Mau 11 Ide Postingan Segar Yang Bisa Anda Tulis Sekarang Juga? Ini Dia…

Menulis artikel di blog yang terjadwal dan terus menerus adalah sebuah tantangan tersendiri bagi blogger. Maklum, sebuah blog bisa dikatakan ‘hidup’ pabila ada konten baru dan segar yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya dalam jangka waktu relevan. Ingat, content is king of the king. So, no fresh content, it means no king at all.

Ingat juga beberapa keuntungan dari blog yang terus ter-update, yaitu antara lain: menjaga trafik blog untuk mempertahankan pengunjung lama sekaligus mendatangkan pengunjung baru, mempengaruhi posisi blog di SERP (search engine results page), dan yang terakhir, memberikan sinyal bahwa kita masih aktif di jagad blogosphere.

Nah, menulis konten-konten yang segar bisa dilakukan bila kita selaku narablog menyukai dan atau menguasai topik yang akan dituliskan. Caranya, lihat saja diri kita sendiri dan temukan hal-hal menarik yang bisa diangkat menjadi sebuah artikel di blog. Baca kembali artikel Rahasia Menggali Ide Postingan Blog Yang Tak lekang Oleh Zaman bila perlu. Dan jika itu masih kurang, berikut 11 ide postingan blog yang bisa kita kembangkan menjadi sebuah artikel ciamik:

1. Event/peristiwa yang sedang terjadi

Jelajahi situs portal berita, timeline twitter atau media-media lain seperti koran dan majalah. Temukan peristiwa menarik dan tulis opini dari sudut pandang kita sendiri. Sertakan juga solusi dan ajakan pada para pembaca untuk memberi tanggapan mengenai event/peristiwa tersebut. Contoh artikel jenis ini bisa Anda baca di Secangkir Semangat Dan Dua Buah Buku Untuk Mengubah Dunia.

2. Trend pada hal yang disukai

Misalnya, Anda maniak game Winning Eleven. Ulas saja seri game Winning Eleven yang baru dirilis, tulis trik dan cheat terbaru, formasi squad teranyar. Jika ada artikel lain yang juga membahas trend yang sama, Anda bisa memberi tambahan berupa tanggapan atau sanggahan yang tentu saja itu berasal dari perspektif dan pengalaman Anda sendiri. Ini hanya sekedar contoh, karena mungkin hal yang Anda sukai adalah tahu gejrot, buku, sampai Linux, alias tergantung topik apa yang biasanya Anda angkat di blog.

3. Kejadian sehari-hari

Adakah kejadian menarik di pagi hari tadi? Kemarin? Tulis pengalaman Anda dan biarkan pembaca lebih mengenal Anda lebih dekat. Sungkan juga kan kalau kita membaca blog yang melulu teknis sehingga kita sering menduga-duga, apa sih kegiatan blogger-nya selain ngeblog? So, seperti halnya saya yang menulis pengalaman di Oksibil beberapa waktu yang silam, Anda pun bisa menulis pengalaman versi Anda sendiri, bukan?

4. Daftar 10 teratas (Top 10 List)

Buat sebuah daftar yang berisi 10 poin dari hal-hal yang Anda tentukan sendiri. Misal, 10 blogger terasyik yang Anda tahu, 10 kota terkeren yang pernah Anda kunjungi, 10 warung makan yang sering Anda sambangi atau 10 hal yang Anda sukai dari blogging. Selain dapat memancing kreativitas, kita bisa mengembangkan tiap poinnya tuk dijadikan tulisan tersendiri. Contoh artikelnya, coba simak di Daftar Posting Terpopuler Bulan Mei 2011.

5. Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan

Ini cocok untuk Anda yang ingin menulis artikel ber-genre how-to, tips dan tutorial. Jika mayoritas pembaca Anda adalah seorang blogger, mungkin pertanyaan-pertanyaan berikut sering diajukan: bagaimana cara menginstal WordPress di localhost? Bagaimana jika menginstalnya di Control Panel server? Atau jika topik yang Anda ulas adalah seputar kue, gimana sih caranya bikin blackforrest? Dimana ya toko kue yang paling enak di Jakarta? Nah, ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk menulis solusi dan jawabannya menurut pengalaman Anda sendiri. Cara memenangkan lelang di Ebay dari blog diptara adalah contoh yang bagus untuk artikel jenis ini.

Teknik wawancara blogger

image courtesy: j-14.com

6. Interview

Interview atau wawancara sangat berguna sering sekali diangkat tuk menjadi bahan tulisan oleh para blogger-blogger mapan sekalipun. Seperti halnya yang pernah dipublish di blog ini (baca: Blogger Interview: Isnuansa), selain dapat mempererat tali persahabatan, isi wawancara pun dapat memberi wawasan baru bagi para pembacanya, baik dari segi topik yang diangkat maupun dari sisi pribadi yang diwawancarai.

7. Review

Ulas sebuah blog, buku, software, game, tempat nongkrong favorit, atau pengalaman menggunakan layanan publik, dan berikan opini Anda seutuhnya, baik itu positif maupun negatif. Berikan pula rekomendasi secukupnya pada pembaca terkait obyek yang Anda review. Contoh, review buku 7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog yang saya tulis di blog blogspot.

8. Blogwalking

Ini yang paling mudah. Anda tak perlu repot-repot menemukan gagasan karena gagasan itu sudah ada dan diulas di artikel blog lain. Anda hanya perlu menulis inti dari gagasan itu dan ciptakan tulisan versi Anda sendiri yang berbeda dari aslinya, atau Anda terang-terangan merujuk pada artikel tersebut dan berikan tanggapan Anda. Cara yang kedua lebih dihargai, karena memberikan dua keuntungan: kredibilitas Anda bertambah di mata pembaca, dan Anda secara langsung memperkenalkan diri pada blogger yang bersangkutan melalui tautan link/trackback yang Anda kirim ke artikel rujukan.

9. Share email positif/negatif

Pernah mendapat email yang isinya meragukan? Atau email yang berisi kabar gembira? Share kepada para pembaca. Ajukan tanggapan dan pengalaman pembaca mengenai email tersebut.

10. Status Facebook/Twitter

Sebuah status di jejaring sosial kadang memicu perdebatan, kontroversi, dan tak jarang itu dapat menuai ratusan pendapat, baik yang pro maupun kontra. Masih lekat di ingatan kan betapa hebohnya status twitter dari salah satu motivator terkenal di Indonesia? Dan sekarang yang sedang hot adalah kontroversi status twitter dari seorang artis kawakan berinisial MH. So, pasang radar setinggi mungkin, telisik update-update di jejaring sosial dan berikan opini pada kontroversi yang terjadi. Nona Dita pernah menulis artikel bagus tentang hal ini yang berjudul Admin GNFI dan Timun Suri.

11. Bongkar sebuah mitos

Ada sebuah mitos yang sedang berkembang, dan kita melihat itu sebagai hal yang tak sesuai dengan apa yang kita alami. Tulis saja kenapa kita tak setuju dengan mitos tersebut. Uraikan argumen. Bantah dengan bukti-bukti konkret, dan biarkan pembaca menilai serta berdiskusi di kolom komentar. Contoh artikel jenis ini bisa kita temukan di tulisan yang berjudul Kenapa Harus Takut Kehilangan Pembaca Blog Anda di blog kafegue.

Ok, sekarang sudah ada 11 ide postingan di nampan dapur Anda. Olah, racik, bumbui sesuai selera, lalu jadikan itu sebagai postingan blog yang segar bin crunchy dan siap tayang.

Atau mungkin Anda punya pendapat lain yang bisa menambah wawasan para pembaca di sini? Sharing, please.

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging and tagged , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Mau 11 Ide Postingan Segar Yang Bisa Anda Tulis Sekarang Juga? Ini Dia…

  1. stupid monkey says:

    wah, tinggal racik nih, kira2 ngeraciknya gimana ya sob, terkadang bingung bila semua bumbu sudah di depan mata, hehe 😉

    btw sedikit ralatan, di judul dan akhir post terlihat “11” ide, tapi di bagian ini “berikut 10 ide postingan blog yang bisa kita kembangkan menjadi sebuah artikel ciamik:” terlihat angka “10”, itu aja sob, thaks 😉

    • Dendy Darin says:

      Ngeraciknya ya mungkin dgn rajin2 menulis bro.
      Wow, ternyata bro jeli juga 😀 Thanks atas koreksinya!

  2. @dhanz_ztya says:

    Ide memang sering seliweran namun yang agak susah dari saya memang menuangkan dalam sebuah tulisannya. Saya kalau nulis memang sering ngelantur kemana2 jadi intinya kdang malah gak tersampaikan,hehe…
    Perlu banyak belajar untuk mengemasnya secara runtut…
    Makasih inspirasinya mas Darin…

  3. @dhanz_ztya says:

    Wah mas Darin ganti baju mulu nih,,

  4. obat penyakit lupus says:

    saya kan suka bikin postingan mengenai penyakit,pasti ketemunya sama penyakit2 itu-itu ajja,cuma beda judul tapi isinya menjurus kesanan,saya suka bingung jika udah kelabakan kehabisan kata-kata,,punya tips agar tidak kehabisan kata-kata gak gan???

    • Dendy Darin says:

      Sepertinya butuh riset kata kunci deh mas. Pakai tools google word tracker untuk mengetahui kombinasi dari kata kunci di sekitar kata ‘penyakit’ yang mas ulas.

  5. Joko Sutarto says:

    Wah, terima kasih banyak, Mas Darin. Di nomor 5 artikel saya dirujuk sebagai contoh. :)
    Ya, sebetulnya banyak sekali ide di sekitar kita yang siap ditulis jadi postingan. Dari mulai ide yang ringan-ringan, sedang maupun perlu riset dan perenungan mendalam. Kadang karena saking banyaknya ide kita jadi bingung sendiri mau nulis yang mana dulu. He2…

    Mungkin problem saya saat ini adalah malas sama kebanyakan bukan bagaimana mencari idenya tapi tinggal bagaimana membagi waktunya. Waktu buat menulis posting, waktu bekerja offline dan kapan waktunya untuk berbisnis online. Tapi intinya saya sependapat ke-11 metode di atas sebagian besar saya juga lakukan dalam menggali ide buat menulis.

    • Dendy Darin says:

      Iya pak. Dan saya kira ngga harus semua tips di atas dituangkan di blog. Itu hanya variasi saja.
      Nah, masalah membagi waktu juga sama dgn saya pak. Kadang ada waktu2 yang longgar, kadang ngga ada waktu untuk online sama sekali.

  6. tips menarik dan sangat bermanfaat, mas darin. jujur saja, utk bisa menjaga konsistensi dalam meng-update blog bukan persoalan gampang. semoga tips ini bisa menginspirasi.

  7. ferdiansyah says:

    emg lg nyari inspirasi ini, makasih artikelnya

  8. Hanif Mahaldi says:

    saya suka nomer 4 mas. hehe.

  9. Pingback: The Seven Shadow Award | Dani Setiyawan

  10. Cahya says:

    Saya rasa Mas Darin benar, tapi kalau semua itu diterapkan, bayangkan betapa banjirnya informasi yang ingin kita tuangkan di blog :).

    • Dendy Darin says:

      Iya juga Bli. Kalau semua diterapkan bisa-bisa blog kita kebanjiran informasi 😀
      Disini pentingnya kita memilah informasi yang sekiranya tepat, sesuai dengan topik yang sering kita angkat di blog.
      Jadi ya memang jargon my blog my rules itu selalu ada benarnya ya haha 😀

  11. Leo Ari Wibowo says:

    Mas Darin lemarinya pasti penuh ya soalnya ganti baju terus :).

    Kalau untuk mencari ide saya biasanya blogwalking dan banyak nonton film mas (soalnya film kaya grafis).

  12. Pingback: Hubungan Antara Manfaat Membaca Buku dan Kemalasan Dalam Berfikir | The Official Blog of Dendy Darin

  13. bro eser says:

    Keren-keren idenya bro, cocok bagi saya yang saya ini sedang berusaha bangkit karena kehabisan ide ngeblog….

  14. Irawan says:

    Sepertinya posting sejenis interview blogger2 beken bakalan menarik dan dapat menjaring banyak visitor
    Ulasannya sangat bagus,, makasih sob

  15. ToshiroHits says:

    thx kk soal infonya…mohon kunjungi blog saya..
    aptudetnyus.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *