Ingin Menjadi The Next Indonesia’s Greatest Blogger? Belajarlah Dari Joe Girard

Impian untuk menjadi blogger terkenal pasti pernah hinggap di benak kita setidaknya sekali dalam hidup. Iya kan? Meski tujuan ngeblog masih tak tentu arah – tapi memang harus diakui – menjadi blogger yang dikenal (setidaknya di antara blogger-blogger satu kampung) adalah sebuah mimpi yang menarik. Entah itu mimpi di siang bolong atau mimpi larut malam hingga bangun kesiangan.

Mimpi inipun didukung oleh beberapa bukti konkret, diantaranya Raditya Dika yang kini menjadi salah satu penulis novel komedi best-seller, Trinity yang bisa menggebrak dengan serial The Naked Traveler dan melanglang buana ke setiap tempat, atau Chaos@work yang makin ngeksis dengan My Stupid Boss-nya. Mereka semua berawal dari ngeblog, dan blog telah membesarkan mereka hingga menjadi orang yang sekarang ini kita kenal.

Apa rahasia mereka? Ok, sebelum membahas jawabannya, terlebih dahulu saya ajak Anda untuk mengikuti biografi singkat dari seorang tokoh yang bernama Joe Girard.

Siapa Joe Girard?

Sales Mobil Paling TerkenalJoe Girard adalah seorang penjual mobil yang paling sukses di bidangnya. Ketika wiraniaga lain dapat menjual mobil dengan tipe dan harga yang sama sebanyak tiga buah mobil per bulan, ia dapat menjualnya sebanyak enam buah mobil per hari! Semua pencapaiannya ini sangat luar biasa mengingat ketika Joe Girard masih kecil, ayahnya sering menganggap dirinya sebagai anak pembawa sial, tak diharapkan serta ditakdirkan tidak akan pernah beruntung selama hidupnya.

Joe lahir di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Ia dibesarkan di daerah kumuh dan pendidikan tertingginya tidak sampai lulus SMP. Sang ayah, seorang mafia kelas teri yang berkali-kali ditangkap polisi karena mencuri dan perbuatan kriminal lainnya, sering memukulinya dan menganggapnya sebagai anak yang tidak berguna. Kondisi ini membuat Joe kehilangan jati diri dan hidupnya kerap dilampiaskan untuk sesuatu yang tidak penting.

Perubahan ciri Joe Girard secara nyata terlihat ketika ia telah menikah dan memiliki dua orang anak. Suatu saat istrinya kesal lantaran frustasi karena tidak ada lagi yang dapat dimakan di rumah. Kekesalan ini dilimpahkan pada Joe sebagai kepala rumah tangga sehingga membuat Joe sampai berhutang 10 dolar untuk membeli makanan pada keluarganya. Dengan putus asa Joe Girard keluar rumah untuk mencari uang dan pekerjaan, yang kemudian langkahnya membawa Joe ke sebuah showroom mobil Chevrolet dan melamar pekerjaan di sana.

Rupanya nasib baik sedang berpihak pada Joe dan ia diterima bekerja di sana. Namun nasib baik ini tidak berlangsung lama karena tak lama kemudian ia dipecat dari pekerjaan tersebut. Tapi kali ini Joe tidak berputus asa karena ia sangat yakin bahwa para pelanggan akan tetap membeli mobil darinya. Pengalamannya menjual mobil telah membuatnya percaya diri dan tahu apa yang harus dilakukan. Bagi Joe, modal yang paling penting bukanlah kualitas, harga atau dalam situasi-situasi tertentu. Namun modal yang paling penting dari menjual mobil adalah siapa yang menjualnya.

Joe Girard sangat yakin bahwa kejujuran adalah landasan kepercayaan, dan kepercayaan adalah basis dari hubungan baik, sedang hubungan baik adalah medium hubungan bisnis yang paling langgeng. Melalui kejujuran yang ia terapkan dalam bisnisnya, telah membuat para pelanggan respek, percaya dan datang kembali.

Keyakinannya ini terbukti benar. Pada puncak karirnya, untuk membeli mobil dari Joe, para pelanggannya sampai harus membuat janji dua minggu sebelumnya terlebih dahulu. Dan hebatnya, pada saat mereka datang di hari yang telah disepakati, mereka akan melihat banyak orang yang juga ingin membeli mobil darinya, sehingga mereka harus mengambil nomor untuk mengantri!

Prinsip Joe Girard sehingga mencapai prestasi luar biasa ini adalah menjaga hubungan baik dengan menyukai orang lain secara bersungguh-sungguh. Dalam bahasa lain, ia berkata:

To love my customers honestly, genuinely and sincerely.

Dengan ketekunan yang konsisten, Joe memelihara pelanggannya melalui surat, telepon dan undangan khusus. Hasilnya, 80 persen penjualannya adalah repeat order atau penjualan berulang. Menurutnya, tak ada pelanggan yang berhenti membeli mobil darinya kecuali mereka pindah dari Amerika atau meninggal dunia. Hebatnya lagi, pelanggan yang telah lama membeli mobil dari Joe tiga tahun yang lampau ternyata masih mengingat namanya! Tidak hanya beberapa dari mereka, namun semua mengingat nama Joe Girard dengan gembira!

Melalui sikapnya yang konsisten itulah Joe Girard berhasil menjual 13 ribu mobil dalam waktu 15 tahun, atau rata-rata 6 mobil perhari. Prestasinya ini telah mengabadikan nama Joe Girard dalam Guinness Book of World Records sebagai The World’s Greatest Salesman.

Bagaimana Jika Prinsip Joe Girard Diterapkan Dalam Blogging?

To love my readers honestly, genuinely and sincerely, mungkin itu yang akan jadi prinsipnya. Sekaligus, ini pula yang menjadi jawaban pada pertanyaan di awal-awal paragraf tadi.

Ya, untuk menjadi blogger yang dikenal, modal yang paling penting bukanlah platform blog, desain blog, atau status newbie atau master. Modal yang jauh lebih penting adalahΒ siapa orang di balik blog tersebut. Siapa itu? yup, kita sendiri!

Blogger Terkenal

Kejujuran dan keunikan dalam tulisan dan mengekspresikan diri, ketulusan dalam memberi apresiasi dan tautan pada artikel blog lain, sikap bersosialisasi di jejaring sosial dan bagaimana sikap terhadap feedback dan komentar, itulah yang menjadi nilai plus seorang blogger. Dan jika itu bisa dijalankan secara konsisten, tak mustahil takkan menunggu waktu lama lagi untuk lebih dikenal di jagad blogosphere. Atau malah merembet dan lebih moncer di dunia nyata, seperti halnya Raditya Dika, Trinity dan Chaos@work, who knows?

Jadi, masih ingin menjadi the next Indonesia’s greatest blogger? Kenapa tidak mencontoh Joe Girard saja?

Atau… Anda punya tips lain agar seorang blogger bisa lebih dikenal? Share, please! πŸ™‚

PS: Kalau saya mah The Next Indonesia’s Tuing-tuing Blogger, kawan. Xixixi. Love you all!

Share Button
This entry was posted in Blogger and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

43 Comments

  1. Posted 14/02/2012 at 13:33 | Permalink

    saya ingin punya blog seperti blog nya google #eeeh πŸ˜€

    • Darin
      Posted 14/02/2012 at 13:56 | Permalink

      Melayani prioritas utama.. sip mas Jarwadi πŸ˜€

  2. rachmat amienullah
    Posted 14/02/2012 at 13:55 | Permalink

    semoga kemampuan joe girard menular ke aku πŸ˜€

    • Darin
      Posted 14/02/2012 at 13:58 | Permalink

      Amin mas Rachmat, maju terus! πŸ˜€

  3. grandchief
    Posted 14/02/2012 at 14:03 | Permalink

    Wow 6 mobil perhari,kalau dalam blogger mungkin pembaca setia yang mau dateng berulang-ulang dan merekomendasikan blog si empunya blog.

  4. Posted 14/02/2012 at 14:04 | Permalink

    Jadi #selebblogger adalah pencapaian yang harus diperjuangkan dengan pengorbanan… Sering memberi giveaway2 menarik juga akan lebih cepat dikenal blogger2 lain, ujung2nya sering dikunjungi, sering disebut, bahkan diulas di blog lain.. Apa yg akan diterima pasti sesuai dengan yang kita berikan sekarang…

  5. obat gondok / gondon
    Posted 14/02/2012 at 14:29 | Permalink

    ini bermanfanfafat banget bagi saya yang berbisnis online, “jujur” emang selalu dinomer satukan, joe girarde melakukans ama seperti nabi kita muhammad .

  6. Adib mahdy
    Posted 14/02/2012 at 14:39 | Permalink

    wa mantab ,bsia dicontoh jg ni hehe

  7. farizalfa
    Posted 14/02/2012 at 15:30 | Permalink

    Dari cerita diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, bagaimanapun dirimu, dari latar belakang keluarga mana dirimu. Jalan menuju sukses itu selalu ada. Asalkan mau mencari celahnya dan mau berusaha memanfaatkan celah tersebut.

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 14:10 | Permalink

      Asalkan mau mencari celahnya dan mau berusaha memanfaatkan celah tersebut.

      Bagus tambahannya mbak, thanks πŸ™‚

  8. mirza
    Posted 14/02/2012 at 16:01 | Permalink

    Inspiring!
    Mantap tulisannya. Terima kasih dan salam kenal πŸ™‚

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 14:10 | Permalink

      Salam kenal kembali mas Mirza πŸ˜€

  9. Posted 14/02/2012 at 16:11 | Permalink

    Maunya sih seperti si Joe mas, tapi penerapannya cukup dirumah saja. Dan jujur saja, sampai saat ini masih belum berminat menjadi Indonesia’s greatest blogger, walaupun peluang itu cukup lebar πŸ˜€

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 14:11 | Permalink

      Wuih hahaha, komentar Pak Aldy selalu menggelitik deh πŸ˜€
      Saya juga gitu pak. Minimal jadi seleb di lingkungan keluarga dulu deh hehe

  10. Jumiansyah
    Posted 14/02/2012 at 16:26 | Permalink

    Pengen bget jadi blogger terkenal! Tapi sayang, komentar diblog aja cuman dikit

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 14:13 | Permalink

      Hmm, menurut saya bukan masalah jumlah komentar kok mas.
      Lihat saja blog2 yang saya rujuk di atas, ngga ada komentarnya kan? πŸ˜€ Intinya, faktor jumlah komentar jangan jadi tujuan utama. Kalau konten blognya bagus dan bermanfaat, komentar dan sharing artikel akan datang sendiri. Setuju? πŸ™‚

  11. Bisnis dan Wisata
    Posted 14/02/2012 at 16:38 | Permalink

    waah kalo ane bisa konsisten nulis tiap hari aja udah seneng mas bro..he..he..

  12. Ronie
    Posted 14/02/2012 at 16:56 | Permalink

    Saya juga menjadikan seorang sebagai inspirasi saya gan, orang tersebut adalah Ayah saya, saya kagum melihat semangat Beliau yang tak pernah surut sehingga saya mencoba terus semangat karena saya ingin seperti Ayah saya.

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 14:14 | Permalink

      Salut mas Ronie. Figur seorang ayah juga bisa menjadi inspirasi. Saya jadi teringat ayah saya juga deh.. πŸ™

  13. Posted 14/02/2012 at 17:11 | Permalink

    Butuh waktu panjang sepertinya antara ngeblog dengan kegiatan di dunia nyata πŸ™

  14. Posted 14/02/2012 at 17:47 | Permalink

    Bener! Intinya silaturahim, bukan? :p

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 14:52 | Permalink

      Betul sekali mas Ardhito. Terima kasih sudah bersilaturahmi kesini ya πŸ™‚

  15. info facebook
    Posted 14/02/2012 at 18:15 | Permalink

    wah, sarannya bagus nih ..
    jujur, kepercayaan, dan hubungan baik ..

    tapi mantep tuh bang joe bisa jual 6 mobil dalam waktu sehari, dan itupun ngantri.
    salut.

  16. Posted 14/02/2012 at 18:16 | Permalink

    inspiratif, kang.

    Membutuhkan keberuntungan untuk sukses dan kesungguhan, kang. Apapun saya rasa jika ditekuni pasti ada hasilnya. walaupun sulit untuk di lakoni tetapi dari Joe Girard jelas segalanya akan berhasil jika semua dijalani dengan menumbuhkan rasa kejujuran dan kepercayaan pada khayalak. pasti bakal meroket kelak πŸ™‚

  17. Gaptek
    Posted 14/02/2012 at 19:09 | Permalink

    Wahhhh,, aku pengen baca my stupid boss,,

    ternyata blogger juga ya yang nuliss,,

    jadi semakin pengen baca deh πŸ™‚

  18. iskandaria
    Posted 14/02/2012 at 19:12 | Permalink

    Intinya pada ketulusan ya kalau gitu. Dan tentu saja, terkenal itu lahir berkat proses alamiah yang telah ditempuh. Tau-tau, ada aja yang nyebut dia sebagai blogger terkenal atau seleb blogger. Padahal dia sendiri nggak ngerasa. Bahkan dia mungkin akan ngerasa risih dibilang sebagai blogger terkenal atau seleb blogger πŸ˜‰

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 14:54 | Permalink

      Sepertinya sedikit curhat ni Mas Is πŸ˜€
      Ya, memang. Mungkin tanggapan Chaos@work pun begitu, risih kalau diberi label seleb. Tapi toh karya2nya betul2 disukai dan membuat dia makin percaya diri untuk terus menulis…plus menguntungkan πŸ˜€

  19. Hanif Mahaldi
    Posted 14/02/2012 at 22:34 | Permalink

    menyenangkan mas, 6 mobil perhari terjual, pasti dia marketing tulen. hehe, intinya be your self and the best yours…

  20. Posted 14/02/2012 at 23:58 | Permalink

    saya gak mau jadi blogger terkenal, blogger beken atau blogger seleb mas..
    sudah senang menjadi the ordinary blogger πŸ™‚

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 14:55 | Permalink

      Beneran nih mas Tom? xixi πŸ˜€

  21. BloggerAddict
    Posted 15/02/2012 at 02:02 | Permalink

    Apa kabar mas Darin?
    Mampir kesini dihantar vlog

    I think mas Darin potentially to be the next Indonesia’s greatest blogger.

  22. Posted 15/02/2012 at 08:49 | Permalink

    menarik sekali pembahasanya.. sangat inspiratif.

    salamn kenal

  23. Fadly Muin
    Posted 15/02/2012 at 12:20 | Permalink

    Joe Girard, kisahnya sangat inspiratif mas. maknanya mendalam sampai mungusik hati. perjuangannya tentu melewati banyak tantangan.

    dalam konteks ngeblog, prinsipnya mungkin sama, namun medannya berbeda. saya sepakat bahwa untuk menciptakan karakter kuat dibalik sebuah blog, tentu sikap “tulus” perlu banget di kedepankan.

    mantap mas analogi kasusnya..

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 15:02 | Permalink

      Saya juga begitu mas Fadly. Joe Girard setidaknya telah membuka kembali wawasan tentang arti pentingnya ketulusan dalam hubungan antar manusia dan hubungannya dengan bisnis.

  24. Posted 15/02/2012 at 15:55 | Permalink

    Yang harus kita pelajari dari Joe Girard yakni soal kejujuran dan ketulusan soalnya kejujuran dan ketulusan itu merupakan nilai yang amat langkah sekarang ini bro, apalagi jika bergaul didunia maya…

    Btw keren juga fotonya (Blogger Terkenal)

    • Darin
      Posted 15/02/2012 at 15:59 | Permalink

      Itu pas panas-panasan ni NTT bro. Narsis dikit gapapa kan? πŸ˜€

  25. Posted 26/02/2012 at 16:28 | Permalink

    Menurut saya konten sih mas, kalo konten blog kita menarik, otomatis balik lagi visitornya, dan ujung2nya, jadi traffic yang banyak.

  26. rizal wahyudin
    Posted 04/03/2012 at 18:33 | Permalink

    betul betul betul…….

  27. Posted 03/07/2012 at 14:10 | Permalink

    Kalau saya, cukup blog saya aja yang terkenal. Soalnya saya tipe orang yg lebih suka tampil di belakang layar. πŸ˜€

  28. Posted 14/12/2012 at 21:06 | Permalink

    sangat menginspirasi mas..
    Tapi prosesnya kurang diulas lebih lanjut, seperti bagaimana ia bisa menjual mobil pertamanya..

    • Darin
      Posted 05/02/2013 at 10:35 | Permalink

      Makasih sarannya mas. Iya, lain waktu saya akan lebih teliti lagi untuk menulis biografi.
      Trims berat *tos* πŸ™‚

  29. Posted 25/01/2013 at 11:07 | Permalink

    memang benar, kejujuran adalah kunci kesuksesan hehe

    orang yang jujur akan mudah mendapatkan kepercayaan, orang yang dapat dipercaya akan mudah dalam mencari pekerjaan, orang yang bekerja pasti akan sukses hehe

    gak nyambung ya sob…? biarin ah hehe πŸ˜›

    makasih untuk ilmunya πŸ™‚

    • Darin
      Posted 05/02/2013 at 10:40 | Permalink

      Sama-sama mas, makasih juga buat tambahannya πŸ˜€

One Trackback

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*