Dengan Deposit yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Untuk Info lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

    Pin BB : 2B3C34F4
    YM : Aslibandar_CS
    Skype : AsliBandar
    Telp : +855882388666
    FB : AsliBandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *