IdBlogNetwork Pilar Blogger

Hari itu, tertanggal 5 Januari 2011, nominasi Best Local Startup 2010 yang digalang oleh DailySocial telah melambungkan nama idBlogNetwork sebagai pemenang. Yang menarik, idBlogNetwork tak hanya mampu mengungguli empat nominator lain dalam hal jumlah vote, namun juga memiliki kinerja yang mengagumkan, mengingat startup lokal ini terbilang masih berusia sangat muda, yakni baru didirikan tanggal 1 Agustus 2010 yang lalu.

IdBlogNetwork Pilar Blogger

Terlahir dengan mengusung sebuah konsep yang berperan sebagai broker (perantara) antara pengiklan/advertiser dan blogger/publisher yang tergabung dalam satu jaringan, idBlogNetwork menawarkan strategi beriklan dengan pendekatan yang mengedepankan azas kekeluargaan dan keakraban. Tujuannya adalah agar proses komunikasi pemasaran yang terjadi lebih bersifat personal. Maka tak salah jika idBlogNetwork memilih media blog – yang notabene merupakan sebuah catatan keseharian online – sebagai ‘corong’ untuk melakukan kampanye marketingnya.

Dan untuk mensosialisasikan tujuan tersebut, idBlogNetwork mengadakan sebuah ajang betajuk Roadblog 2011 Blogilicious yang menjadi sarana dan tempat bertemunya blogger sebagai publisher dan pihak advertiser/brand. Event ini dihelat di tujuh kota besar (Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, Jogjakarta, dan Palembang) serta melibatkan narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sebuah gerakan yang kreatif, mengingat dengan adanya perhelatan ini maka makin sempitlah gap (kesenjangan) antara publisher dan advertiser.

Roadblog 2011 Blogilicious membuka wawasan, dimensi, dan peluang baru dalam dunia blogging serta mensosialisasikannya secara intensif.

Sebagai catatan, hingga artikel ini diturunkan, Roadblog 2011 Blogilicious telah merampungkan misinya di kota yang ke-empat, yaitu Palembang.

Daya Pikat IdBlogNetwork

Kami menghubungkan para blogger dengan advertiser/brand melalui satu platform dan dapat diakses real time secara langsung untuk memantau kesuksesan sebuah digital campaign, sekaligus meningkatkan brand awareness, brand building, serta menjaga brand image melalui konsep “mouth to mouth” ala media digital (misi idBlogNetwork).

Ya, kendati konsep yang diusung oleh idBlogNetwork bukanlah merupakan konsep yang sama sekali baru, namun ada dua poin penting yang menjadi pembeda (differentiation) dan patut diapresiasi, sekaligus – mungkin – adalah sebuah magnet berdaya pikat tinggi dibanding penyedia layanan sejenis.

IdBlogNetwork Pilar Blogger

Pertama, idblogNetwork selalu dipilih oleh advertiser yang telah memiliki brand dan jangkauan konsumen yang luas. Sebut saja Telkomsel, XL, dan Indosat hingga beberapa brand telepon seluler sekelas Blackberry dan Nokia. Ini menandakan tingkat ‘keseriusan’ dari IdBlogNetwork dan jaringan blognya untuk dapat sebaik mungkin menempatkan iklan atau review produk tertentu.

Dan yang kedua, blog-blog yang diterima sebagai publisher di jaringan idBlogNetwork merupakan high quality blogs, atau dengan kata lain secara umum blog-blog tersebut bisa dikatakan berkualitas dan narablog di belakangnya memiliki passion dalam dunia blogging. Ini dapat dilihat dari poin-poin di laman TOS yang menekankan bahwa konten blog adalah orisinal, ber-traffic tinggi, tidak mengandung pornografi, SARA, kekerasan, dan pelanggaran hak cipta, seperti halnya konten copy paste dan auto generated content.

Jadi, tak salah kiranya jika idBlogNetwork menyandang predikat The Best Startup Local 2010.

Iklan dan Uang, Salah Satu Faktor Antusiasme Roadblog 2011 Blogilicious

Iklan adalah salah satu sumber pendapatan yang cukup klasik, namun tetap relevan untuk dijalankan sebagai strategi dalam mendapatkan pemasukan, tidak hanya bagi para pelaku media besar, namun peluang untuk mendapatkan pemasukan juga terbuka lebar bagi para blogger.

IdBlogNetwork Pilar BloggerKutipan dari artikel karya Wiku Baskoro di atas memang benar adanya. Bagaimanapun, blog adalah juga sebuah media yang butuh sumber daya untuk menjalankan sistem operasionalnya, baik itu berupa waktu, energi, pengetahuan, dan tentu saja, uang. Dan blogger, selaku pemilik media blog pun memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan, dengan catatan, blog tersebut memiliki segmen pembaca yang jelas sehingga target iklan dari advertiser dapat langsung tersampaikan.

Itulah sebabnya Roadblog 2011 Blogilicious memberikan materi-materi yang dapat mengoptimalkan fungsi blog sebagai penghasil uang. Dari mulai tips blogging secara umum, etika ngeblog, mobile blogging, social media, bloggerpreneur hingga mengerucut ke hal yang lebih spesifik, yakni SEO (search engine optimation) dan monetasi blog.

Memang tak dapat dipungkiri, tujuan ngeblog yang berorientasi uang sangat tidak disarankan, seperti yang disampaikan oleh salah satu narasumber, Abdul Ghofur:

Ngebloglah karena kamu suka, bukan karena mencari uang.

Namun demikian, menilik antusiasme dan suasana fun yang terekam dan diulas oleh para blogger peserta Roadblog 2011 Blogilicious selama ini, wajar kiranya jika di masa mendatang nanti, blogosphere Indonesia mampu mencetak bloggerpreneur-bloggerpreneur handal yang dapat memberi konten-konten berkualitas plus menghasilkan.

IdBlogNetwork Pilar Blogger: Sebuah Wacana

IdBlogNetwork Pilar BloggerSebagai simpulan, tak berlebihan jika ada wacana yang mendaulat idBlogNetwork sebagai pilar blogger. Selain dua daya pikat yang telah ditulis di atas, ajang Roadblog 2011 Blogilicious jadi suatu pembuktian bahwa idBlogNetwork pun memiliki dedikasi untuk memajukan kualitas blogger-blogger dalam jaringannya. Dan peranan yang diemban idBlogNetwork bisa jadi menyentuh dan merubah prilaku, standar dan behaviour dari blogger-blogger pada skala yang lebih luas, yaitu skala nasional.

Harapan ini bukan mustahil dapat terwujud. Momentum antusiasme Roadblog 2011 Blogilicious, keprofesionalan dan dedikasi dari founder-founder idBlogNetwork adalah faktor-faktor yang sanggup memberi visi awal dari sebuah masa depan blogosphere Indonesia yang lebih cerah.

So, menjadikan idBlogNetwork sebagai pilar blogger? Kenapa tidak?

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Jurnal and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

36 Responses to IdBlogNetwork Pilar Blogger

  1. Zippy says:

    Wihi…keren mas.
    Saya malah baru tau nih kalo ada kontes SEO ini 😀
    Pembahasannya detail banget ya, ditunjang dengan gambar yang menarik 😀
    Saya sendiri senang banget bisa gabung di IBN.
    Lumayan lah bisa mengumpulkan “recehan” dari sana 😀

    • Darin says:

      Ayo ikutan Zip, itung2 latihan SEO 😀
      Yup, jarang2 ada startup lokal yang mampu menggalang blog2 bagus seperti ini :)

  2. Bobby Prabawa says:

    Dengan menjadi anggota idblognetwork, kita termotivasi selalu update blog dengan postingan terbaik. Salam hangat dari Bogor. 😀

    • Darin says:

      Salah satunya itu mas. Apalagi dengan adanya kontes SEO idBlogNetwork Pilar Blogger ini, wah makin terpacu deh :)

  3. lompo ulu says:

    salam kenal mas Darin..
    saya senang membaca tulisan-tulisan anda di blog ini.
    bagi orang yang baru ngeblog seperti saya, membaca blog yang berkualitas merupakan pemacu semangat dalam ngeblog.
    keep up the good post, mas

  4. Andi sakab says:

    waduh makin cinta aja nih, ane sama ini blog kang. ngga yang lama ngga yang baru. inspiraftif. yuks semangat

  5. sky says:

    benar2 bisa ngasilin uang klo daftar di idblognetwork?

    biasanya berapa perbulan?

    ada pajaknya ndak? 😀

  6. Ami says:

    Ntar mau ikutan acara di Jogja 11 Juni. Oh ya, tulisan lamaku gak dihapus atau direvisi habis-habisan. Ditulis baru dari tulisan lama, tanpa menyangkut nama seseorang. Trus diprint, buat kenang-kenangan atau dibagikan ke siapa yang mau, hehehe.

    Ma kasih sarannya…

    • Darin says:

      Sip Mi, kirain mau diedit semua 😀
      Oh ya, nanti dishare sedetail-detailnya lho Mi, pokoknya saya mau laporan lengkap pandangan mata event roadblog di jogja nanti *ngancem* hehe 😀

  7. Kaget says:

    Waaah,… Sekarang IBN lagi gencar gencarnya ya, semoga sukses ppc dlam negri 😀

  8. Deny Gnasher says:

    Mau ikutan, tapi susah kok yah cara daftarnya? Harus pake rekomendari dari 2 blogger anggota ID Blog Network juga?

    • Darin says:

      Iya, aturan barunya begitu mas. Saya juga termasuk yang kena. Untunglah saya kenal blogger2 yang sudah lebih dulu menjadi anggota IBN dan sudah lumayan senior.
      Pesan saya, terus isi blog dengan konten2 orisinal. Mudah2an cepat diterima mas.

  9. giewahyudi says:

    Semoga IBN terus jaya dan jadi kampungnya para blogger..

  10. iskandaria says:

    Weh, selamat mas Darin. Akhirnya jadi keluarga besar IBN (walaupun sebenarnya udah hampir sebulan yach). Saya aja pas daftar IBN awalnya cuma karena iseng dan nggak berharap banyak, soalnya pas baru berdiri, IBN menetapkan syarat yang lumayan berat bagi blog yang bisa diterima.

    Saya waktu itu sempat mundur (gak jadi daftar). Baru setelah beberapa bulan kemudian (ketika persyaratannya diperlonggar), saya memberanikan diri. Itu juga masih iseng. Eh, taunya langsung diterima (walaupun akhirnya sampai saat ini cuma dapat 1 kali job review). Maklum saja, kebanyakan produk/topik review lebih tertuju pada segmentasi blog dengan pengunjung mayoritas anak muda/remaja. Lagipula, banyak produk reviewnya yg tidak saya gunakan.

    Sukses deh dengan kontesnya mas Darin.

    • Darin says:

      Terima kasih Mas Is. Saya juga ga nyangka bisa diterima secepat ini (dari pendaftaran hanya selang 2-3 hari). Dan mungkin IBN masih ada pertimbangan lain, karena sampai hari ini saya belum menerima job review, baru iklan PPC/PPA saja. Tapi itu sudah membuat saya senang.

      Sukses juga buat Mas Is :)

  11. julie says:

    sip sipp semoga jaya terus

  12. bdangkal says:

    taksalah jika sejak awal aku bergabung dengan IBN, dan tahukah kang Darin? Aku termasuk yang mendapatkan kaos keren dari IBN hanya dengan menukar dengan nomor NPWP! –>http://goo.gl/LPI8L

    ♥ welcome to the club and good luck!

  13. tulisan2 mas darin semakin berbobot, gak salah kalau digaet oleh IBN :),
    membaca tulisan diatas seperti membaca sebuag majalah yang membahas blogging :).

    saya saya akhir2 ini malah ngurusin blog berduit daripada blog pribadi 😀

  14. azizhadi says:

    hehehe, saya sudah ikutan..

    salam kenal,
    aazizhadi

  15. Agus Siswoyo says:

    Sejak gabung IdBlogNetwork, aktifitas ngeblog jadi lebih berwarna. Itu yang saya alami.

  16. indam says:

    Jadi kalo blog yg ngga ada di idblognetwork sama dengan blog jelek yah?

  17. Si ciung ngeblog says:

    Saya suka banget ama ini nih => ”Ngeblog lah karena kamu suka,bukan karena ingin menghasilkan uang” xixi :) … Sayangnya saya gag bisa ngumpul d blogilicius… Fyuhhh

  18. raharja says:

    wah penjelasannya komplit amat ya mas. mantap

  19. Blogilicious Van Ban says:

    wah ikutan lomba semi seo idblognetwork ya ,.??
    good luck ya ,.!!
    kalo artikelnya sebagus ini saya yakin anda pasti bisa menang samsung galaxy tab.
    salam IBNers

  20. honeylizious says:

    kok blogku g tembus2 ya ke IBN? Hmmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *