Ke-kreatif-an Buku Kreatif Sampai Mati Yang Meng-kreatif-kan Sisi-Sisi Kreatif Itu Benar-Benar Kreatif!

Ini buku yang tampaknya biasa. Normal.

Buku Kreatif Sampai Mati

Tapi setelah begini…

Sampul unik buku Kreatif Sampai Mati

Lalu begini..

Sampul kreatif buku Kreatif Sampai Mati

Hupla!

Desain unik sampul buku Kreatif Sampai Mati

Hehehe, model yang tak asing lagi, kan? *emang siapaaaah! πŸ˜€

Buku karya Wahyu Aditya yang berjudul Sila Ke-6: Kreatif Sampai Mati! Ini memang unik, salah satunya yaitu mempersilakan si empunya buku untuk mengganti cover menurut selera masing-masing. Kalau Anda seleranya narsis akut, ya ujung-ujungnya seperti saya ini hehe.

Saya mengetahui keberadaan buku bagus ini dari sebuah acara talkshow di salah satu stasiun tv yang menghadirkan figur-figur bertalenta luar biasa. Ada Rene Suhardono, penulis Your Journey To Be TheΒ #UltimateU, Yoris Sebastian dengan Creative Junkies-nya, Merry Riana yang tak asing lagi dengan Mimpi Sejuta Dollar-nya, dan disana juga ada sosok Wahyu Aditya (@maswaditya).

Nah, nama terakhir ini masih janggal di telinga saya. Entah karena memang saya-nya yang kuper gara-gara terlalu lama bersemedi di pegunungan, seniman digital penggagas HelloFest – Festival Pop Culture terbesar di Indonesia ini luput dari pengamatan.

Ok, tampaknya saya harus angkat topi setinggi mungkin tuk buku setebal 302 halaman ini. Selain kejutan cover di awal paragraf tadi, kontennya pun sangat sangat sangat substansial bagi pembaca yang haus akan arti dan makna kreatif.

Isi buku Kreatif Sampai Mati

Meski dicetak dengan font sederhana dan alur bab yang terkesan random, namun penulis mampu membalasnya dengan pemaparan prinsip-prinsip dasar kreativitas, baik secara tersurat lewat gaya tulisan ala personal blogger (seperti saya *uhuks), maupun tersirat – yaitu lewat penampakan visual yang cenderung nyeleneh dari halaman demi halaman buku itu sendiri.

Sebentar, seberapa nyeleneh, sih?

Nih, saya baru tau ada buku yang sisi atas halamannya bisa dimainkan ala stop motion, baik di sisi kanan maupun kiri. Beda bab, beda tema pula.

Desain halaman unik buku Kreatif Sampai Mati

Kreatifnya halaman buku Kreatif Sampai Mati

Sisi bawah ngga kalah asik. Sesuai tema warna yang diusung di bab yang bersangkutan, nomor halamannya diolesi sapuan ala kuas cat minyak. Ini mempresentasikan salah satu konsep kreatif, yaitu anti ke-monoton-an, alias tiap lembar halaman adalah unik.

Keunikan buku Kreatif Sampai Mati

Untuk pasal ini (anti monoton), saya ingin sharing sedikit tentang bagaimana saya jadi tercengang sendiri dengan fakta yang jelas-jelas di depan mata namun tak pernah disadari sebelumnya.

Well, tahukah Anda kalau logo hari ulang tahun republik ini mengalami stagnasi dari mulai tahun 2005 hingga 2011? Ada yang sempat memperhatikan?

Logo HUT RI monoton

Reaksi saya, serasa disengat ribuan volt listrik! Bayangkan betapa monoton-nya! Apa karena faktor logo ini juga yang menyebabkan hambarnya suasana hati ibu pertiwi di periode tersebut? *hening…

Hingga akhirnya penulis mewujudkan unek-unek lewat sebuah logo alternatif untuk HUT RI yang ke-66 di tahun 2011. Disebarkan secara gratis di web, dan berkat keampuhan media jejaring sosial, logo tersebut seperti menjadi corong pendobrak kegelisahan anak-anak muda yang sama-sama didera kejenuhan.

Berikut kronologis pembuatan logonya…

Konsep pembuatan logo hut RI ke 66 di buku Kreatif Sampai Mati

Hasilnya luar biasa: logo itu beredar cepat dan menular bagai virus ganas. Penggunanya bervariasi, dari mulai penyematan di foto profil Twitter, Facebook dan semacamnya, disablon di kaos-kaos, buku tulis, grafitti, sampai instansi pemerintahan pun mengakui keberadaan logo versi gaul ini.

Tahun 2012 datang, kreativitas penulis tak terhenti. Logo tandingan pun digeber atas reaksi dari logo resmi yang dirilis pemerintah yang – aneh bin ajaib – lagi-lagi visualnya monoton.

Logo HUT RI ke-67 2012

Dan ini logo versi penulis yang bisa diunduh gratis dari situs kdri.web.id. *jreeengg!

Logo KDRI HUT RI ke-67

Setali tiga uang dengan tahun sebelumnya, logo tandingan ini yang malah lebih moncer dari versi resminya, bahkan lebih menggila! Pemakaiannya meluas dari mulai di gantungan kunci, stiker, kaus, sandal jepit, tempat pensil, kartu voucher seluler, tampil di media massa, sampai mejeng di pesawat Garuda!

Thus, masih ingat drama penggalangan koin Prita tahun 2009 silam? Coba tebak siapa pembuat logo fenomenal yang mengharu-biru itu? Right, him!

Logo Koin Peduli Prita di buku Kreatif Sampai Mati

Ide-ide segar penulis tak hanya laksana cambuk bagi yang bergelut di ranah desain, bahkan orang awam pun saya kira akan manggut-manggut setuju dan meng-iya-kan. Prinsip-prinsip yang diungkap sederhana, namun menohok dan menggelitik wawasan.

Ya, banyak hal yang kita saksikan di kehidupan sehari-hari ternyata haus akan sentuhan kreativitas, dan itu saya temui dengan jelas dan gamblang di buku ini. Tak cuma itu, di sisi lain, penulis juga mampu membangkitkan motivasi bagi khayalak umum dan khususnya para penggiat desain tuk makin peduli dengan rasa nasionalisme.

Itu yang penting.

Dan bagi yang masih bingung apa itu kreatif…

Arti kata kreatif

Yuk, blogger, mari sama-sama mengamalkan sila ke-6: Kreatif Sampai Mati! :)

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Buku and tagged , , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Ke-kreatif-an Buku Kreatif Sampai Mati Yang Meng-kreatif-kan Sisi-Sisi Kreatif Itu Benar-Benar Kreatif!

  1. papapz says:

    yups bener banget mas.. tapi terkadang sisi kreatif kita mati dengan berbagai sebab yang sebenarnya realistis juga huehehe.. saya ingin kreatif dan membebaskan diri saya tapi sisi kehidupan realistis antara keluarga, pekerjaan dan hal lainnya membuatnya saya mati ide. Ah apakah cuma alibi saya aja ya huehehe

  2. bdangkal says:

    emang keren ya? idenya merambah kemana-mana … liarrrr!

  3. Suke says:

    aw aw aw… keren… dan mak jleb tenan…

  4. indobrad says:

    logo HUT-RI ke-67 itu emang, eh apa bahasanya, moncer?! xixixixi

  5. wah keren banget mas, dan kreatif banget pembuat buku ini πŸ˜€

  6. Solochanger says:

    aih bukunya oke banget tuh πŸ˜€

  7. tomi says:

    bukunya kereeen bener mas..
    dan sepertinya slogan kreatif sampe mati harus diterapkan nih

  8. isnuansa says:

    Kalo KDRI udah tahu dari dulu, Mas. Kaos-kaos desainnya ciamik semua. Tapi ya belom memperhatikan sampai desain-desain lain yang dibikinnya, termasuk Prita dan Logo Kemerdekaan RI tiap tahun itu. πŸ˜€

  9. Zippy says:

    Soal KDRI, jangan ditanya lagi mas.
    Saya punya kok salah satu kaosnya yang gambar pancasila. Asli keren πŸ˜€
    Btw, udah baca bukunya kan? Ayo dioper ke saya mas, wkwkwkw πŸ˜†

  10. asmari says:

    wuahhhhhh… baru disuruh teman cari buku ini dan ketemu blog mas darin *hihi

    rekomendasi bagus untuk membeli buku ini

    Mantabss

  11. Kimsanada says:

    Nah… Ini dia.. Buku KSM ini sempet jadi target ane..
    Tapi beberapa bulan ini malah kelupaan..
    Makasih Mas Darin, udah ngingetin lewat artikel..

    Langsung beli aaah.. πŸ˜€

  12. Kepengen punya bukunya πŸ˜€
    Gimana cara kreatif mendapatkan bukunya gratis yah?

    *dilempar buku

  13. depriyansyah says:

    Setuju! Kreatif itu harus sampai mati πŸ˜€
    Apalagi bagi saya yang bergelut di bidang desain (hampir sama kayak penulis bukunya), kreatif itu selalu dibutuhkan agar menghasilkan ide cemerlang, yang otomatis menghasilkan desain yang keren pula πŸ˜€

  14. Jefry says:

    buku yang amat keren apalagi isinya, bisa memompa semangat kita untuk lebih produktif dan kreatif

  15. Yos Beda says:

    lagi pengen nyari buku buat awal bulan nanti, spertinya ini buku yang patus dimasukan ke daftar :)

  16. dari beberapa ulasan konon buku ini menarik. setelah saya mencari di gramedia denpasar. gk ada jejak sama sekali. mungkin bisa berikan petunjuk atau harus pesan khusus ? :)

    • Darin says:

      Berarti buku ini memang laris manis. Coba ke website gramedia bli, order secara online mungkin bisa :)

  17. kreatif harga mati untuk era sekarang dan selanjutnya

  18. Pingback: Kalau Mau Kreatif, Yang Lain Cuekin Aja | DarinHolic dot com

  19. Mahrizal says:

    Teman saya punya bukunya
    dan saya pernah sekilas baca, bagus ko isinya

  20. dwitri says:

    masih punya stock bukunya ga, kalau ada kasih tau ya

  21. wah jadi penasaran dengan bukunya πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *