Dukungan Google Adsense Dan Motivasi Blogging Blogger Indonesia

Artikel ini ditulis oleh Asep Sanaul Zaman dari gurubelajar.com.

Sejak tanggal 2 Februari 2012 kemarin, Google Adsense resmi mendukung konten blog/web berbahasa Indonesia sebagai publisher untuk menayangkan iklan-iklan Adsense. Dengan keputusan tersebut, secara langsung Google Adsense akan mendongkrak motivasi blogging blogger-blogger tanah air yang telah lama mengharapkan untuk dapat menayangkan iklan Adsense di konten berbahasa Indonesia.

Saya fikir, keputusan Google ini sangat logis, karena selain Indonesia adalah salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia, Indonesia juga merupakan negara dengan pengguna Internet urutan ke-5 terbesar di Asia. Jadi Indonesia memang sudah seharusnya patut diperhitungkan bagi pasar di dunia maya.

Tapi, kenapa masih memilih Google Adsense?

Banyak alasan mengapa adsense dari google masih menjadi primadona dan sangat diharapkan oleh sebagian besar publisher, walau kini tak sedikit layanan PPC (pay per click) yang sejenis lahir, baik dari lokal maupun luar. Namun secara garis besar ada dua hal yang mendasari alasan-alasan tersebut, yaitu:

1. Teknologi mutakhir dari Google
Google adsense memiliki dukungan teknologi yang lebih mutahir dalam hal efektifitas pemunculan iklan, dimana iklan yang muncul sesuai dengan kata kunci di artikel blog atau web yang sedang di baca oleh pengunjung. Ini menjadikan peluang iklan untuk diklik relatif lebih besar.

Hal ini juga memberi banyak keuntungan pada advertiser/pemasang iklan karena orang yang melakukan klik pada iklan tersebut tentu adalah orang-orang yang betul-betul membutuhkan layanan/produk yang diiklankan, jadi tujuan iklan sebagai salah satu penunjang pemasaran tercapai dengan sendirinya.

2. Cara pembayaran
Berbeda dengan layanan advertiser lain (bukan lokal) yang melakukan pembayaran melalui akun PayPal, pembayaran dari Google Adsense lebih luwes yaitu dengan cek via pos. Ya, meski masih bersifat konvensional tapi hal ini sangat diminati oleh para publisher, terutama karena syarat dan proses pencairannya yang relatif lebih mudah.

Memang, seperti yang telah kita ketahui bersama, pembayaran dengan rekening PayPal merupakan pembayaran online dengan ruang lingkup internasional yang paling efektif. Namun toh tidak semua blogger memiliki akun paypal, apalagi paypal yang terverifikasi. Penyebab utamanya sudah jelas, bahwa membuat akun PayPal yang terverfikasi harus memiliki kartu kredit dan tidak semua orang bisa dan mau memiliki kartu kredit.

Mendulang Dolar dengan Google Adsense

Nah, setelah kini Google Adsense mendukung konten berbahasa Indonesia, alasan itu jadi bertambah satu lagi, yaitu:

3. Mendulang dolar lewat Adsense akan menjadi lebih mudah 
Bila kita memaksakan diri untuk membuat blog berbahasa asing (contoh: Inggris) yang kontennya merupakan terjemahan dari – misalnya – Google Translate, hampir dipastikan hasilnya akan kurang bagus, baik dari segi tata bahasa/grammar maupun cara penyampaian.

Lain halnya jika kita membuat konten dengan bahasa sendiri, tentu sangat mudah sekali, dan ini otomatis menjadikan peluang untuk mendulang dolar lewat Adsense akan menjadi lebih terbuka, bukan?

Pengaruh Google Adsense bagi motivasi blogging blogger Indonesia?

Sebentar, apakah aktivitas blogging juga membutuhkan motivasi? Tentu saja. Aktivitas apapun – termasuk bloging – perlu motivasi, baik berupa motivasi internal maupun eksternal.

Khusus untuk blogging, motivasi internal adalah motivasi yang  datang dari diri sendiri, misalnya apakah terdorong oleh minat menyalurkan hobi menulis, hanya sekedar tuk curhat di dunia maya, ingin terkenal, ingin mendapat penghasilan dari internet, atau mungkin hanya sekedar ikut-ikutan. Sedang motivasi eksternal adalah motivasi yang datang dari luar, misalnya diajak teman, didorong oleh kebutuhan untuk dapat penghasilan tambahan atau mendapatkan uang dari blog yang salah satunya yaitu dengan program PPC (pay per click).

Dan dengan didukungnya bahasa Indonesia sebagai penayang Google Adsense, maka hal ini dapat menambah motivasi blogging secara signifikan bagi blogger-blogger Indonesia untuk terus menghasilkan konten-konten lokal yang fresh dan original. Jadi sah-sah saja bila motivasi untuk mendapatkan dolar dari Adsense dijadikan motivasi utama, karena motivasi bagaikan bahan bakar bagi kendaraan. Apa jadinya bila kendaraan kehabisan bahan bakar, pasti kendaraan itu takkan bisa dipakai untuk menunjang aktivitas sehari-hari, kan?

Jadi, dengan didukungnya bahasa Indonesia sebagai bagian dari bahasa resmi layanan Adsense ini, itu bagaikan sebuah berkah dan angin segar bagi blogger Indonesia untuk meningkatkan motivasi blogging-nya dan terus menulis konten asli dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah dengan didukungnya bahasa Indonesia sebagai bagian dari bahasa resmi Google Adsense ini juga mempengaruhi motivasi blogging Anda? Share, please :)

Asep Sanaul Zaman adalah seorang blogger yang menulis tentang iptek dan pendidikan. Anda bisa mengenalnya lebih lanjut dengan mengikuti twitternya di @gurubelajar. Dan jika Anda ingin menjadi blogger tamu juga di sini, silahkan mengikuti tata caranya di tab Guest Blogger.

Share Button

About Blogger Tamu

Blogger tamu adalah blogger-blogger yang telah bersedia menulis artikel untuk dipublikasikan di blog ini. Jika Anda berminat untuk menjadi blogger tamu di sini, silahkan melihat tata caranya di laman Guest Blogger terlebih dahulu.
This entry was posted in Bisnis Online, Blogging and tagged , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Dukungan Google Adsense Dan Motivasi Blogging Blogger Indonesia

  1. Ipras says:

    Termotivasi memang iya, tapi dari didukungnya bahasa Indonesia terhadap adsense ini, saya justru juga sedikit merasa khawatir, terhadap para pegiat ‘blog robot’, kalau sampai merajai maka kualitas konten lokal pun akan terkotori.

    Tapi yang jelas, dengan didukungnya bahasa Indonesia kita dalam dunia adsense, semoga juga lebih meningkatkan kualitas serta kuantitas jenis konten lokal :)

    • asaz says:

      mas Ipras. saya kira setelah ada google panda blog robot sudah tidak ada? ternyata masih ada juga ya

      • adetruna says:

        o gitu ya? Bot dengan lokal konten bisa2 menurunkan kualitas tulisan blogger hebat sekelas kang darin, dong?

  2. JhezeR says:

    semoga saja makin bnyk blogger indonesia dg konten berkualitas.
    koreksi dikit mas utk “pembayaran dari Google Adsense lebih luwes yaitu dengan cek via pos” mgkn via Western Union maksudnya, menurut saya WU beda ama Cek, cek adsense hanya bisa dicairkan di bank tertentu saja.

  3. iskandaria says:

    Sampai saat ini, saya belum mendaftar google adsense dan berarti juga belum memasangnya di blog berbahasa Indonesia yang saya miliki. Tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat nantinya. Tertarik juga sih, mengingat materi iklan GA sangat bervariasi dan potensi kliknya menurut saya cukup besar.

  4. Agus Siswoyo says:

    Tidak bisa dipungkiri, Google Adsense konten Indonesia adalah salah satu sumber semangat kegiatan ngeblog. Namun kesuksesan tidak selalu bisa dinilai dengan uang, bukan? :) Masih banyak kepuasan batin yang bisa kita dapatkan dari ngeblog.

    • asaz says:

      setuju mas agus, karena dapat duit dari blog hanya sebagian kecil dari sukses. kepuasan batin juga bukan karena uang. Orang yang sukses dan bahagia bukan karena pengasilan besar

  5. haremau says:

    bener banget gan .. motivasi bertambah setelag adsense resmi di blog indonesia ..
    dan saya sudah mencobanya sendiri dan berhasil .. :)

  6. komputer says:

    info yang menarik sob, tapi belum di approve, he…. tentu banyak juga publiser yang benar-benar suka dengan ngeblog tidak sekedar hanya mencari duit. semoga duit yang dihasilkan berkah karena didapat dengan cara yang baik. :)

  7. I2-Harmony says:

    Kalo kata kakek saya, berkaryalah yang sebaik-baiknya, nanti uang akan menyusul. :)
    Kalo konten kita bagus, asli dan menarik, insyaAllah kalo dipasangin Google Adsense pasti akan laris. :)
    Tapi saya masih belum berminat, liat yang sudah-sudah dulu dah. :)

    • asaz says:

      I2-Harmony ok memang idealnya perbagus dulu konten, kumpulkan dulu trafik dan perbaiki SEO baru di monetize

    • Darin says:

      Yup, yang penting sih jangan sampai ini monetasi jadi tujuan utama. Kalau karya kita bagus pasti ada efeknya di kemudian hari, betul? :)

  8. nabil balwell says:

    saya udah daftar dan di terima plus dapat 1 account adsense,. Tapi aneh nya hingga saat ini belum di approved padahal udah 1 bulanan.. udah gitu script iklan yang saya pasang juga gak nongol.. ini tanda nya google masi setengah hati dengan kebijakan baru nya..

  9. dHaNy says:

    Saya malah belum mencobanya mas… Trafik masih merangkak…

  10. Setelah Google menerima Bahasa Indonesia, blog saya jadi lebih menghasilkan :)

  11. Pingback: Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Toko Online | Darinholic dot Com

  12. cai wardana says:

    kira-kira google adsense bisa di cairkan/widraud di daerah bagian maluku tidak ya mas soalnya saya pendatang baru bagi dunia blog masih banyak sekali hal yang harus di pelajari mohon pencerahannya mas.

  13. Kalau mau punya google adsense apa harus punya akun paypal ya?

  14. Jadikan.com says:

    Sekarang saya juga lagi nyari motivasi, supaya bisa konsisten nulis, masalah dolar belakangan, konten aja diperbanyak, insya Allah dolar nanti ikut. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *