Daftar Posting Terpopuler Bulan Mei 2011

Pada posting kali ini saya sajikan daftar posting yang paling populer dalam hal jumlah view, atau akses pada posting tersebut pada rentang waktu bulan Mei 2011 kemarin, sekaligus saya tambahkan sedikit reviewnya. Oya, sekedar catatan, daftar ini adalah hasil kinerja dari plugin WordPress Popular Stats.

Berikut daftar posting terpopuler di bulan Mei 2011:

Post Terpopuler Mei 2011

Dimulai dari yang terbawah, Reshuffle Motivasi Solusi Ketika Childish Dan Moody Melanda Blogger yang dipublish pada tanggal 12 Mei dan menghasilkan 58 views. Tulisan ini terinspirasi dari artikel Agus Siswoyo, dan saya kira cukup bagus tuk diangkat menjadi postingan blog, karena selain ingin berbagi dengan pembaca, mudah-mudahan ini juga bisa memotivasi semangat blogging pada diri saya sendiri.

Merangkak ke trap lebih atas, nah, ada beberapa hal yang menarik. Misalnya tulisan Style of Bimbang bertengger di urutan ke-6, padahal tulisan ini dipublish pada tanggal 21 Februari, atau selang sekitar 2 bulanan sebelum bulan Mei. Dan setelah saya cek, ternyata sebagian besar yang mengakses adalah pengunjung organik, yaitu yang datang dari mesin pencari dengan kata kunci ‘mengatasi rasa bimbang’, ‘kegalauan’ dan semacamnya. Entah, apa mungkin di periode itu pengguna google banyak yang sedang dilanda galau ya? 😀

Di urutan ke-5 ada tulisan Kriteria Orang Yang Cocok Dan Tidak Cocok Untuk Menjadi Blogger Menurut Seth Godin. Fiuh, panjang sekali ya? 😀 Jujur, sebelumnya saya dibuat pusing untuk memberi judul tulisan tersebut. Banyak versi yang sempat dibuat, dari mulai yang terpendek seperti: Dengar Apa Kata Seth Godin, hingga Anda Cocok Menjadi Seorang Blogger? Seth Godin Pun Menjawab. Yah, akhirnya judul yang paling panjang itu yang saya pilih. Alasan utamanya ya klise sih, karena judul itulah yang mencerminkan intisari dari posting tersebut 🙂

Meningkat ke tiga postingan teratas, ada Sudahkah Anda Menyediakan Laman TOS (Terms of Services) di Blog? di urutan 3. Tulisan yang dipublish tanggal 15 Mei ini mendulang 101 views, yang berarti cukup lumayan menarik minat pengunjung. Di samping ada yang datang dari google dengan kata kunci ‘pentingnya tos blog’, peranan promosi di social media twitter juga ikut berpengaruh (tercatat ada 12 tweets untuk postingan ini).

Next, Nggak Ikutan Ngeblog? Bersiaplah Untuk Menjadi Kaum Minoritas duduk di urutan 2 dengan 106 views. Ini membuktikan bahwa topik tulisan yang menyinggung ‘blog hanyalah trend sesaat’ masih menarik tuk disimak, pun sumbangan traffic dari twitter cukup bagus, mengingat postingan ini sempat juga di-retweet oleh pakzam.

Dan top views bulan ini diraih oleh postingan Lessons From Kancut Beringas: Blogging Is Fun! Khusus untuk postingan ini, saya patut berterima kasih pada si Kancut, eh, Irvina Lioni yang sudah turut serta mempromosikan di twitter 🙂

Akhir kata, kesimpulan sementara dari statistik sederhana ini adalah:

  • Jangan abaikan SEO, karena pengunjung bukan hanya pelanggan loyal, mereka juga bisa datang dari mesin pencari.
  • Jangan anggap remeh peran social media. Terbukti dari beberapa kasus di atas, ada postingan yang menggaet views lumayan berkat corong ini.
  • Sekali-kali selingi dengan tulisan yang people oriented. Ya, pengunjung reguler pun menginginkan sesuatu yang ‘kita banget’, jadi boleh lah menulis satu topik dengan sudut pandang yang sangat personal.

That’s it. Bagaimana dengan statistik postingan blog sobat?

26 comments On Daftar Posting Terpopuler Bulan Mei 2011

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer