Inilah Alasan Mengapa Orang Tertarik Membaca Blog

Artikel ini ditulis oleh Blogger Addict dari Kolom Pemuda.

Entah kenapa sejak saya menulis artikel berjudul Blog, Blogging, Blogger Dan Alasannya yang dimuat di blog-nya mbak Isnuansa, saya jadi berminat menulis tentang tema yang nggak jauh-jauh dari itu dan bertujuan sama, yaitu tulisan saya nantinya menjadi Guest Post di salah satu blog yang punya banyak pengunjung, tentunya dengan harapan tulisan itu nantinya dibaca banyak orang.

Kali ini saya coba memikirkan mengapa orang membaca blog. Apa sih hebatnya blog? Sampe-sampe ketika saya tanya ke gugel dengan kata kunci blog, dengan bangga gugel menjawab bahwa ia menemukan 15.450.000.000 hasil pencarian. Tentu saja itu bukan jumlah blog yang ada di dunia ini, tapi jumlah halaman yang menempatkan kata kunci ‘blog’ atau sekedar ada kata blog di kontennya.

Lalu saya tertarik untuk mengetahui jumlah blog yang ada di Indonesia. Dari salah satu blog (tidak saya sebutkan nama blognya; silahkan kawan-kawan cari tahu di mesin pencari dengan kata kunci: jumlah blog di Indonesia), saya menemukan data bahwa hingga Januari 2011 (setahun yang lalu) jumlah blog di Indonesia mencapai 4.131.861 buah. Dari jumlah itu hanya 32 persen yang selalu di update atau sekitar 1.322.195 blog!

Cukup banyak bukan?

Tapi jika kita bandingkan jumlah blog itu dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 48 juta, tentunya peluang bagi pemilik blog untuk mendapatkan pembaca setia cukup besar. Belum lagi prediksi yang mengatakan bahwa hingga 2015 pengguna internet di Indonesia akan melonjak menjadi 100 jt. Wow, peluang ini tentu makin menjanjikan di masa mendatang!

Alasan Orang Membaca Blog
sumber gambar: womensagenda.org

Lalu, sebagai blogger saya berfikir, salah satu cara untuk mendapatkan pembaca loyal bagi blog kita adalah tentu dengan mengetahui alasan-alasan mengapa seseorang tertarik dan mau membaca tulisan di blog, bukan?

Ok, berikut beberapa poin hasil penerawangan yang akan saya coba sharing disini:

Pertama, seseorang membaca tulisan di blog karena informasi yang di dapat biasanya lebih detail. Alasan ini jugalah yang menjadikan situs-situs berita jadi kalah populer jika dibandingkan dengan blog. Jika pembaca mencari informasi tentang bisnis online, tentu yang dikunjungi adalah blog milik pebisnis online yang sukses. Jika pembaca mencari informasi tentang tata cara blogging yang baik dan benar, tentu saja yang di kunjungi adalah blog milik blogger terkenal. Jikalaupun tidak menemukan informasi dari blog-blog populer dibidangnya, seorang pembaca pastinya akan mencari blog lain yang menyediakan informasi yang lebih spesifik.

Yang kedua, sebuah blog akan membahas informasi atau topik dari sudut pandang pemilik blog. Hal ini merupakan salah satu keunikan blog dan bisa menghadirkan spesifikasi pembahasan. Tentu saja, pembaca yang setuju dengan sudut pandang itu akan menyukai blog tersebut.

Yang ketiga – ini hampir sama dengan alasan kedua tapi sebenarnya berbeda – blog merupakan media informasi yang natural dan manusiawi. Maksud saya begini: blog itu pemiliknya individual, tentu saja isi blog-nya bergantung pada kepribadian pemilik blog tersebut. Pola pikir dan pengetahuan pemilik blog akan berpengaruh pada sikapnya terhadap suatu topik dan gaya penulisan. Jadi, jika pemilik blog memiliki paradigma, pengetahuan dan gaya penulisan yang disenangi pembaca, maka blog tersebut akan punya pembaca setia.

Yang keempat, blog lebih interaktif karena memberi ruang bagi pembaca untuk memberi komentar. Pembaca bisa memberikan feedback bagi si pemilik blog di kolom komentar, baik itu berupa apresiasi, pertanyaan maupun sanggahan. Ini tentu berbeda nuansanya dengan situs-situs yang bersifat statis.

Ya, 4 poin di atas mungkin bisa mewakili alasan-alasan mengapa orang-orang tertarik membaca blog.

Anda ingin menambahkan?

Blogger Addict  adalah nama pena dari Surya Yusman, seorang PNS, blogger, juga penulis novel. Anda bisa mengikuti kicauannya di twitter. Jika Anda berminat untuk menjadi Blogger Tamu di blog ini, silahkan melihat laman Guest Blogger.

57 comments On Inilah Alasan Mengapa Orang Tertarik Membaca Blog

  • Ada penulis tamu rupanya di sini. Salam kenal, Mas Surya Yusman. Saya setuju dengan Anda bahwa blog memang punya keunikan dan sisi menariknya sendiri dibanding media mainstream. Empat alasan itu sangat masuk akal. Kalau kita melihat tulisan atau berita di media online misalnya, kita tak pernah mendapatkan itu. Tulisan media online lebih banyak didominasi straight news saja. Hanya beberapa yang berbentuk fitur yang sedikit mirip dengan gaya tulisan di blog.

    Point tambahan? Tambahan saya mungkin karena blog yang sifatnya sharing experince jadi lebih menarik dibaca. Contoh, misalnya dalam mereview sebuah produk gadget tak jarang blogger menulis karena sudah mencobanya lebih dulu, tidak hanya menulis secara teknis saja. Ini yang menarik sehingga orang lebih tertarik membaca atau mencari informasi lewat blog ketimbang dari media yang lain.

    • Betul juga pak Joko. Dengan begitu, pembaca mendapat second opinion tentang suatu produk sebelum mencobanya secara langsung. Pembaca juga bisa ikut memberikan komentar untuk menguatkan/melemahkan argumen atau menanyakan secara lebih detail dengan si narablog mengenai produk tersebut.

  • Hehehe kalo blog keluargazulfadhli seh ditulis sama gw dan suami. ISinya jadi nano2 deh 🙂

    Btw Mas, gw lagi bikin kontes sama 2 temen blogger laen. Sok monggo kalo berminat ikutan yaaa 🙂

    Thanks

    • Kontesnya kece bener mbak Susan. Pengantar kontesnya aja dah bikin kepingkel-pingkel lha gimana pesertanya bisa nyaingin? hahaha. Sukses buat kontesnya aja mbak 😀

  • Saya sangat setuju sekali dengan poin yang ketiga.
    Memang benar blog merupakan sebuah media informasi yang sebagian besar digagas oleh perseorangan saja. Jadi tidak salah, kalau si empu blog bisa menentukan tema sesuai dengan kemampuan, pengetahuan, dan juga gaya penulisannya.

    Kalau saya sih, soal gaya penulisan masih “Amburadul” 100%. 🙂

  • ya bnar sekali informasi yang di share unik atau populer..
    pasti banyak yg baca

    • Unik dan populer. Kombinasi yang pas untuk para pembaca yang mencari info dari mesin pencari (info populer) kemudian ‘lengket’ di blog tersebut karena konten2nya ternyata unik2. Betul sekali mas Adib 🙂

  • Entahlah, mungkin secara tidak sadar itulah yang menjadi alasan. Kadang saya lebih suka gaya yang santai daripada yang kaku seperti di media cetak :).

    • Iya bli. Penyampaian teknis soal Linux kalau ditulis santai oleh blogger malah cepet nyantol ketimbang baca tutorial2 di tabloid hehe 😀

  • Bikin blog yang bermutu atau menjadi blogger yang bermutu memang engga bisa asal ngomong saja di blog..setuju saya dengan mas ini, salam kenal..
    sebagai blogger yang baru2 ini aktif saya perlu banyak belajar dari mas-mas senior hihii..

  • rachmat amienullah

    makasi infonya mas, kebetulan ane pengen punya pembaca setia di blog ane. karena kebanyakan ane dapet pengunjung dari hasil blogwalking aja 🙂

  • han, cara penulisan itu yang harus benar2 di mengerti kali ya, soalnya sampe sekarang aja saya nulis cuma filing aja 😉

    • Menulis dgn feeling tapi pembaca suka, kenapa tidak bro? Itulah uniknya blog. Bisa memberi sudut pandang yang lain ketimbang situs portal biasa. 🙂

  • bener banget, blog adalah diri sendiri, bisa lebih jujur di blog daripada di tempat lain untuk nulis. hehe.

  • mungkin alasan orang membaca blog karena saat kita searching sesuatu di google yang paling banyak muncul ya informasi dari blogger, sehingga hal itulah yang langsung dinikmati oleh pencari informasi………hehehehehe alasan saya ngasal ya…..sengasal blog saya juga!!!!

    salam hujan dari bali!!!!

  • Karena isi postingannya Menarik, Bikin Penasaran, Kontroversi, Larangan, dll.

  • tertarik membaca blog? dua hari ini aku pengen nyari hape baru. soalnya hujan, males nanya ke counter jadinya semalaman sibuk buka situs2 terutama yang ada threadnya ngebahas hape. baru nyadar kalo hape yang kutaksir sering hang ada bugnya.

    kenapa membaca blog… kalo ada yang nanya ya, pasti disaranin, tanya tuh pada mbah Google. Pernah dapat email, mbak, beneran tuh ketemu Nabi? Aku jawab mmm… kebawa imajinasi yang berlebihan setelah membaca buku kisah Nabi. Selama ada hikmah yang bisa menguatkan keimanan kita kenapa enggak.

    Alasannya banyak kenapa membaca blog, mencari info tentu saja. Dan yang loyal memang yang cara berpikirnya nyambung.

    Klop deh dengan analisa tulisan di atas…

    • Pengalaman dari blogger2 ternyata jg bermanfaat ya Mi. Jadi tau kelebihan dan kelemahan sebuah produk seperti hape yang Ami cari 😀
      Cara berfikirnya nyambung? Nah ini yg agak susah, kadang apa yang kita tulis ditafsirkan beda sama pembacanya hehe sering gitu kan Mi? 😀

  • Pendar Bintang

    Kalau dari sudut pandang saya, kenapa orang suka membaca blog? Karena mereka mendapatkan pendapat lain dari sebuah “topic” sehingga mereka bisa memperoleh masukan secara tidak langsung 🙂

    • Betul sekali mbak. Tapi itu tergantung bloggernya juga. Banyak kan yg cuma ngereview suatu produk tapi dari sisi kelebihannya aja (jadi semacam iklan berbayar) tanpa menganalisis kekurangan atau pengalaman pribadi pas pake produk tersebut. Ini perlu kekritisan seorang blogger juga. Sip mbak 🙂

  • Blogger Addict

    Salam Kenal jg semua
    Senang rasanya jk tulisan kita mendapat respon macem2

    @mas Jhoni: bener mas. Setelah tulisan ini di posting mas Darin dini hari tadi, sy langsung membacanya. Tiba2 terlintas dibenak bahwa ada satu alasan lg yaitu search engine menyukai blog karena sering di update. Jadi ketika kita mencari sesuatu maka blog selalu muncul.

    Jika sebuah blog yang ditampilin dihalaman awal mesin pencari (klo boleh minjem istilah mas Darin di salah satu tulisannya “Nancep Trademark Via Red Hot Chili Peppers!”) mampu menjadi perekam yang sifatnya stick on mind – terlepas apakah blog tsb menyediakan info yg kita cari atau tidak – dan kita terkesan pada kesan itu, tentunya kita akan kembali dan kembali, kita akan menjadi pembaca setianya.

    Paling tidak ini berlaku pada saya di DarinHolic.Com

  • Yang saya suka dari blog itu…. bahasa yang kayaknya lebih memasyarakat, bukan seperti pidato pak Pres. 😀
    kalau mau nambahin, apa ya??? mungkin… ‘Blogger jgn seperti pers yg terkadang melebih2 kan”

  • Saya hanya menambah sedikit, mungkin blog hampir sama dengan media jejaring sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai ajang sharing antar pemilik blog. Makasih atas kunjungannya. Salam.

  • Saya lebih tertarik membaca blog karena blog ditulis berdasarkan apa yang dirasakan oleh penulisnya dan lagi seperti yang dikatakan oleh penulis bahwa kita diberikan ruang untuk mengomentari artikel yang ditulis sehingga bisa terjadi interaksi yang lebih baik apalagi kalau komentarnya tanpa perlu dimoderasi

    • Salah satu kekuatan blog memang disitu ya bro? Jadi ga sekedar cuap2. Ada pembaca jg yang bisa berinteraksi, jadi bisa menambah bobot pada isi tulisan.
      Wah iya, kalo dimoderasi jg saya sering males bro, xixixi 😀

  • alasan yang disampaikan dalam tulisan ini bener sekali, mas darin. ada hal lain yang membuat banyak orang tertarik utk membaca blog, yakni praktis, murah, dan bisa berinteraksi langsung dengan adminnya. hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan media cetak, bukan?

    • Setuju pak Sawali. Kolumnis2 ternama jg banyak yang terjun ke blog lantaran alasan itu. Bila di media cetak kita harus menuruti ‘kaidah’ atau visi dari pemiliknya, di blog kita bebas menyuarakan apapun. Kita penulis, editor, sekaligus publisher. Enak banget ya pak 😀

  • Saya tertarik dengan judul tulisan ini yang sangat anti biasa karena diawali dengan “inilah”…
    Saya pernah baca ulasan dari bloger senior dan juga pakar SEO, katanya bahwa kata “inilah” itu tak cocok jika dibuat awal sebuah judul.
    Saya sendiri termasuk yang tidak menganut paham itu.
    Oleh karena itu, tulisan ini menarik karena judulnya unik, isinya padat mantap, dan ditulis oleh tamu…

    • Anti biasa itu masternya Pak Mars. Betul pak, kekuatan judul (headline) bisa lebih menarik pembaca 🙂
      Mau jadi penulis tamu disini pak? Monggo 🙂

  • Ini nek menurut Pak Sawali yang ahli tata bahasa, kata “inilah” itu pasti di”stabilo”… 😀

  • Ngeblog dan baca-baca artikel diblog itu menyenangkan,..
    banyak wawasan yang bisa didapat…

    Dengan blog juga kita bisa keliling dunia GRATIS lho….hehehhe..

  • Banyak tutorial di blog dan sangat keren buat tempat belajar dan bersenag-senang.

  • kalau menurut saya sih, pengunjung mendapatkan apa yang dia cari atau apa yang dapat dia menarik hati untuk membaca

  • kalau saya masuk kemana ya?:) thanks atas kunjungannya

  • makasih gan sudah mampir dan ngoment di blogku

  • sayangnya blog saya biasa aja.
    jadi berpikir, ada pembaca setianya juga gak yaaa

  • setuju banget mas

    artikel yang ngepas banget nih 😀

  • Lilih Prilian Ari Pranowo

    tiap orang punya pengalaman dan sudut pandang. blog menyediakan hal itu.

  • Banyak juga ya yang punya blog di Indonesia. Tapi masih jauh dari jumlah pengguna internet 🙁

  • aduh membaca poin-poin di atas saya merasa semakin jauh dari tujuan pertama saya ngeblog Pak Darin , tulisan saya semakin seadanya kadang malah cuma pajang foto doang atau curcol yang nggak penting

  • blog emang sumber referensi yang cukup baik menurut saya, setelah forum.

  • makasih artikelnya.. saya kalau sedang mencari sumber inspirasi kebanyakan lewat blog

  • Menurut saya blog yang paling diminati saat ini adalah blog yang unik dan informatif.. salam

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer