Long Weekend? Habiskan di Jakarta Saja!

Sobat, tak terasa sebentar lagi akan memasuki penghujung tahun lho, dan itu tandanya… kita akan merasakan libur panjang! *yiha*

Yup, siapa sih yang nggak senang dengan yang namanya liburan? Apalagi bagi seorang freelancer seperti saya, liburan akhir tahun ini bisa dibilang sebuah long weekend extended version alias dedengkotnya liburan panjang *hehe*

Nah, bagi Anda warga Jakarta, jangan buru-buru packing dan berangkat ke tempat-tempat wisata di luar kota dulu deh. Berlibur ke luar kota di saat liburan panjang seperti halnya liburan akhir tahun ini sepertinya bukan pilihan yang oke, mengingat Anda pasti akan menemukan jalanan yang macet di mana-mana.

Ya, memang, meski Jakarta pun lebih terkenal dengan macetnya daripada tempat wisatanya yang keren, namun itu bukan alasan untuk tidak bisa berwisata dengan asyik di kota Metropolitan ini. Agar nuansanya lebih berasa liburan, Anda bisa memesan kamar hotel di Jakarta, dan salah satu hotel yang patut dijadikan pertimbangan adalah Amaris Hotel Thamrin City.

Hotel Amaris Thamrin Jakarta

Hotel ini berada di Gedung Thamrin City Lt. 6 Blok HT nomor 1, Jalan Thamrin Boulevard, Thamrin, Jakarta. Letaknya yang terletak di jantung kota praktis akan memudahkan Anda dalam mengakses ke berbagai tempat wisata. Anda bisa memesan hotel ini melalui aplikasi Traveloka dengan harga kamar dibuka mulai dari 500 ribuan per malam.

Bagi Anda yang gemar shopping, Amaris Hotel Thamrin City pas banget jadi pilihan. Lokasinya dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan, seperti Thamrin City, Plaza Indonesia, dan Grand Indonesia Shopping Mall. Fasilitas Amaris Hotel yang menyediakan 197 kamar dengan berbagai pilihan tipe ini juga sip, karena setiap kamarnya telah dilengkapi dengan TV LCD dan akses Wifi gratis!

Kamar Hotel Amaris Thamrin

Tempat istirahat yang bernuansa liburan sudah, nah kini saatnya Anda menentukan lokasi wisata agar liburan lebih berkesan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika long weekend di Jakarta :

Menanam Bakau di Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk

Taman Wisata Hutan Mangrove merupakan sebuah tempat yang didesain khusus untuk konservasi alam, ecotourism (wisata lingkungan) dan wahana edukasi tentang penghijauan. Letaknya di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (belakang Yayasan Budha Tzu Chi), dan jika Anda berkunjung kesini, image Anda bahwa Jakarta adalah kota yang penuh polusi dan gersang akan buyar seketika.

Sebagaimana yang telah diketahui, mangrove atau bakau – pohon yang biasa kita temui di sekitar pantai – ini merupakan jenis vegetasi yang fungsinya sangat vital. Selain sebagai penahan erosi alami dan penyerap air, dengan pengamatan kasat mata saja, keberadaan pohon ini secara kuantitas di pinggiran laut juga bisa menjadi tolok ukur tingkat keanekaragaman hayati laut di sekitarnya.

Taman wisata alam Hutan Mangrove ini juga menyediakan bibit bakau yang bisa ditanam atas nama Anda sendiri lho. Anda cuma perlu membayar beberapa rupiah saja untuk ikut serta menghijaukan bumi kita ini.

Taman Wisata Hutan Mangrove Jakarta

Selain menyejukan mata dan menghirup udara bersih sebanyak-banyaknya, di Hutan Mangrove Anda juga bisa mencoba naik cano. Menariknya, Anda dipersilakan mendayung cano ini sendiri tanpa dibantu oleh petugas rekreasi. Anda perlu membayar Rp 50rb untuk menikmati cano selama 40 menit. Harga tiket masuk Taman Wisata Alam Hutan Mangrove ini sendiri hanya Rp 10.000 per orang.

Snorkeling di Kepulauan Seribu

Masih di sebelah utara Jakarta. Tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk snorkeling. Anda yang ber-budget minim dan tak punya banyak waktu bisa mampir ke Kepulauan Seribu. Disebut kepulauan seribu, karena wilayah ini berbentuk gugusan kepulauan yang menawarkan pulau-pulau cantik untuk dinikmati warga Jakarta dan sekitarnya.

Kepulauan Seribu Jakarta Utara

Jangan mengaku warga Jakarta kalau belum mencoba snorkeling di Kepulauan Seribu. Tak perlu mencoba semua pulaunya, karena di kepulauan ini terdapat sekitar 105 buah pulau. Pulau-pulau yang terkenal di Kepulauan Seribu, diantaranya Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Sabira, Pulau Onrust, Pulau Ayer, dan Pulau Kelor.

Snorkeling Kepulauan Seribu

Banyak agen wisata yang menawarkan paket berlibur di pulau ini, mulai yang 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, dan masih banyak lagi. Kegiatan yang ditawarkan selama berwisata di Kepulauan Seribu biasanya meliputi jelajah pulau, barbeque, dan snorkeling. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 300rb – Rp 600rb.

Menengok Masa Lalu Lewat Museum

Gaya hidup masyarakat yang tinggi membuat mereka lebih banyak menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan dibanding berkunjung ke pusat-pusat sejarah, seperti museum. Hanya sebagian orang yang masih bersedia meluangkan waktunya untuk berwisata ke museum. Padahal, Anda juga masih bisa mendapatkan foto yang fancy loh ketika berkunjung ke museum. Salah satu museum yang memiliki banyak spot foto cantik ialah Museum Prasasti.

Museum Taman Prasasti Jakarta

Dahulu, Museum Prasasti merupakan makam peninggalan Belanda yang bernama Kebon Jahe Kober. Kini, Museum Prasasti sangat dijaga kelestariannya karena termasuk ke dalam cagar budaya. Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5.000 (dewasa), Rp 3.000 (mahasiswa), dan Rp 2.000 (anak-anak) untuk masuk ke museum yang beralamat di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat ini.

Museum Prasasti Jakarta

Well, ternyata berwisata di Jakarta menarik juga bukan? Anda tak hanya bisa memenuhi kebutuhan rohani, tetapi juga bisa sambil menambah pengetahuan. Bagaimana, berminat stay di Jakarta ketika liburan panjang nanti?

Sumber gambar: amarishotel.com, sukagitu.com, wowewei.blogspot.co.id, curutadventure.blogspot.co.id, filosotrip.com, indonesia-tourism.com, tourism.com

1 comments On Long Weekend? Habiskan di Jakarta Saja!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer