GoodReads: Tempat Hangout Keren Untuk Para Kutu Buku

Kata orang, buku adalah jendela dunia.

Dan itu betul. Dengan buku, kita dapat menimba ilmu secara langsung dari para penulisnya, mencari informasi yang tepat dari sumbernya, dan menghabiskan waktu tuk menelusuri suatu permasalahan tertentu dengan para pakarnya meski lewat lembaran-lembaran kertas. Selain itu, buku pun bisa mengaduk emosi. Tertawa terbahak-bahak, terharu-biru sampai menggeram karena marah, mampu disajikan secara dramatis lewat jalinan kata yang tercetak. Dan kadang, layaknya sebuah pedang yang tajam, sebuah buku dapat mewakili ribuan serdadu yang semangatnya berkobar-kobar melawan kekejaman tirani.

Yes, book is a wonderful thing!

Kutu Buku

image courtesy: simplemom.net

Saya mulai menyukai dan mengoleksi buku-buku sejak kuliah. Dan itu makin menjadi setelah saya mengikuti salah satu program MLM (Multi Level Marketing) yang notabene mensyaratkan anggotanya tuk banyak-banyak membaca buku bergenre motivasi diri. Berfikir dan Berjiwa Besar karya David J. Schwartz,  Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain-nya Dale Carnegie, dan buku karya Stephen Covey yang berjudul 7 Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif, adalah beberapa buku yang sampai sekarang masih saya baca berulang-ulang.

Merambah ke genre fiksi, saya mengaku takjub dengan Supernova (Dewi Lestari), buku-buku roman spiritual karya Habibburahman El-shirazy dan tentu saja sepak terjang spektakuler Robert Langdon di novel-novelnya Dan Drown. Fiksi komedi pun begitu. My Stupid Boss dan Kambing Jantan selalu sukses membuat saya terpingkal terkencing-kencing. Dan jangan lupakan buku-buku tentang tips menulis yang kini jadi buruan saya tiap hangout di toko buku.

Oya, ngomong-ngomong soal hangout, ternyata ada lho tempat hangout asyik di internet yang dijadikan semacam komunitas untuk para penikmat buku. Ya, namanya GoodReads.

Sama dengan situs jaringan sosial lainnya seperti Facebook, Twitter dan Google Plus yang menjadi ajang pertemanan di satu komunitas, namun bedanya, GoodReads adalah sebuah ajang pertemanan yang khusus tuk sesama penyuka buku. Disini kita bisa share buku-buku yang telah dibaca (read), yang sedang dibaca (currently reading) ataupun yang ingin dibaca (to read).

Yuk, mari kita intip dalemannya :)

Beranda GoodReads berisi update aktivitas terbaru dari teman-teman di jaringan. Di tab Updates berisi update aktivitas dari teman berupa buku apa yang sedang dibaca, penilaian (rating) dan review dari sebuah buku, pemberitahuan pertemanan, juga bisa menginformasikan update tulisan di blog.

GoodReads Tempat Hangout Penikmat Buku

Beralih ke tab Discussions, isinya adalah update informasi berupa diskusi tentang buku, isu-isu tertentu seputar buku, event, sampai jadi tempat berpromosi jika ingin menjual/membeli buku.

Rekomendasi Buku GoodReads

Ok, sekarang ke My Books. Nah, disinilah tempat untuk berbagi informasi tentang koleksi buku-buku di rak virtual kita. Mau menambah koleksi pun mudah, yaitu dengan mengklik link add books.

Koleksi Buku GoodReads

Masukkan judul buku, atau penulis, atau ISBN-nya. Jika beruntung, buku tersebut sudah terdaftar di GoodReads atau situs Amazon.

Menambah Koleksi Buku

Tapi dari pengalaman, seringkali ada juga lho buku-buku yang belum terdaftar, dan itu bisa disiasati dengan memasukkan info buku secara manual.

Menambah Buku Secara Manual

Kita bisa meng-upload gambar cover buku (1) dari hasil googling atau foto sendiri dan masukkan data-data bukunya (2). Datanya pun tak perlu detail, hanya yang bertanda asteriks (*) yang diharuskan.

Di GoodReads, kita juga dapat membuat atau bergabung dengan grup/perkumpulan. Dan salah satu grup yang paling beken (karena saya ikut didalamnya *hehe*) tuk para goodreaders di Indonesia adalah GoodReads Indonesia (GRI).

Group GoodReads Indonesia (GRI)Terakhir, tab Recommendations. Disini berisi buku-buku yang direkomendasikan oleh GoodReads sesuai dengan jenis (genre) buku yang telah kita set di profil (1). Ini asyik sekali, karena kita bisa menemukan buku-buku bagus beserta review dari pembacanya. Jika tertarik, tambahkan buku ke dalam koleksi dan beri status to-read pada buku tersebut (2). Jadi bila nanti suatu saat kita ingin hunting buku, tinggal tengok deh buku mana yang jadi incaran di koleksi rak virtual GoodReads.

Rekomendasi Buku

GoodReads memang keren. Disinilah kita bisa hangout sepuasnya dengan para penikmat dan penulis buku. Dan pernah juga lho saya dapat giveaway buku gratis di GoodReads, karena biasanya setiap penulis yang menerbitkan buku baru akan memberikan bukunya secara cuma-cuma dan pemenangnya dipilih secara acak oleh GoodReads sendiri.

Anda penikmat buku juga? Yuk, hangout bareng saya di GoodReads! 😀

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Hobby and tagged , , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to GoodReads: Tempat Hangout Keren Untuk Para Kutu Buku

  1. Agus says:

    5 tahun berlalu masih teringat ketika masih aktif di MLM memang hidup anda belumlah kumplit kalau belum terkena wabah mlm, walaupun belum sukses & stop. tapi dapet ilmu dari dua buah buku yang luar biasa!!
    Berfikir dan Berjiwa Besar karya David J. Schwartz, Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain-nya Dale Carnegie,
    GoodReads baru tahu nih thanks infonya.

  2. khan says:

    betul, goodreads memang paling ok buat para pecinta buku. di goodreads, ada juga kumpulan ebook yang bisa kita baca dan atau download. ada yang gratis, ada yang berbayar. siapa tahu buku favorit Anda ada di sana :)

  3. Cahya says:

    Kalau saya tidak ada di sana, berarti saya memang bukan kutu buku :D.

  4. oliph says:

    saya kalo gak salah bikin akun di goodread Indonesia deh, tapi waktu itu blom sempet ngutak ngatik, ah…jadi mo ngutak ngatik lagi :) hehehe

  5. Aquidea says:

    Baru tahu ada sosial network seperti itu :D… Saya coba mengunjunginya…. Salam kenal Mas… Info menarik nih 😀

  6. stupid monkey says:

    wah ini nih yang saya cari, sebenernya banyak buku yang pengen saya cari deng, terima kasih sob infonya 😉

  7. Dewifatma says:

    Udah cukup lama tau GoodReads, tapi lom pernah kesana. Aku lagi baca My Stupid Boss 4, nama Kang Darin disebut-sebut tuh disono…

  8. Kimi says:

    Aku sudah daftar Goodreads doooommsss… *bangga gak jelas* 😆

  9. Ami says:

    Dale Carnegie bacaanku waktu SMP. Stephen Covey waktu kuliah. sekarang aku bukan kutubuku lagi. Udah bisa nebak kan, ke arah spiritual.

    Sebetulnya spiritual itu juga penuh motivasi loh. Tapi tidak mudah karena selalu dapat ujian, baik ujian untuk bersyukur atau bersabar.

    Dan aku sendiri walau pernah error gak jelas, setelah melewati itu banyak dapat hikmah. OOT nih…

    Di Islam sendiri buku-buku juga bejibun. Ada tentang gaib, ma’rifat, kebersihan hati, fiqh… dan sebagai manusia kalo ingin lebih mengerti tentang kehidupan memang mesti menyempatkan membaca buku. Iqro’…

  10. buku adalah gudang ilmu……kalau dibaca :))

  11. gadgetboi says:

    wah buku Berfikir dan Berjiwa Besar karya David J. Schwartz itu benar-benar menjadi buku para MLM’ers yah 😆 saya juga suka dengan buku yang berwarna pink tersebut. kalau pikiran galau, kehilangan motivasi, baca buku itu bikin semangat lagi menjalankan kehidupan :mrgreen: *lebay*

    kirain saya tempat hangout seperti di tokobuku kecil atau aksara gitu :mrgreen: engga tahunya situs toh …

    mau ikutan, ah … siapa tahu hobi membaca saya lebih meningkat lagi. autobiografi oom steve jobs aja belum selesai baca.

  12. tina latief says:

    gambarnya kok baca bukunya sambil panas2an…engga enak dong hihihihi

  13. Bahasa Blog says:

    Keren, bisa jadi situs referensi bagi para penikmat buku, mari kita budayakan terus membaca :)

  14. Andi Sakab says:

    wah saya udah lama engga pernah masuk ke situ. yuk hangout lagi disana, kang :)

  15. danyf5habibi says:

    Kalau saya sih, malah tidak hobi dengan yang namanya “membaca”.
    Jadi saya bukan seorang yang “Kutu Buku”. 😀

  16. Abi Sabila Lagi says:

    Saya sudah cukup lama punya akun di sana,tapi jarang sekali ditengok.

  17. maminx says:

    mantap infonya. dale carnegie dulu baca waktu zaman SD, bacanya sambil males-malesan karena masih labil :D. stephen covey pernah baca juga sekitar kuliah an lah.

    segera meluncur ke lokasi atuh ah. tqu ah

  18. tian says:

    wah, sepertinya menarik juga, thanks infonya, XD

  19. andank says:

    untung saya bukan kutu buku hahaha

  20. kettyhusnia says:

    waktu SMP saya suka buku2 motivasi..ga tau kenapa..mungkin karena di rak, yg ada hanya itu hehehe
    btw….ternyata target 2012 Bung Darin adalah 50 buku bisa terbaca ..sukses buat targetnya! semoga ilmunya terserap sempurna dan kami dapat ilmunya dari blog ini..gratuit! :)

  21. adetruna says:

    keren kang infonya … Oia bagi pengguna android, bisa tuh baca-baca di smartphone-nya :)

  22. doorknops says:

    berfikir dan berjiwa besar pernah baca tapi dikit, ntah kenapa saya lebih suka baca novel karya sidney sheldon.

  23. jarwadi says:

    saya sudah agak lama buat account di goodreads, tetapi masih jarang jarang updates bacaan di sana, tetapi kalau sdg pengen buku biasanya baca baca review di sana dulu 😀

  24. Joko Sutarto says:

    Saya sudah pernah daftar di goodreads namun jarang saya tengok lagi karena belum tahu keasyikannya main di goodreads. Oke, saya coba tengok lagi akun saya. Mudah-mudahan akunnya masih baik-baik saja dan tidak lupa passwordnya 😀

  25. bintangair says:

    iya ya.. kadang aneh juga hanya karena membaca deretan kata kata yang menjadi kalimat tapi mampu membuat jiwa ikut merasa apa yang tertulis dalam sebuah buku.
    aku pernah ke googreads buat nyari bukunya tere liye

  26. Pingback: Hubungan Antara Manfaat Membaca Buku dan Kemalasan Dalam Berfikir | The Official Blog of Dendy Darin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *