Melukis Kembali Sejarah Cina Dengan Bermain Game Romance of The Three Kingdoms XI

Akhir-akhir ini saya kepincut dengan game Romance of The Three Kingdoms XI. Game bergenre strategi dengan konsep one step click ini tak hanya menawarkan keasyikan berimanijasi bagaimana mengatur sebuah kerajaan, berdiplomasi dan menginvasi wilayah musuh, tapi juga memberikan gambaran sejarah Cina pada zaman dinasti Han berkuasa (sekitar kurun waktu 100 – 200 Masehi).

review game romantic of the three kingdoms XI

Pada mulanya saya mengira metodenya mirip dengan game Civilization, dimana komando markas (base command) memegang peranan utama dalam hal manajemen dan komando pasukan (troop command) mengambil aksi nyata di lapangan. Namun setelah beberapa waktu memainkan game produksi Koei ini, saya temukan nuansa yang berbeda, karena faktor sejarah dan keputusan (policy) kerajaan bisa sangat menentukan hasil dari peperangan.

Uniknya lagi, Romance of The Three Kingdoms XI menerapkan sistem waktu seperti halnya game Harvest Moon yang fenomenal itu. Waktu setahun dibagi dalam empat musim (semi – panas – gugur – dingin) dan setiap langkah memakan waktu 10 hari, jadi sekitar 12 langkah (3 bulan) musim akan berganti dan prilaku game pun menyesuaikan. Dan dengan adanya faktor bencana seperti kekeringan, hama dan serangan penyakit otomatis menambah variasi ‘kejutan’ acak yang tak bisa kita perkirakan sebelumnya.

game sejarah cina

Nah, itu belum ditambah lagi dengan faktor individu dari panglima (officer) yang dapat dimiliki dengan berbagai cara, yaitu officer yang sudah tersedia secara default saat memulai game, officer yang ditawan karena pasukannya kita kalahkan lalu kita ‘rayu’ untuk bergabung, officer bebas (free) yang muncul di wilayah kerajaan dan mau diajak bergabung, juga bisa didapat dengan membajak officer kerajaan lain yang kebetulan kondisi loyalitasnya sedang menurun.

Tiap officer punya karakter, kemampuan (ability) dan bakat (skill) yang berbeda satu sama lain. Sayang, karakter dan skill tak bisa diubah karena mungkin programmer-nya menganggap itu sudah bawaan orok kali ya *hehe.

tokoh sejarah cina dalam game

Yang bisa ditingkatkan adalah ability tiap officer yang didapat dari pengalaman (experience), baik itu kemampuan dalam hal bertempur, membuat senjata, membangun/mengatur kota maupun berdiplomasi/politik. Singkatnya, makin baik nilai ability di bidang tertentu, makin efisien officer tersebut melakukan tugasnya dan waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat. Dan itu tergantung bagaimana cara kita sebagai penguasa virtual me-manage-nya.

Tokoh-tokoh sejarah Cina seperti Cao Cao, Liu Bei, Sun Ce dan lain-lain seakan dihidupkan kembali di game ini, lengkap dengan riwayat hidup, keluarga, panglima pengikut (officer) dan wilayah (distrik) yang menjadi kekuasaannya. Dari situlah saya secara tak langsung belajar mengenai biografi para penguasa yang pernah melukis sejarah di daratan Cina. Yah, sambil menyelam minum air, begitulah :)

Sebagai gambaran, ini adalah skenario awal saat saya memulai game. Tokoh sejarah yang saya pilih adalah Liu Bei dan skenarionya berjudul Liu Bei Flees dengan kode bendera hijau tua.

tokoh liu bei dalam game

review game sejarah cina

wilayah kekuasaan liu bei cina

Tiap skenario mewakili situasi daratan Cina sesungguhnya yang tengah terjadi kala itu, termasuk bagaimana status hubungan bilateral dengan penguasa lainnya, apakah sebagai musuh, netral atau sekutu (alliance).

Dan ini wilayah Liu Bei yang sudah saya ‘lukis’ kembali setelah beberapa tahun berlalu dan melalui berbagai pertempuran dan diplomasi *hayah :)

perjuangan liu bei sejarah cina

review game strategi romantic of the three kingdoms

Ok, jika Anda tertarik belajar sedikit tentang sejarah Cina dan hobi game strategi, Romance of The Three Kingdoms XI ini bisa menjadi pilihan koleksi yang tepat.

Atau, Anda punya rekomendasi game yang lain?

Happy gaming!

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Game and tagged , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Melukis Kembali Sejarah Cina Dengan Bermain Game Romance of The Three Kingdoms XI

  1. Thomas Ardianto says:

    Game Romance of the Three Kingdoms bagus nih tapi yang membuat saya gak suka adalah game ini terlalu difficult dan sangat susah, saya tidak punya RoTK versi XI ini, tapi saya punya versi yang IV dan III, Saya paling suka main yang 4 (IV) dan saya sama seperti anda memakai Liu Bei, seorang penguasa favorit saya, dan saya bermain di skenario pada tahun 208 Masehi, kalo di IV namanya “Battle of Red Wall” Nah! Saya sangat berjaya pada tahun 209 karena berhasil merebut seluruh provinsi Jing dan berhasil mengeksekusi Cao Cao, tetapi saya mengalami masa kritis di tahun 210. Dimana penduduk saya sakit, kehabisan makanan dan segalanya, akhirnya saya terpaksa melepas dan meninggalkan 3 Kota di Provinsi Jing. Bisa minta tips gak cara mudah main ini? Anda tampaknya sangat pintar seperti “Zhuge Liang” dalam game ini.

    • dio fachry says:

      Transport aja dari base yang banyak makanan dan juga kalo bisa beli makanan yang banyak tapi kalo uang dikit mendingan kurangi pasukan yang di base itu dengan pasukanya sedikit jadi bisa mengurangi kebutuhan makanan

  2. Tatang Tox says:

    Saya juga punya Game ini, tapi jarang sekali dimainkan. Mengapa? Karena saya sangat sulit untuk mengingat nama-nama tokohnya. 😥 Saya paling susah untuk mengingat nama Cina. Akhirnya saya kembali ke selera asal yaitu Civilization V di mana ada Gajah Mada sebagai salah satu tokohnya. Tetap bangga dengan Indonesia. :mrgreen:

  3. wahh keliatan nya seru ya gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *