Mengatasi Phobia Naik Pesawat Terbang Dengan Bermain Game Microsoft Flight Simulator X

Rasanya hampir setiap dari kita – disadari atau tidak – memiliki rasa takut yang tak beralasan pada sesuatu, atau yang sering disebut dengan phobia. Ada yang spontan takut pada laba-laba, jarum suntik, mahluk halus, hingga hal sepele seperti langsung deg deg plas kalau melihat ada Polantas berdiri celingukan di pinggir jalan (weleh, nggak punya SIM ya mas? *hehe*).

Begitupun saya, entah apa karena saya fans berat Dennis Bergkamp yang lebih dikenal dengan sebutan non-flying Dutchman, atau sebab yang lain, yang jelas rasa yang tak jelas ujung pangkalnya itu kerap datang ketika saya diharuskan tuk bepergian dengan pesawat terbang. Dan terakhir itu juga terjadi pada saat tugas di Oksibil kemarin.

Well, mungkin salah satu alasannya adalah faktor human error, dimana saya percaya seratus persen bahwa setiap burung besi pasti telah dibuat dan dirancang secanggih mungkin untuk terbang dan mendarat, namun tetap saja pilot yang mengemudikannya adalah seorang manusia, bukan? Sama seperti saya yang sama-sama makan sayur asem dan suka duren (sotoy ah!), bukan? Dan kita nggak pernah tau gimana suasana hati sang pilot yang pada saat itu mendapat giliran tuk menerbangkan pesawat yang kita tumpangi. Apakah sedang good mood, bad mood, belum gajian, atau jangan-jangan sedang ada masalah sama istrinya (mulai deh ngelantur..) 😀

Ok, intinya, saya berfikir, dan sering juga saya dapati di buku-buku motivasi, terapi yang paling bagus tuk mengatasi phobia – apapun jenisnya – adalah dengan menghadapi secara langsung ketakutan tersebut. Contoh, kalau merasa takut sama laba-laba, ya cobalah tuk selalu sekuat mungkin berinteraksi saat bertemu dengan mahluk ini. Entah didekati, menatapi tiap gerak-geriknya, atau – kalau mau lebih ekstrim – ajaklah dia ngobrol santai seputar blog (ini mah kelewatan *haha*). But that’s the way it is!

Lalu bagaimana tuk mengatasi phobia naik pesawat terbang atau disebut juga dengan aviophobia? Banyak jalan. Selain dengan cara-cara ‘berat’, yaitu dengan berkonsultasi ke psikolog dan nekat rutin naik pesawat, ada juga lho cara yang lebih ‘ringan’ sekaligus mengasyikkan, yaitu dengan memainkan game simulasi pesawat terbang. Dan salah satu game sejenis yang terkenal di jagat internet saat ini yaitu Microsoft Flight Simulator X.

Yup, mari kita coba.

Mengatasi Phobia Naik Pesawat Dengan Game

Thus, setelah sukses terinstal, game interface di bagian pembuka secara default berada di tab Home, berisi paparan singkat mengenai isi game.

Tips Game Microsoft Flight Simulator X

Tab Free Flight berisi opsi-opsi, antara lain opsi memilih pesawat, lokasi airport, waktu, cuaca dan musim saat simulasi.

Tips Game Simulasi Pesawat

Kita bisa menerbangkan jenis pesawat yang disediakan di game ini, dari mulai yang super mini sejenis Trike Ultralight hingga yang berbadan lebar sekelas Airbus A321.

Game Simulator Pesawat

Kemudian memilih airport dari berbagai penjuru dunia, di lebih dari 15000 kota dan 223 negara.

Game Simulasi Pesawat Terbaik

Juga menentukan cuaca saat simulasi, dari cerah hingga hujan badai.

Mengatasi Phobia Naik Pesawat

Dan memilih waktu keberangkatan. Dapat diisi manual, atau membiarkan game menyesuaikan dengan waktu saat ini, dan musim akan mengikuti secara otomatis.

Game Simulasi Terbaik

Tab berikutnya adalah Missions. Ada beberapa misi yang dilakukan sesuai dengan kemampuan gamer, yaitu Beginner, Intermediate, Advanced dan Expert. Saya rasa tab ini seharusnya ada di bawah tab Home karena fungsinya yang bersifat tutorial dan kita bisa belajar dasar-dasar menerbangkan pesawat dari nol disini.

Tips Microsoft Flight Simulator X

All right, berikutnya ada tab-tab pelengkap, yaitu Multiplayer, Pilot Records, Learning Center dan Settings yang bisa dipelajari sambil lalu.

Nah, setelah beberapa waktu menjajal game ini, melalui serangkaian trial error, gagal take off, nyemplung ke laut saat landing dan sedikit frustasi, akhirnya saya sudah menemukan setelan dan feel yang cocok untuk memainkannya. Berikut sedikit review saat saya menerbangkan pesawat jenis Mooney Bravo dari bandara Adi Sumarmo Solo menuju bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta.

Game Simulasi Pesawat Paling Asyik

Setelah memilih pesawat dan opsi-opsi lain, klik tombol Fly Now.

Game Simulasi Pesawat

Dengan menekan F10, kita bisa melihat bagian kokpit pesawat ini. Perhatikan beberapa indikator yang penting untuk diketahui, seperti kecepatan, sudut terbang, ketinggian, kompas, kecepatan naik/turun serta kekuatan gas mesin. Indikator-indikator itulah yang akan dibutuhkan untuk kesuksesan saat take off, manuver di udara dan landing nanti (buseet..gayanye kayak instruktur pilot beneran aje *haha*).

Simulasi Kokpit Pesawat

Game ini menerapkan prosedur penerbangan yang berlaku secara internasional, baik dalam tata cara menerbangkan pesawat maupun dalam berkomunikasi dengan para pemandu penerbangan yang ada di tiap bandara. Jadi, sebelumnya kita minta izin dulu ke petugas bandara bahwa kita akan take off dan meminta petugas untuk ‘membersihkan’ runway/landasan terbang.

Untuk kembali ke tampilan Outside Look tekan tombol F11, lalu tekan tombol Scroll Lock yang akan memunculkan jendela ATC beserta pilihan untuk berkomunikasi.

Game Simulasi Pesawat

Klik dengan mouse pilihan nomor 1 yaitu Tune Marmo Ground on 116.100, yang artinya menghubungi pihak bandara Marmo (sandi untuk Bandara Adi Sumarmo) di frekuensi 116.100, atau bisa juga langsung memilih dengan menekan tombol 1 pada keyboard. Nanti akan muncul opsi-opsi berikutnya, dan kita pilih opsi nomor 2 yaitu Request Taxi – Depart Straight Out karena kita akan take off pada posisi saat ini.

Tips Game Simulator Pesawat

Setelah petugas bandara mengizinkan dan membersihkan runway, kita pun dapat segera take off. Oya, untuk mengatur kekuatan gas mesin sangat mudah, yaitu dengan tombol F1 sampai dengan F4. F1 berarti mesin dalam keadaan netral, F2 untuk menurunkan gas, F3 menaikkan, dan F4 berarti gas dalam keadaan full power alias maksimum.

Ok, let’s start. Terlebih dahulu menyalakan mesin dengan menekan tombol [Ctrl + e], tunggu beberapa saat hingga stabil, dan langsung tekan F4 agar pesawat berakselerasi pada kecepatan penuh. Bila kita dalam Cockpit View (F10), kita akan serasa benar-benar merasakan sensasi menjadi pilot yang sesungguhnya. Mendengar deru mesin yang bergemuruh (saya sarankan gunakan speaker subwoofer ya *hehe*), memperhatikan tombol indikator yang mulai bergerak-gerak dan – untuk pesawat jenis Mooney Bravo – ketika kecepatan menyentuh 80 knot, tekan dengan lembut tombol panah down pada keyboard.

Pesawat akan merangkak naik pada sudut tertentu (perhatikan indikator sudut terbang), pertahankan pada sudut 10 derajat agar proses take off sempurna, dan pada saat bersamaan kita dapat memasukkan roda pesawat dengan menekan tombol G.

Mengatasi Phobia Naik Pesawat

Yes, teruskan hingga pesawat melesat ke ketinggian sekitar 3000 kaki dan kita dapat mulai bermanuver tuk terbang ke arah tujuan. Game ini dilengkapi juga dengan vitrual Global Positioning System (GPS) yang dapat dimunculkan dengan menekan [Shift + 3].

Manfaat GPS di pesawat

Lalu sesuaikan arah pesawat dengan menekan tumbol left dan right pada keyboard.

Manuver Simulasi Pesawat

That’s it. Setelah itu kita bisa menikmati view pemandangan sepanjang perjalanan yang render teksturnya disajikan apik dan mendekati realistis oleh game ini (Intel Core 2 Duo 2,93GHz, RAM 4Gb dan VGA 1454Mb, itu cerita spesifikasi PC-ku, apa ceritamu? 😀 ).

Dan ya, dengan bermain game simulasi ini setidaknya saya jadi lebih terbiasa terbang di ketinggian dan secara psikologis itu sangat membantu meski hanya lewat media virtual. Nilai lebihnya antara lain: pengetahuan akan prosedur standar komunikasi penerbangan, jenis-jenis pesawat, perbedaan antara pesawat jenis piston dan jet, juga keasyikan menjelajah di berbagai belahan dunia dengan landscape uniknya masing-masing.

So, apa sekarang saya sudah tak mengalami phobia naik pesawat lagi? Let’s see saat saya mudik ke Jawa nanti ya :)

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Game, Inspirasi, Jurnal and tagged , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to Mengatasi Phobia Naik Pesawat Terbang Dengan Bermain Game Microsoft Flight Simulator X

  1. Ami says:

    pesawat juga macem2, ada yang jet, ada yang baling-baling… kalo aku memang paling gak nyaman pas goncangan take off atau landing. banyak-banyak berzikir aja sih… tapi kalo terbang kok enjoy ya pas di atas tuh…

    pernah gak bawa anak-anak… ada yang nangis ada yang seneng banget ngeliat pemandangan di bawah. intinya ortu mesti tenang, kalo bawa anak trus ibunya ato bapaknya phobia bisa berabe.

    oh ya, pengalaman bawa anak terakhir Juni 2009 dengan anakku kembar 5 tahun, mereka enjoy banget naik pesawat terbang…

  2. Cahya says:

    Saya biasanya langsung main pesawat perang kalau zaman dulu :D.

  3. Joko Sutarto says:

    Kalau saya yang masih phobia adalah menghadapi jarum suntik, infus, transfusi darah dan semacamnya. Kalau naik pesawat sudah tidak, Mas Darin. Sempat di awal-awal pertama kali naik pesawat ada rasa deg-degan juga ketika take off. Rasanya seperti tercabut dan dilempar ke atas. Tapi lama-lama karena sudah sering naik pesawat jadi terbiasa. Yang tidak terbiasa hingga kini adalah mbayarnya. Mahal. 😀

  4. ada-akbar.com says:

    sejenis game simulator ya.
    dlu ane pernah punya,waktu pc ane buruk spekny.a.

    ya agak ngelag2 gitu wkwk. .
    jujur ane agak tkut naek pesawat wkwkw

  5. Baju Tanah Abang says:

    bole jua tu…salam kenal yahhh…

  6. adetruna says:

    Saya juga takut ketinggian kok, nggak kebayang kalo sy harus bungee jumping misalnya hiiiih serem…

    tp kmarin saya beranikan diri utk jajal flying fox, dan alhamdulillah taktertarik untuk yg keduakalinya… :mrgreen:

  7. dHaNy says:

    Wah manteb banget nih gamenya.. Moga aja dengan maen game ini phobia naik pesawat terbangnya berangsur2 hilang..
    Yang saya salut databasenya banyak banget seluruh dunia, salut deh buat yang memiliki ide pembuatan game ini…

  8. Arif Riyanto says:

    Ini kan permainan di PC, seorang phobia pasti merasa beda dengan keadaan sesungguhnya didalam pesawat.

  9. masyhury says:

    Wow… settingan game nya komplit banget,,,
    kayaknya seru tuh buat di main-mainin..
    cari di mana yak?? :)

  10. Kaget says:

    Lha, ko’ saya baru denger Simulator microsoft bisa dibuat mengatasi pobia. Saya juga takut ketinggian, tapi kalo naik pesawat langsung bobok aja, ngga usah lihat jendela 😛

  11. Berita Sulut says:

    simulator sih sering main, tapi kalo naik pesawat betulan tetap aja ada rasa takut dan khawatir haha…

  12. Didik Kusdiyanto says:

    Hahaha menarik juga, tapi sayang,, mesti jadi rebutan sama anak :)

  13. Pingback: Flightgear – Flight Sim |

  14. Made says:

    saya juga punya gamenya :D. Gamenya seru 😀

  15. gadgetboi says:

    sayang spek tidak memadai :(

    • Noval says:

      Beli gamenya dmna ya wa udh cari2 gk dpet2…

      • Darin says:

        Biasanya di mall yang ada counter CD2 game, saya beli di Jayapura, dan sekarang di Depok saat saya jalan2 juga ada di ITC Depok mas :)

  16. Bryan Laurentio says:

    sulit sekali menengendarainya :(

    • Darin says:

      Coba pesawat yg mesin piston dulu mas. Pakai Mooney Bravo jg cocok. Tapi memang lebih klop kalau kita ikuti Menu Training-nya dulu, dari mulai pesawat kecil yg mirip becak itu 😀

  17. prama says:

    Mas Darin, tanpa menurangi semangat dan hormat mohon bantuannya bisa memberikan info dimana saya bisa mendapatkan game tersebut. Atau jika mas Darin berkenan apakah bisa saya membeli software dlm format CD tersebut dari Anda, bisa di infokan harga via sms 082194986008. Dimohon sekali….Best Regard Prama

  18. prama says:

    Ups..Ralat No. Ponsel 082194986009

  19. raihan febri says:

    di laptop saya ngelag2 padahal permainannya asyik!

  20. raihan febri metrian says:

    kasetnya dimana di beli?punya saya yg demo.

    • Darin says:

      Ada di stand2 penjual CD game, tapi biasanya kan bajakan. Jadi pastiin dulu ada cracknya :)

  21. Simulator seperti ini dapat meningkatkan kreatifitas juga.

  22. tapi pas ane download dari google game pesawat Microsoft flight simulator .
    terus dimainin kok pas memilih pesawat nya sedikit.

  23. geico.com says:

    Do large rates typically control the amount and types of things you often miss an item
    but prevent obtaining it due to sticker shock.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *