Kembali Tersentuh Dengan Kekuatan Sebuah Keyakinan

Hari Minggu ini, saya ditemani beberapa cangkir kopi hangat dan chit-chat dengan teman satu mess, menikmati pagi yang mendung dengan menonton acara TV. Saat itu kami tengah menonton salah satu acara talkshow yang sudah tak asing lagi: Oprah Winfrey Show.

Di pembukaan acara, Oprah memperkenalkan seorang wanita berkebangsaan Zimbabwe yang telah mewujudkan impian masa kecilnya. Topik ini sebenarnya sudah umum, hingga kemudian wanita yang bernama Tererai Trent ini menceritakan kisahnya yang bermula dari sebuah tulisan di secarik kertas. Tulisan itu berbunyi:

My name is Tererai, and I want to go to America to have an education, and I want to have a BS degree. I want to have a master’s, and I want to have a PhD.

Tulisan itu ia buat saat berumur 20 tahun dan telah memiliki 3 orang anak. Dibungkus dengan kaleng seadanya yang kemudian ditimbun di dalam tanah di padang rumput tempat ia biasa menggembalakan ternak. Dan Semenjak itu, seiring waktu berlalu, keajaiban pun mulai muncul satu-persatu.

Tahun 1998, ia beserta suami dan anak-anaknya migrasi ke Amerika demi penghidupan yang layak. Meski terus mendapat tekanan dari suaminya yang masih berpandangan kolot, Tereria mampu menyelesaikan studi dan menyandang gelar sarjana bidang pertanian hanya dalam tempo tiga tahun. Dua tahun sesudahnya, tahun dimana suaminya dideportasi karena telah melakukan family-abuse, ia menyabet gelar Master.

Setiap cita-citanya tercapai, Tereria selalu menyempatkan pulang ke kampung halaman untuk menandai kertas impiannya. Itu dilakukan saat ia lulus Sarjana, Master, dan terakhir pada Desember tahun 2009 saat ia kembali pulang dengan gelar Doktoral (PhD) di tangan.

Keajaiban masih berlanjut. Saat Oprah menanyakan: impian apa yang sekarang ini ingin Anda capai? Tererai menjawab, bahwa ia ingin membangun sebuah sekolah khusus wanita di Zimbabwe. Tanpa diduga, Oprah memberikan surprise dengan memberikan sumbangan sebesar 1,5 juta US Dollar!

Kekuatan Sebuah Keyakinan

Seusai menonton acara itu, salah satu teman – yang kebetulan adalah direktur perusahaan di tempat saya bekerja – mulai bercerita, bahwa betapa sebuah keyakinan yang dituliskan memang dapat merubah nasib seseorang.

Ia mengisahkan, di satu waktu di tahun 2010 kemarin ia bertemu dan berbincang dengan seseorang yang sama-sama berstatus sebagai pendatang di Jayapura. Teman saya bertanya, sudah sejak kapan di Jayapura dan apa yang sudah diraih sekarang? Dengan tersipu orang itu menjawab bahwa ia datang pada tahun 2007 hanya dengan bermodalkan nekat dan sebaris teks yang ia tulis di ponselnya. Lalu ia keluarkan sebuah hape Nokia jadul dari tasnya dan memperlihatkan sebaris teks tersebut yang berbunyi: Tahun 2010 saya harus punya tabungan sebesar satu milyar.

Seakan mengetahui sikap teman saya yang masih penasaran, orang itu kemudian mengeluarkan buku tabungannya. Dan ya, saldonya tertulis 1 milyar lebih! Dengan kata lain, teks yang ia tulis di ponsel tiga tahun yang lalu itu terbukti benar!

Saya yang mendengarkan cerita itu hanya bisa bengong.

Tercenung…

Dan langsung menuliskannya di blog.

PS: Anda bisa menemukan kisah perjuangan Tererai Trent di sini, di sini dan di sini.

Share Button
This entry was posted in Inspirasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

43 Comments

  1. Posted 12/06/2011 at 19:05 | Permalink

    that’s a crazy story…

    hanya dengan sebaris kalimat….

    dapat satu milyar

  2. Posted 12/06/2011 at 19:07 | Permalink

    pantas untuk dicoba

  3. Ami
    Posted 12/06/2011 at 20:03 | Permalink

    Mas Darin nulis ke catatan saldo rekening nolnya berapa? Hahaha… Ada yang menjalani dengan lurus, ada yang menghalalkan segala cara, ada yang malah stres.

    Dulu tahun 2003 aku sudah mau berangkat haji untuk tahun 2004. Tapi karena hamil, batal berangkat. Sejak balik dari Bogor Juni 2009 berdoa bisa berangkat ke baitullah. Bulan lalu didaftarkan berangkat tahun 2018. Cita-cita tinggi butuh kesabaran lebih tinggi. Tapi semua manusia berproses dalam kedewasaannya. Tambah matang dalam kebaikan atau kejahatan…

    • Posted 16/06/2011 at 23:23 | Permalink

      Saya ga bawa buku tabungan Mi, hehehe.
      Ya, semestinya harus sejalan dengan niatnya. Kalau niatnya lurus ya insya Allah tercapai ya Mi 🙂

  4. vany
    Posted 12/06/2011 at 20:20 | Permalink

    mirip visions board gitu ya, mas?
    duh, jd ingin menulis daftar keinginan saia di sehelai kertas lg nih…hihihi
    nyoba ah… 😀

    • Posted 16/06/2011 at 23:25 | Permalink

      iya Van, sama aja fungsinya 😀
      Yuk ah, nulis impian! 🙂

  5. Posted 13/06/2011 at 00:54 | Permalink

    Makasih inspirasinya mas… keyakinan adalah doa terkuat untuk kita meraih impian…. Dan impian akan cepat terkabul jika kita selalu memvisualisasikannya seperti menuliskan impian dalam bentuk fisik, warna dsb…

    • Posted 16/06/2011 at 23:29 | Permalink

      Bener mas Dhan. Contoh, kalau pengen bener punya mobil, ya tempel2 aja gambar mobil itu dimana-mana. Dijamin fokus, hehe

      • Posted 16/06/2011 at 23:45 | Permalink

        Bikin orang lain menyebut kita gila tapi besoknya mereka melongo sendiri karena kegilaan yang terealisir,, hehe

  6. cleverspider55
    Posted 13/06/2011 at 02:51 | Permalink

    Aku pun bingung sekejap memikirkan ceritanya gan..tapi ini pendapat aku,
    sebenarnya mgkn tiada kena mengena sama keajaiban tulisannya pada kertas/hape,tapi kepercayaan,keinginan dan keyakinan mereka yg memotivasikan diri untuk berusaha lalu mencapai apa yg mereka cita2kan.

  7. Posted 13/06/2011 at 09:53 | Permalink

    hmmm…. ntar bikin ah
    sepertinya akan berlembar-lembar….

    • Posted 16/06/2011 at 23:30 | Permalink

      Wow, berarti banyak sekali impiannya ya mas? he2 😀 mantap!

  8. bdangkal
    Posted 13/06/2011 at 13:46 | Permalink

    jadi ingat kata-kata teman saya, kalimat “manusia berusaha tuhan yang menentukan itu SALAH” yang BENAR adalah “Manusia berusaha semaksimal mungkin agar Tuhan mudah untuk menentukan jalan keluarnya.”

    Kang Darin Keren artikelnya, always inspiring, semangka! (semangat kaka! :mrgreen: )

    • Posted 16/06/2011 at 23:31 | Permalink

      Tambahannya keren euy, trima kasih kaka! he2 😀

  9. Catatan Hery
    Posted 13/06/2011 at 14:03 | Permalink

    Aku juga pernah mengangkat tema kekuatan keinginan untuk mencapai impian di blogku. Artikel mas Darin ini semakin menguatkan bahwa keinginan besar harus dituliskan, diberitahukan ke orang banyak dan tidak boleh disimpan dalam hati.

    Keinginan mas Darin apa? ayo tuliskan 😀

  10. masyhury
    Posted 13/06/2011 at 18:35 | Permalink

    Keren…!!!
    Dan tentu saja harus di barengi dengan usaha yang maksimal…
    hemm… jadi kepingin nih.. 😀

  11. ada-akbar.com
    Posted 13/06/2011 at 18:41 | Permalink

    Semoga cita2 ane tercapai ..
    tapi ane belum tulis tu cita2. .baru ada dipikiran ane. ..

    • Posted 16/06/2011 at 23:36 | Permalink

      Nanti kalau mikir hal yang lain, cita2ya bisa lupa lho mas, hehe
      Amiin, smoga tercapai mas 🙂

  12. lompo ulu
    Posted 13/06/2011 at 21:33 | Permalink

    wah..saya juga nonton, mas.
    bener-bener di luar akal, keajaiban dari sebuah keyakinan yang kuat.

    tapi di luar dari betapa inspiratif nya cerita Tererai Trent ini, saya jadi ingat betapa feminis nya Oprah, yang mendukung kebebasan dan kesetaraan wanita di seluruh dunia. saya menangkap bahwa laki-laki cenderung jadi faktor pengekang kebebasan dan pengembangan diri wanita. padahal tidak semua laki-laki begitu loh.
    yang saya ingin tekankan di sini adalah lelaki dan perempuan tidak sama dan tidak akan pernah sama, karena begitulah fitrah mereka. jadi, boleh kita terinspirasi dan kagum terhadap materi yang disajikan Oprah, tapi tetap harus tetap berhati-hati terhadap ide yang diusung dibaliknya.

    oh..ya, ijinkan saya untuk mencantumkan mas darin di blogroll saya.
    makasih mas.

    • Posted 16/06/2011 at 22:59 | Permalink

      Iya, saya juga bener2 terharu saat menonton acaranya. Benar2 inspiratif.
      Ok mas, trims kembali 🙂

  13. Kaget
    Posted 13/06/2011 at 21:52 | Permalink

    Tiga tahun punya keyakinan, dan terkabulkan. Hebat ya, ternyata dunia ini adil dibalik kesusahan menyisihkan uang.

    • Posted 16/06/2011 at 23:34 | Permalink

      Ya, saya juga terinspirasi berat sama Tererai. Tiga tahun dengan kondisi seperti itu impiannya bisa terwujud.

  14. Posted 14/06/2011 at 09:26 | Permalink

    Cerita yang inspiratif mas darin.
    Memang belum ada yang bisa mengalahkan impian kalau kita sudah mempunyai keyakinan yang kuat.

    • Posted 16/06/2011 at 23:33 | Permalink

      Iya, dan keyakinan kuat itu bisa lebih terarah jika dituliskan mas 🙂

  15. Posted 14/06/2011 at 20:55 | Permalink

    masing masing dari kita pasti juga punya impian, mari kita wujudkan impian impian itu…

    • Posted 16/06/2011 at 23:15 | Permalink

      Sip, dan akan lebih baik jika impian2 itu dituliskan biar senantiasa teringat, setuju? 🙂

  16. Aryo Seno
    Posted 15/06/2011 at 00:31 | Permalink

    yang pasti pantang menyerah

    • Posted 16/06/2011 at 23:14 | Permalink

      Fans-nya d’massiv ya he2
      Yup, mari pantang tuk menyerah! 🙂

  17. Kamal Hayat
    Posted 15/06/2011 at 10:10 | Permalink

    Dalam kehidupan ini kita harus memiliki sebuah keyakinan, pasti akan datang sebuah keajaiban

  18. Agus Siswoyo
    Posted 16/06/2011 at 12:24 | Permalink

    Speechless jadinya…

    Kadang kita nggak bisa memahami betapa besarnya kasih sayang Tuhan manusia, sampai kita baru ngerti ketika semua sudah ada di tangan. Inspiring article!

    • Posted 16/06/2011 at 23:11 | Permalink

      Iya mas, kadang kita terlalu banyak meminta hingga lupa tuk bersyukur…

  19. Posted 16/06/2011 at 15:36 | Permalink

    perlu usaha, perjuangan dan proses yang benar2 harus diyakini pasti akan berhasil

    • Posted 16/06/2011 at 23:10 | Permalink

      Benar sekali, dan itu perlu ditegaskan dalam bentuk visual. Bisa coretan, gambar dan sebagainya, betul?

  20. Siti Fatimah Ahmad
    Posted 16/06/2011 at 13:53 | Permalink

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Darin…

    Hampir semua tulisan Darin di blog ini sudah saya baca. Saya menyukai apa yang ditulis, bahasa dan cara fikir Darin dalam mengungkapkan kata-kata. Bagus dan mengesankan. Salut dan teruskan berkarya. 😀

    Berbalik kisah tentang kekuatan sebuah keyakinan.
    Sangat benar apa yang ditulis tentang keyakinan yang kuat ini. Semua ini lahir berasal dari pelbagai sebab dan ingin merealisasikannya. Saya sudah melaluinya walau lambat kerana banyak perkara yang menjadi tantangan kepada pencapaiannya. Ini kerana setiap peristiwa yang berlaku dalam hidup manusia tidak semuanya beruntung jurus sampai ke matlamat yang dicita-citakan.

    Keberhasilan mencapai apa yang ditulis merupakan sebuah impian yang menjadi nyata. Ini tentu memerlukan usaha maksimal dan keteguhan hati bagi menghadapi segala rintangan sebelum mencapai tujuan.

    Semangat yang berkobar-kobar bisa membakar segala energi menuju puncak yang diimpikan. raihlah apa yang engkau mahu selagi engkau mampu dan percaya diri. Bertawakal dan yakin Allah tidak pernah melupakan dirimu selagi engkau mengintai Allah.

    Terima kasih Darin, saya mendapat inspirasi untuk meraih impian-impian saya yang belum tertunai. Asal berani bermimpi segalanya mungkin.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. 😀

    • Posted 16/06/2011 at 23:07 | Permalink

      Wa’alaikum salam Bu Siti. Terima kasih atas pujiannya, saya juga masih belajar menulis kok Bu 🙂

      Keyakinan untuk menggapai suatu tujuan memang terkadang tak hanya dijiwai dalam hati, tapi juga ditulis/dideklarasikan dalam bentuk visual sehingga kita bisa lebih terfokus. Itu kira-kira yang saya petik dari kisah Tererai ini. Disamping pula tentu semangat yang tak kenal lelah dan diiringi doa. Betul Bu, asal berani bermimpi segalanya menjadi mungkin 🙂

      Salam hangat kembali dari Jayapura.

  21. kang ian dot com
    Posted 17/06/2011 at 10:54 | Permalink

    set 1 miliar.. kayanya saya harus segera menuliskan cita-cita saya nih 😀

  22. farizalfa
    Posted 07/07/2011 at 11:26 | Permalink

    Salam kenal mas,
    ini kunjungan pertama saya. . .

    Itulah yang disebut motivasi diri yang akan membuat kita semangat untuk mencapai suatu yang kita inginkan.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*