Daftar Posting Terpopuler Bulan Mei 2011

Pada posting kali ini saya sajikan daftar posting yang paling populer dalam hal jumlah view, atau akses pada posting tersebut pada rentang waktu bulan Mei 2011 kemarin, sekaligus saya tambahkan sedikit reviewnya. Oya, sekedar catatan, daftar ini adalah hasil kinerja dari plugin WordPress Popular Stats.

Berikut daftar posting terpopuler di bulan Mei 2011:

Post Terpopuler Mei 2011

Dimulai dari yang terbawah, Reshuffle Motivasi Solusi Ketika Childish Dan Moody Melanda Blogger yang dipublish pada tanggal 12 Mei dan menghasilkan 58 views. Tulisan ini terinspirasi dari artikel Agus Siswoyo, dan saya kira cukup bagus tuk diangkat menjadi postingan blog, karena selain ingin berbagi dengan pembaca, mudah-mudahan ini juga bisa memotivasi semangat blogging pada diri saya sendiri.

Merangkak ke trap lebih atas, nah, ada beberapa hal yang menarik. Misalnya tulisan Style of Bimbang bertengger di urutan ke-6, padahal tulisan ini dipublish pada tanggal 21 Februari, atau selang sekitar 2 bulanan sebelum bulan Mei. Dan setelah saya cek, ternyata sebagian besar yang mengakses adalah pengunjung organik, yaitu yang datang dari mesin pencari dengan kata kunci ‘mengatasi rasa bimbang’, ‘kegalauan’ dan semacamnya. Entah, apa mungkin di periode itu pengguna google banyak yang sedang dilanda galau ya? 😀

Di urutan ke-5 ada tulisan Kriteria Orang Yang Cocok Dan Tidak Cocok Untuk Menjadi Blogger Menurut Seth Godin. Fiuh, panjang sekali ya? 😀 Jujur, sebelumnya saya dibuat pusing untuk memberi judul tulisan tersebut. Banyak versi yang sempat dibuat, dari mulai yang terpendek seperti: Dengar Apa Kata Seth Godin, hingga Anda Cocok Menjadi Seorang Blogger? Seth Godin Pun Menjawab. Yah, akhirnya judul yang paling panjang itu yang saya pilih. Alasan utamanya ya klise sih, karena judul itulah yang mencerminkan intisari dari posting tersebut :)

Meningkat ke tiga postingan teratas, ada Sudahkah Anda Menyediakan Laman TOS (Terms of Services) di Blog? di urutan 3. Tulisan yang dipublish tanggal 15 Mei ini mendulang 101 views, yang berarti cukup lumayan menarik minat pengunjung. Di samping ada yang datang dari google dengan kata kunci ‘pentingnya tos blog’, peranan promosi di social media twitter juga ikut berpengaruh (tercatat ada 12 tweets untuk postingan ini).

Next, Nggak Ikutan Ngeblog? Bersiaplah Untuk Menjadi Kaum Minoritas duduk di urutan 2 dengan 106 views. Ini membuktikan bahwa topik tulisan yang menyinggung ‘blog hanyalah trend sesaat’ masih menarik tuk disimak, pun sumbangan traffic dari twitter cukup bagus, mengingat postingan ini sempat juga di-retweet oleh pakzam.

Dan top views bulan ini diraih oleh postingan Lessons From Kancut Beringas: Blogging Is Fun! Khusus untuk postingan ini, saya patut berterima kasih pada si Kancut, eh, Irvina Lioni yang sudah turut serta mempromosikan di twitter :)

Akhir kata, kesimpulan sementara dari statistik sederhana ini adalah:

  • Jangan abaikan SEO, karena pengunjung bukan hanya pelanggan loyal, mereka juga bisa datang dari mesin pencari.
  • Jangan anggap remeh peran social media. Terbukti dari beberapa kasus di atas, ada postingan yang menggaet views lumayan berkat corong ini.
  • Sekali-kali selingi dengan tulisan yang people oriented. Ya, pengunjung reguler pun menginginkan sesuatu yang ‘kita banget’, jadi boleh lah menulis satu topik dengan sudut pandang yang sangat personal.

That’s it. Bagaimana dengan statistik postingan blog sobat?

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Daftar Posting Terpopuler Bulan Mei 2011

  1. Joko Sutarto says:

    Ini berarti rangkingnya berdasarkan pageview, ya Mas? Saya sudah lama tak pernah posting summary berisi populer post seperti ini sejak saya pasang Popular Post di sidebar. Katanya, sih posting seperti ini karena berisi link-link ke artikel sebelumnya, sangat baik untuk SEO. Dan juga bisa mengingatkan ke pengunjung bila ada artikel yang terlewat bacanya.

    • Darin says:

      Betul sekali pak. Ini semacam trik juga untuk me-review postingan-postingan yang dulu, sekalian on page link building 😀

  2. giewahyudi says:

    statistik saya masih rahasia.. hihiii

  3. Masbro says:

    Sosial media memang punya peranan yang strategis untuk mengenalkan tulisan2 kita. Salam hangat Mas;

    • Darin says:

      betul masbro. Saya juga masih mempelajari penggunaan social media berkenaan dengan promosi postingan blog agar lebih maksimal :)

  4. sky says:

    SEO mmg penting…tapi… i don’t care… 😀

    perset2n dengan SEO… 😀

  5. Cahya says:

    He he…, mungkin sekaligus di setiap tulisan tersebut diberi banner, “Top Ten Article” :D.

  6. hanif mahaldy says:

    wah, kayak gini bisa jadi postingan yah, ok2…

  7. i-one says:

    Wah,sayang saya gak bisa gunain twiter,*nagis darah…
    makasih postingannya

  8. Ami says:

    Paling banyak nyari wanita telanjang. Padahal itu iseng, jebakan betmen. Biar keliatannya banyak pengunjungnya. Banyak yang nyari makanan dari jamur, trus yang gelisah, mencari pencerahan untuk ujian hidup

  9. Kaget says:

    Wah, ide postingannya kreatif ya. Popular post dijadikan posting, unik! Sayapun menggunakannya, tapi rentang yang saya gunakan hanya 30 hari terakhir 😀

  10. Andi sakab says:

    Ajarin SEO dunk kang? :)

  11. Zippy says:

    Peran sosial media saat ini emang yang paling ampuh mas 😀
    Tinggal tweet artikel kita di Twitter, dijamin bakalan banyak yang klik walau awalnya hanya sekedar penasaran 😀
    Judul yang unik juga punya keuntungan tersendiri lho 😀

    • Darin says:

      Tul Zip. Malah sepertinya faktor judul yg paling utama dan menentukan kalau link postingan ingin di-klik di timeline twitter :)

  12. Lowongan Kerja says:

    mantab euy trafiknya bos

  13. dHaNy says:

    Pas banget nih tipsnya mas,.. SEO tetep jadi yang utama ya mas. yang selanjutnya peran sosial media dan karakter kita yang menonjol harus tetep dijaga.. karena itulah yang membuat orang lain selalu ingin balik lagi…

  14. Zulf4hmi says:

    statistik view saia tertinggi juga ada mas hari ini sampe 292 yg ngview ,,tapii gak ada yg darii google mas ,ituuh gmna cara’a yah ??

    kbnyakan pengunjungnya dari Facebook ,atau grup klinik komputer yg aq buat ,,mhon pencerahannya yh buat blogging

    • Darin says:

      Itu dah bagus banget mas. Kalau mau menarik pengunjung dari google ya pakai jurus2 SEO aja. Banyak kok narablog yang lebih jago dan mau sharing. Kalau saya masih tahap trial-error 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *