Manfaat Guest Blogging dan Mengapa Kita Harus Memulainya Sekarang Juga

Pengalaman menjadi guest blogger baru saja saya alami di blog isnuansa.com, dan itu adalah sebuah pengalaman yang sangat menakjubkan. Hey, tulisan saya ada di blog lain! Hal apa lagi coba, yang lebih cool dari itu bagi seorang blogger? Yay!

Manfaat guest blogging

image courtesy: missiontolearn.com

Ya, saya tahu, guest blogging mungkin belum begitu membudaya di antara blogger-blogger Indonesia. Kalaupun ada, itu sangat sedikit sekali dan bisa dihitung dengan jari. Padahal ini adalah konsep win-win solution baik bagi pemilik blog maupun blogger tamunya.

Lain hal bila kita melihat apa yang dilakukan dan sangat dianjurkan oleh blogger-blogger dunia, seperti Leo Babauta, John Chow, Darren Rowse, Jon Morrow dan masih banyak lagi. Guest blogging bahkan sudah menjadi hal yang umum – bila tidak dikatakan ‘harus’ – bagi seorang blogger yang ingin eksistensinya lebih diakui.

Untuk lebih jelas, saya mengutip kata-kata dari buku 7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog-nya Eko Nurhuda yang menulis tentang tokoh blogger Darren Rowse yang mengungkapkan tiga manfaat utama dari aktivitas guest blogging yang bagus bagi sebuah blog, yaitu:

Pertama, manfaat bagi blogger tamu karena memasuki pembaca (pasar) baru. Dengan menulis di blog lain, seorang blogger memilliki kesempatan untuk berkenalan dengan audensi baru yang selama ini belum mengenalnya. Selain itu, ia juga bisa dipastikan memperoleh backlink berkualitas.

Kedua, manfaat bagi blogger pengundang, selain karena telah terbantu dalam tugas rutinnya meng-update blog, hal itu juga dapat mempererat keakraban dengan blogger yang diundang.

Ketiga, manfaat bagi pembaca blog, yaitu dapat mengurangi kejenuhan, karena dengan hadirnya penulis tamu, pembaca akan mendapatkan gaya tulisan, karakter dan sudut pandang yang berbeda.

Hal senada juga disampaikan John Chow dalam ebook-nya yang berjudul Make Money Online with John Chow dot com dan NorthxEast dengan artikelnya yang berjudul Why Guest Blogging is a Powerful Way to Gain Expusore for Your Blog.

So, kira-kira mengapa blogger-blogger Indonesia begitu enggan untuk ber-guest blogging ria? Saya fikir, mungkin ketiga faktor besar berikut alasannya:

  • Terlalu khawatir bila tulisannya nanti tidak diterima
  • Tidak mengerti tata cara dan bagaimana memulainya
  • Dan terakhir, memang belum tahu manfaat-manfaatnya

Mari kita eksekusi faktor-faktor di atas beserta solusinya.

Bila alasannya adalah terlalu khawatir bila tulisannya nanti diterima, itu terlalu berlebihan. Dari pengalaman pribadi, sebelum saya mengirimkan sebuah tulisan, saya periksa dulu topik/niche-nya, apa sesuai dengan topik/niche di blog yang dituju? Jika sudah, periksa arsip-arsip blog tersebut apakah pernah menulis tema yang sama. Jika sudah pernah, jangan lantas berkecil hati, karena kita bisa saja menulis tema yang sama namun dari sudut pandang yang belum pernah diekspos sebelumnya.

Belum mengerti tata caranya? Mudah saja. Biasanya blog-blog yang menerima guest blogger memberikan halaman khusus yang berisi cara-cara untuk mengirimkan tulisan. Contoh, di blog DarinHolic ini yang menyediakan tab guest blogger. Kalau tidak ada dan sepertinya memang belum menjadi hal yang lumrah, hubungi narablognya lewat form kontak. Tidak ada juga, hubungi lewat social media sebangsa Twitter, Facebook atau Google Plus. Tanyakan saja apakah ada kesempatan bagi blogger lain untuk ikut menulis di blognya. Jika jawabannya no, ya sudah, cari blog yang lain.

Belum tahu manfaat-manfaatnya? Silahkan baca kembali tulisan ini dari awal.

Nah, melihat manfaat guest blogging yang begitu besar (saya sudah merasakannya lho :D) dan tata caranya yang juga begitu sangat mudah, apa lagi yang kita tunggu? Mari cari blog-blog yang setopik dan mulailah guest blogging sekarang juga.

Happy guest blogging!

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging and tagged , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Manfaat Guest Blogging dan Mengapa Kita Harus Memulainya Sekarang Juga

  1. obat penyakit gagal says:

    kalau begitu saya harus pasang gadget buku tamu di sedebar

  2. amdhas says:

    Klo blog ane, idealis..pastinya klo pun membuka guest blogger harus posting dengan konsep blogazine. Klo tidak biar sehebat apapun artikelnya ga akan di publish. Maka dari itu dengan adanya blogazinist lebih baik di sana saja. pun harus unik post.

    Klo buat guest blogger yang penting bloggernya menaggapi request..klo ane soalnya banyak request, klo dah di tolak ga bakalan mau apply lagi meski di undang ga akan mau. Yang sudah ane tulis di kolom tutorial, rizkyzone, indonesianer, kalamuna, blogazinist.

    Insya Allah di darinholic, jika saja mau konsepnya blogazine..

    keduanya mempunyai keuntungan ane setuju, baik tuan rumah maupun tamu. tapi catatanya ruan rumah harus memberikan kemudahan untuk tamu, kalo sulit tamu jadi serba salah masuk rumah..ko banyak pintu. Masuk lewat mana dulu nih. Yaps, kemudahan untuk tamu itu yang paling penting.

    • Dendy Darin says:

      Kalau begitu bang Hendro guest blogging-nya ke blog2 yang berkonsep sama, yaitu blogazine biar ngga salah sasasaran. Nah, masalah konsep kayaknya jangan dulu deh bang, mending artikel aja yang menulis tentang blogazine, jadi bukan konsepnya yang diekspos. Gimana? 😀

  3. stupid monkey says:

    hmm …. saya pernah membuat Guest Blogging seperti punya anda, tapi entak kenapa tidak ada yang mengirimkan tulisannya, mungkin mereka lebih ingin menulis di blog sendiri saja kali ya.

    saya setuju dengan semua pendapat anda diatas, selain itu juga dengan Guest Blogging kita bisa mempererat tali silaturahmi antar blogger, betul gak ?? ^_^

  4. jarwadi says:

    wah, keren mas memang, tapi blog saya belum layak untuk menampilkan tulisan-tulisan keren dari para guest blogger, hehe

    mungkin mas sudah tahu, mas donny verdian juga mengundang blogger untuk menjadi guest di blog mas dv :)

  5. kurnia septa says:

    penulis tamu memang memberikan saling manfaat,
    wah keren tulisannya ada dimana2

  6. dHaNy says:

    Dengan menulis di blog lain akan membuka koneksi baru, dapat mengarahkan pembaca tetap blog lain untuk mulai mengenal blog kita dan bisa jadi akan menjadi pembaca tetap. Imbasnya bisa pada kenaikan kunjungan, semakin banyaknya diskusi dari pembaca, dan yang lebih penting juga adalah backlink berkualitas tersebut.
    Saya sendiri pernah juga mencoba untuk menulis tamu di blog lain seperti margasatrya.com tentang wordpress, dan kemarin juga sempet ngirim draft ke mbak Nunik. Barangkali tertarik juga dipublish. 😀
    Untuk menulis disini saya juga bingung mas, tepatnya menulis apa.. Semoga lain waktu bisa bergabung di sini mas..

  7. DV says:

    Wah kebetulan saya juga buka program guest blog.. Tertarik, Sob? Coba klik di http://donnyverdian.net/2012/01/12/wagen.html

  8. kettyhusnia says:

    semalam mbaca di tempat teman..ada aktivitas guest blogging di sebuah blog..katanya seru,,saya belum menuju ke TKP tapi dipikir2 boleh juga tuh..

  9. isnuansa says:

    *sembunyi di balik pintu*

    Saya baru sekali doang nulis di blog lain. Di blognya Mas Medhy Aginta doang.. 😆

  10. BahasaHelp says:

    konsep yang baik, semoga dapat berkembang, ini lebih baik dan menarik daripada blog award log mas darin :)

    • Dendy Darin says:

      Blog award juga sebenarnya bagus, tapi kadang yang diberi award malas mempostingnya. Seperti saya ini 😀

  11. asaz says:

    kalau mau yu kita tukeran jadi guest bloging, yang berminat hub lewat akun twitt @aseps21

  12. eMingko Blog says:

    sempat terpikirkan untuk menjadikan blog sbg guest blogging namun sblum itu nmpaknya kualitas dan popularitas harus benar2 ditingkatkan.

  13. adetruna says:

    punya pengalaman menjadi blogger tamu di blog-nya mbak Isnuansa; itupun agak2 kurang pede gitu … tapi ya memang mbak Is dasar orngnya humble kali ya? Tulisanku tayang dan lumayan memberikan sumbangsih berupa referal site yang berkunjung ke blog yg saya kelola ..

    • Dendy Darin says:

      Iya kang Ade, mbak Is salah satu blogger yg patut dicontoh. Sifat ‘humble’nya itu bikin kita nyaman ber-guest posting ria ya hehe 😀

  14. edi wasito says:

    salam kenal mas dendy..masih newbie ne..hehe

  15. Mukti Effendi says:

    menjadi guest blog itu harus tahu jenis blog yang akan dijadikan media untuk menulis. jadi kadang memang agak sulit. apalagi kalau blognya adalah blog yang sudah terkenal di internet.

    • Dendy Darin says:

      Betul mas Mukti, makanya saya menekankan pada kesamaan topik blog. Aneh juga kan kalau kita menulis topik tentang mobil bekas di blog yang bertopik perangko?
      Nah, masalah blog yang sudah dikenal dan belum, justru disitu manfaat terbesarnya. Blog2 yang baru muncul akan terekspos lebih cepat jika guest blogging di blog2 yang sudah lebih dulu eksis.
      Gimana, mas mukti berminat guest blogging di sini? 😀

  16. Pingback: Manajemen Waktu Ngeblog Untuk Blogger Sibuk | Darinholic dot Com

  17. ide yang bagus … salam kenal

  18. Waah, nice info nih mas.. Bahkan saya kesini pun sedang nyari-nyari info buat guest blog..:D
    guest blog emang masih jarang di indo.. tapi kalo liat di luar negeri, sudah banyak sekali yang sukses dari guest blogging.. Bahkan beberapa blogger rutin melakukan guest blogging taip bulan.. Saya sendiri juga sebenernya sangat ingin seperti itu.. Namun karena kesibukan lain, itu tidak memungkinkan karena blog sendiri saja sudah kewalahan ngurusnyaa heheh

  19. Pingback: Keuntungan Guest Blogging Dan Tips Mengundang Blogger Tamu di Blog Anda - isnuansa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *