Inspirasi Blogging Dari Eko Eshape – Blogger dan Owner MieSehati.com

Artikel kali ini adalah petikan wawancara saya dengan Pak Eko Sutrisno atau yang lebih akrab disapa dengan Eko Eshape, pria kelahiran Yogyakarta yang aktif blogging sekaligus menekuni usaha training Mie Sehati. Wawancara berlangsung lewat media email, dan perlu diketahui, saya belum begitu mengenal beliau sebelum akhirnya kami saling berkomunikasi lewat Twitter.

Dan berikut petikan wawancara tersebut:

Eko Eshape Mie SehatiBagaimana bapak mengenal dunia blog, dan tolong bapak ceritakan tentang pengalaman blogging hingga hari ini?

Seperti para blogger lainnya, tujuan ngeblog di awal adalah sekedar curhat atau menyampaikan ide/gagasan agar bisa dibaca kembali suatu saat. Ada dua buah blog yang isinya sama persis di awal saya ngeblog, pertama di Blogspot dan kedua di WordPress.

Setelah itu, seperti para blogger pada umumnya saya pun mulai berternak blog, mulai dari friendster, multiply, blogdetik, dagdigdug dan sebagainya. Isinya kurang lebih sama, hanya copas dan kenapa punya beberapa blog karena saya merasa perlu mem-backup setiap tulisan yang saya tulis. Waktu itu blog saya memang kadang bisa diakses dan kadang tidak, sehingga saya perlu punya blog lebih dari satu.

Sejak awal saya banyak menerima nasehat untuk menulis dengan fokus, jadi kita harus punya spesialisasi dalam menulis. Saya kurang setuju, sehingga blog saya akhirnya berisi gado-gado. Apa yang bisa ditulis ya saya tulis di blog. Seiring berjalannya waktu, saya mulai merasa bahwa saya memang harus punya spesialisasi blog untuk menulis tentang sesuatu materi yang isinya setipe/sejenis. Keinginan untuk mempunyai blog berbayar juga makin menguat, meskipun saya tahu risikonya adalah harus punya waktu lebih banyak untuk mengelolanya.

Proses mempunyai blog berbayar ini akhirnya terkatung-katung karena biaya, waktu dan terutama materi. Keinginan itu baru terlaksana ketika ada seorang blogger yang menawarkan domain gratis termasuk hostingnya, kemudian lahirlah blog http://ekoshp.com. Isi blog itu langsung penuh karena mengimport dari blog WordPress saya yang dulu, setelah itu isinya kurang lebih sama.

Satu blog berbayar kembali saya dapat ketika mulai aktif di dunia bisnis Mie Sehati. Jadilah blog http://miesehati.com yang isinya seputar bisnis mie ayam dan di-import dari blog http://miesehati.wordpress.com yang dibuat secara keroyokan.

Jadi sekarang ada beberapa blog utama dengan isi yang sedikit berbeda.
1. Dari Kaca Mataku beralamat di http://eshape.wordpress.com berisi semua peristiwa yang dilihat dan ditulis berdasar sudut pandang pribadi.
2. Bisnis Mie Sehati beralamat di http://miesehati.com berisi kegiatan seputar bisnis Mie Sehati.
3. Berbagi seputar Gadget (Apple, RIM, Android) beralamat di http://ekoshp.com berisi tentang tutorial, aplikasi unggulan, tips dan seputar gadget, mulai dari Apple, RIM sampai Android.

Blog pendamping jarang diisi, yaitu di http://eshape.blogspot.com yang isinya lebih ke diary keluarga saja.

Apa kesalahan-kesalahan yang pernah bapak lakukan mengenai blogging di masa lalu dan bagaimana bapak menyiasatinya hingga dapat bertahan ngeblog sampai hari ini?

Saya belajar ngeblog tanpa guru karena tidak tahu mau bertanya kepada siapa. Waktu awal saya juga tidak tahu apa fungsi tag, kategori maupun fungsi-fungsi lain di dashboard, sehingga yang penting adalah menulis dan menulis. Bahkan pernah membaca tulisan bagus dari orang lain dan melakukan copas dengan menyebutkan sumbernya, sayangnya salah satu artikel ada yang sumbernya sudah tidak ada, sehingga tulisan saya bertaut ke tautan yang kosong.

Kenapa sampai saat ini masih menulis, karena ternyata memang saya punya passion untuk menulis, sehingga kegiatan menulis menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. Apalagi banyak hal yang bisa saya bagikan lewat menulis, sehingga menulis membuat saya punya kegiatan positif yang bisa dibagikan ke lingkungan. Saya pun diterima sebagai pengurus komunitas blog, baik di Bekasi maupun di Cikarang. Semua membuat dunia blog menjadi semakin indah.

Terakhir, apa tips-tips dan pesan bapak untuk blogger-blogger Indonesia yang ingin menekuni dunia blogging pada umumnya dan untuk blogger2 yang ingin menjadikan blog sebagai media bisnis (make money online) khususnya?

Banyak blogger pemula seperti saya, waktu di awal-awal menulis artikel di blog maunya serba instan dan melakukan segala cara untuk eksis di mesin pencari. Akibatnya sering lupa dengan esensi menulis, tapi lebih cenderung ke narsisme.

Menulis yang bermanfaat bagi orang lain lebih penting dari segala ilmu SEO dan itu sebaiknya yang dilakukan. Kalau tulisan kita bermanfaat untuk orang lain, maka akan banyak orang datang membaca dan kalau blog kita sudah terkenal, maka rejeki akan datang sendiri.

Pelatihan mie sehati tidak pernah iklan dimana-mana, tetapi tetap saja selalu ada peserta yang datang ke pelatihan. Mereka membaca pengumuman di blog Mie Sehati dan merekapun mendaftar pelatihan tanpa kita harus bersusah payah mengundangnya.

Untuk menjadikan blog sebagai sumber duit, memang banyak caranya. Mulai dari menulis review terhadap sebuah produk, memasang banner atau logo perusahaan tertentu dan segala macam cara yang lain. Saya tidak ahli dalam bidang ini dan lebih sering memanfaatkan blog sebagai sarana berbagi, menulis review produk tertentu dan diundang ceramah karena mereka membaca blog saya.

Dan satu hal yang harus dipegang teguh, jangan sampai duit mengalahkan integritas kita. Saya pernah menolak menulis review suatu produk karena mereka menyetir kalimat yang harus saya tulis. Mungkin saya terlalu idealis, tapi itulah prinsip.

Terima kasih banyak Pak Eko :)

Semoga petikan wawancara sederhana ini bisa menginspirasi kita semua, dan bila Anda ingin mengenal lebih jauh sosok yang pernah menjuarai lomba lawak nasional tahun 1978 ini, silahkan kontak via Facebook dan follow akun Twitter-nya di @eshape.

Oya, sebelum undur diri, jangan lupa untuk selalu menerapkan rumus sakti beliau yang disebut dengan Jurus Senyum 2-2-7: tarik bibir 2 cm ke kanan, 2 cm ke kiri dan tahan selama 7 detik!

Happy blogging! 😀

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogger and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Inspirasi Blogging Dari Eko Eshape – Blogger dan Owner MieSehati.com

  1. dHaNy says:

    Ini nih seleb blogger kita. Waktu On Off ID kemarin dapet Apresiasi Blogger ya mas?
    Blogger erat kaitannya dengan menulis, dan menulis maupun ngeblog perlu konsistensi. Apapun kita harus survive jika ingin memetik hasil.
    Salam kenal pak Eko SHP, kemarin kita ketemu di event Blogilicious Trah Yogyakarta..

  2. Ipras says:

    Wah, ada Bapak Blogger di sini? he… Salam kenal Pak :)

  3. Endy says:

    saya juga ngeblog isinya gado-gado mas, dan sayapun otodidak belajarnya..jadi semoga aja saya bisa “lebih” dari mas Eko..

    oh iya rahasia senyumnya mantap tuh:)

  4. iskandaria says:

    Wah, salut untuk idealisme Pak Eko Eshape (yang nolak tawaran review karena disetir). Beliau sendiri saya kenal lewat Facebook karena cukup aktif di situ. Btw, kenapa di bagian akhir postingan nggak dicantumkan link ke profil Facebook-nya juga Mas Darin? :) Soalnya belum tentu semua pembaca aktif di Twitter.

    • Dendy Darin says:

      Oh, makasih mas Is atas sarannya. Bener juga 😀
      Oke, nanti saya update. Thanks!

  5. Dery says:

    salut nih.. bisa tetap fokus untuk ngeblog.. juga bisnisnya..
    saya malah baru tahu sekarang, soalnya saya sudah lama sekali hiatus di dunia blog, jadinya bingung mau masuk arusnya lewat mana..

  6. Ami says:

    aku kenal sama pak Eko ini, pernah disuguhi mie waktu ke rumahnya dengan KBJ. Eh, beliau cerita murid almarhum bapakku, di teknik sipil UGM

  7. Salam.

    Senang membaca tulisan yang membuat diriku tamnbah narsis. Makasih mas Dendy Darin.
    Semoga narsis ini tidak sampai mencintai diri sendiri dan narsis ini hanya sebagai bentuk publikasi diri sebagai salah satu sifat khas beberapa blogger.
    Semoga kita selalu bisa mengambil hikmah dari setiap tulisan yang kita buat sendiri dan semoga pembaca tulisan kita juga mendapat manfaat dari tulisan kita.
    BTW boleh enggak gambar kartunku tak ilangin kumisnya?
    Soalnya setiap minggu selalu cukur kumis je…

    Salam sehati

    • Dendy Darin says:

      Walah hehehe, mungkin fotonya pas itu belum cukur ya pak Eko 😀
      Ok pak nanti saya update fotonya sama yg klimis :)

      Saya juga berterimakasih pada pak Eko yang telah sudi membalas email2 saya dan menulis jawaban yang luar biasa. Ya, semoga ini bisa menginspirasi blogger2 di Indonesia.

      Salam sehati juga pak :)

  8. Pingback: Blogger jangan didikte !:-) | Dari "Kaca Mata"-ku

  9. jarwadi says:

    hehe, saya juga seorang peternak blog. mulanya ternak blog saya gembalakan kemana mana sampai akhirnya sekarang tinggal beberapa yang terawat. Dan blog saya sengaja saya buat bertema gado gado. Tujuannya untuk mengasah kreatifitas berpikir saja. Belum ke arah kreatifitas dan kualitas tulisan :)

  10. isnuansa says:

    Hallo Pak Eko.. *dadah2*

    Saya pernah numpang mobilnya Pak Eko, lho.. [komen nggak nyambung]

    Pak Eko ini serba merendah deh, agak2 nggak percaya kalau alasan maju mundur beli domain berbayar karena biaya. 😉

    • Dendy Darin says:

      Hati kecil saya juga begitu mbak, hehehe. Tapi mungkin pak Eko punya pertimbangan lain. Betul kan pak? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *