Kapan Mulai (Serius) Ngeblog Lagi?

Posted on

Kata ‘kapan’ mungkin enteng dikatakan, tapi bagi yang ditanya, efek sampingnya bisa membuat seisi dunia semakin sempit, alias nyesek.

Kapan lulus? Kapan menikah? Kapan punya momongan? Kapan? Kapan?

Dan bagi blogger, tak ada pertanyaan yang paling nyesek selain: kapan lo update blog? Tak terkecuali bagi blogger murtad seperti saya, yang memang update blognya tergantung sikon, pertanyaan jenis ini tentu teramat sadis untuk dihiraukan.

Apalagi jika mendengar celetukan-celetukan rekan blogger di linimasa Twitter yang intinya menyindir para blogger kupdet (kurang apdet), wah, kadang ingin sekali menghajar kata ‘kapan’ itu dengan kata ‘SEKARANG!’ 😀

Ok, what’s the story then?

Ehm, perlu diketahui (padahal ngga ada yang nanya *hehe), saya kini berada di punggung pulau Papua, tepatnya di Desa Bumiraya, Kabupaten Nabire dalam rangka proyek rehabilitasi jaringan irigasi. Sebuah desa yang ‘ngga Papua’ banget, soalnya sebagian besar warganya adalah transmigran yang sudah menetap sejak awal tahun 80-an.

Irigasi Bumiraya Nabire

Jadi tak heran, bentangan karpet hijau sejauh mata memandang total menghiasi lokasi kerja, mengingatkan saya pada pesawahan di pulau Jawa dan Bali. Tak heran juga, penduduknya pun sebagian besar menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.

Plus, tak heran pula jika jaringan internet disini tak begitu mulus. Cuma kebagian sinyal EDGE, itu pun timbul tenggelam. Namun – yah – semua perlu disyukuri, toh saya ngga perlu menunggu situasi sempurna tuk hanya sekedar memposting tulisan di blog, kan?

Wordpress for AndroidBerbekal Samsung Galaxy SIII Mini, tadinya saya berfikir tuk ngeblog dengan mengandalkan aplikasi WordPress for Android. Memang nyaman sih kalau cuma untuk mengecek dan membalas komentar masuk, tapi kalau untuk menulis langsung di kolom new post-nya? Alamak, pegelnya minta ampun! (Salut buat @indobrad yang katanya bisa live blogging nutul-nutul layar smartphone-nya hingga 500 kata :D).

So, tethering Wi-Fi hotspot portable-lah solusinya. Diperkuat dengan aplikasi Kies Air bawaan Samsung, akhirnya sukses juga mem-publish tulisan ini lewat laptop kesayangan.

Oke sobat, sekian dulu prakata pasca hiatus ini, semoga ini bisa menjawab pertanyaan di judul artikel dan sekaligus menjadi awal bagi kelancaran blogging seorang @darinholic ke depannya. Amin!

Finally, dari ujung timur Indonesia, I salute all of you, blogger!

Desa Bumiraya Nabire
bentar.. cari inspirasi dulu *hehe

31 thoughts on “Kapan Mulai (Serius) Ngeblog Lagi?

  1. Wah di ujung Indonesia ya,,, seruu pengen ke sana deh hehe…
    Ngeblog ngetik pake netbook kecil aja kurang nyaman apalagi pake hape yg cuma 5 inch…

    1. Saya malah penasaran ikut situ ke India. Pengen ketemu Kajol xixixi
      Iya, ini saya aja bales komen via hape dah pegel2 *alesan 😀

      1. Ralat dikit.
        Kalo gak salah si S3 Mini cuma 4 inci kan gak sampai 5 inci? 😀
        Saya sih emang dari dulu gak pernah posting pake aplkasi WP for Smartphone, mulai dari WP for Nokia, WP for iOS sampai WP for Windows Phone.
        Ribet dan nggak puas 😀

        1. Iya bro, nutul2nya itu yg ga nahan. Kecuali kalo ada opsi impor teks mungkin masih dipertimbangkan ya

  2. Tanaman padi sawah yang hijau dan luas di Papua. Agar produksi padi stabil dan dapat meningkat tentu dibutuhan air yang cukup dan saluran irigasi yang baik. Semoga produksi beras disini dapat mencukupi kebutuhan penduduk setempat.

    Sarana yang minim dan jauh dari operator seluler dapat membuat aktifitas ngeblog tersendat-sendat. Ayo promosikan aktifitas menarik bersama anak-anak Papua dan transmigran Jawa disini. Salam cemerlang dari Jawa Timur.

    1. Sebenarnya produksi beras disini teramat surplus. Menjelang panen saja ada petani yg masih menyimpan gabah 2 ton hasil panen kemarin yg belum terdistribusi.

      Bulog jg belum maksimal kinerjanya, terutama pada sektor distribusi dan harga gabah. Padahal kan tau sendiri harga pupuk dan pestisida smakin melambung, apalagi dgn naiknya harga bbm kemarin 🙁

      Ok, trims dan salam hangat jg dari petani2 di Nabire 🙂

  3. Argh… aku juga sering tertohok dengan sepotong kata itu : KAPAN!
    BTW… ayoo..semangat ngeblog lagi, ditunggu cerita2 & foto2 cantik dari Ujung Indonesia ini ya.. 🙂

    1. Hoey brow gmn kabar?
      Intikali makin tokcer nih 😀
      Asyiknya masih ada temen lama yg aktif ngeblog, serasa disetrum he2 🙂

  4. Lagi cari2 informasi tentang mind map dan nemu web nya mas Darin.
    Keren ternyata, banyak ilmunya buat saya yang belum lama mulai biasain nulis di web.
    Mau nulis buku dari kumpulan postingan di web tapi masih cetek ilmunya. Keren mas ilustrasi gambar2nya.
    Salam kenal mas.

    1. Halo mas Andy, salam kenal juga. Ah, saya jg masih belajar kok mas. Learn ’till you drop 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *