Inspirasi Kesabaran Dan Kegigihan Dari Bill Porter

Jika Anda bekerja hanya untuk uang, Anda takkan pernah sukses. Tetapi jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dan selalu mengutamakan kepentingan pelanggan, kesuksesan akan berada di tangan Anda (Ray Kroc – McDonalds)

Artikel berikut adalah cuplikan dari sebuah buku, tentang kisah seorang tokoh yang kisah hidupnya sangat menginspirasi saya…

Suatu hari, seorang pemuda cacat penderita celebral palsy berjalan terseok-seok menyusuri sebuah perumahan sambil membawa tas lusuh yang berisi barang dagangannya. Hari itu adalah hari pertamanya bekerja setelah berulang kali dipecat karena dianggap tak mampu bekerja. Ia berhenti di sebuah rumah, namun belum sempat ia mengetuk pintu, seekor anjing besar menggonggonginya dari pekarangan dan membuatnya lari dengan susah payah.

Namun ia belum menyerah. Ia kemudian menghampiri rumah kedua dan dibuka oleh seorang pria mabuk. Pria ini membanting pintu begitu ia mulai mengenalkan dirinya. “Semacam orang peminta-minta,” kata laki-laki itu kepada perempuan yang berteriak “Siapa itu?!” dari dalam. Di rumah ketiga, ia belum sempat bicara ketika penghuni rumah memulai pertengkaran dengan tetangganya karena pohon kesayangan tetangganya merusak atap rumah mereka.

Jam menunjukkan pukul satu siang, namun ia belum menjual satu barang pun. Akhirnya ia memutuskan untuk beristirahat di sebuah kursi taman untuk melepas lelah. Ketika ia membuka kotak makan siangnya, ia membaca tulisan dari saus tomat di atas roti isi yang berbunyi patient and persistence (sabar dan gigih). Ia tersenyum ketika membacanya. Ia tahu pasti ibunya yang telah menuliskan kata-kata itu di sana. Ia masih ingat, ibunya sempat berkata, “Pasti membutuhkan waktu bagi orang-orang untuk mengenalimu. Tapi ingat: sabarlah dan gigih (patient and persistence) anakku.”

Pria itu kembali bangkit dan berjalan terhuyung-huyung menghampiri rumah ke empat. Di sana ia disambut oleh perempuan yang sedang berteriak kepada dua anaknya. Salah seorang anaknya langsung kabur melihat penampilan pria itu. Ia pun kembali pergi sambil tersenyum, di rumah berikutnya ia masuk dan menjelaskan produk yang dijualnya. Nyonya rumah menolak untuk membeli, tetapi mengatakan, “Saya menghargai usahamu,” sambil memberi sejumlah uang.

Pria itu langsung berdiri dan berkata, “Saya tidak membutuhkan belas kasihan, tetapi Anda perlu pembersih untuk sofa Anda yang jorok!” Nyonya itu terkesan dengan kejujuran pria itu dan memutuskan untuk membeli produknya. Dia membayar hampir 50 dolar untuk dua pemutih dan sabun.

“Hari ini aku dapat komisi $4,25!” pria itu bersorak ketika ibunya menjemput sore itu.

Esoknya ia kembali mendatangi rumah-rumah yang sebelumnya pernah ia datangi dan akhirnya mereka menjadi pelanggannya. Setelah itu ia selalu memelihara hubungan dengan semua pelanggannya. Ia berhasil mendamaikan tetangga yang bertengkar soal pohon cemara, ia juga memenangkan cinta anak kecil yang pernah takut melihat penampilannya. Semuanya ia dapatkan hanya dengan modal sikap sabar dan gigih, seperti yang pernah dinasehatkan oleh ibunya.

Siapa pria hebat itu?

Inspirasi Blogging dari Bill PorterDia adalah Bill Porter, seorang salesman perusahaan Watkins yang biografinya mungkin pernah Anda tonton di film Door to Door. Meski memiliki banyak kekurangan, lewat kesabaran dan kegigihannya, pada tahun 1989 Bill Porter meraih penghargaan dari perusahaan Watkins sebagai penjual terbanyak. Dia berhasil menjual produk Watkins sebanyak $42.460 dalam setahun! Prestasinya ini melebihi orang-orang muda yang berpenampilan normal pada saat itu.

Dan hal yang paling menarik adalah, meski Bill Porter bukanlah seorang pengusaha tulen, namun kisah hidupnya telah menginspirasi kita bahwa untuk memulai suatu usaha, sesungguhnya faktor uang/modal bukanlah yang utama.

John Rockefeller sang pendiri Standard Oil pun pernah berkata:

Saya kira tidak ada sifat lain yang begitu penting bagi kesuksesan dalam hal apapun selain kegigihan. Ia mengatasi hampir semua hal, bahkan alam.

Andai Bill Porter adalah seorang blogger…

Tentu ia takkan melihat kekurangannya dalam hal modal, karena banyak platform blog gratis yang bisa dijadikan wahana untuk memulai.

Tentu ia takkan banyak mengeluh dengan kemampuan menulisnya yang buruk, karena ia tahu hal itu dapat diatasi dengan terus menulis dan menulis.

Tentu ia takkan pernah merasa terganggu dengan kritik, karena proses yang akan menjawab dengan sendirinya.

Tentu ia takkan mudah menyerah hanya karena hambatan-hambatan kecil, sebab ia tahu hambatan yang paling besar adalah ada dalam dirinya sendiri.

Andai.. sosok Bill Porter itu adalah Anda sendiri, bagaimana Anda menyikapi proses blogging Anda saat ini?

Share Button
This entry was posted in Inspirasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

3 Comments

  1. Posted 20/02/2012 at 19:40 | Permalink

    kesabaran dan kegigihan memang sangat diperlukan dalam setiap usaha apapun dan keberuntungan tentunya…..informasi yang sangat memotivasi saya…..terima kasih…

  2. tenggeng007
    Posted 21/02/2012 at 00:44 | Permalink

    inspiratif banget nih bill porter 🙂

  3. Posted 21/02/2012 at 12:38 | Permalink

    this is a great inspiration, Mas. Saya selalu suka baca biografi tokoh2 yg tak kenal lelah dlm mengejar target usahanya. Mmg, keberhasilan hanya akan dimiliki oleh orang yg tak memanjakan rasa malas dan memberi kesempatan pada kata “menyerah”

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*