Memperpanjang Hosting Dan Domain Itu Sesuatu Banget

Semenjak membaca email dari kuncihost yang berisi pemberitahuan tentang habisnya masa tayang dari domain blog darinholic.com sebulan yang lalu, saya merasa tak ambil pusing dan memilih tuk santai. Toh masih sebulan lagi, dan saya kembali berasyik masyuk dengan pekerjaan.

Namun tepat pada tanggal 20 Desember kemarin, berita itu seakan menghantam telak di ubun-ubun: blog ini di-suspend!

Tips Memperpanjang Domain

Buset, serasa baru kemarin email pemberitahuan itu datang, dan saya cuma bisa melongo saat mengetik URL domain blog ini di browser, ternyata benar: blank!

Ok, don’t panic. Saya harus bergerak cepat. And luckily, saya mendapat rejeki dari Arief Maulana yang mempercayakan desain cover bukunya yang berjudul You Are The Best Motivator (sobat dapat memesan bukunya di nulisbuku.com). Dan tak butuh waktu lama, tanggal 22 Desember kemarin saya transfer ke pihak manajemen kuncihost yang mengelola hosting dan domain blog darinholic.com.

Hasilnya, ternyata ngga harus susah payah konfirmasi ini itu, karena selang beberapa jam sesudahnya saya langsung mendapat email pemberitahuan bahwa hosting dan domain blog ini telah diperpanjang.

Perpanjang Hosting Dan Domain

Great! Jadi, siapa bilang memperpanjang hosting dan domain itu ribet? πŸ˜€

Nah, pada kesempatan ini mungkin ada baiknya saya memberi dua tips bagi sobat-sobat yang juga tengah mengelola blog dengan hosting dan domain berbayar, yaitu:

Satu, segera menindaklanjuti email pemberitahuan sedini mungkin untuk mengindari auto-suspend (penangguhan untuk sementara secara otomatis). Rugi kan. Meski sehari ngga bisa diakses, tapi itu sangat berarti, karena menyangkut kredibilitas blog di mata pembaca loyal.

Dua, pilih penyedia hosting dan domain yang mudah tuk dihubungi, baik dalam pelayanan saat awal transaksi, pemeliharaan saat pengelolaan blog, maupun saat-saat kritis seperti perpanjangan hosting dan domain seperti yang saya alami kemarin.

Sobat punya pengalaman sendiri tentang seputar hal ihwal perpanjangan domain? Share it!

59 comments On Memperpanjang Hosting Dan Domain Itu Sesuatu Banget

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer