Mengelola Kreativitas Blogging Ala Alex Osborn

“It is easier to tone down a wild idea than to think up a new one.”

Kata-kata itu diucapkan oleh Alex Osborn, sang founding father dari brainstorming yang kerap mengampanyekan pentingnya berfikir secara kreatif. Brainstorming sendiri dapat diartikan sebagai metode untuk menemukan solusi, gagasan atau konsep baru.

Salah satu konsepnya yang terkenal yaitu sebuah proses yang dinamakan dengan CPS (Creative Problem Solving). Di dalam buku Membuat Impian Menjadi Kenyataan karya Ida Kuraeny, garis besar proses CPS ini melingkupi tiga langkah berikut:

Langkah pertama, memahami tujuan atau masalah. Artinya apapun yang kita lakukan, baik dalam merencanakan masa depan maupun menghadapi tantangan, harus memahami dulu situasi dan kondisinya dengan jelas. Dengan cara ini kita akan lebih mudah mencari solusi yang terbaik.

Langkah kedua, menumbuhkan ide-ide. Cara paling mudah untuk mendapatkan ide-ide yang akan menjadi solusi inovatif adalah dengan mencari ide-ide sebanyak mungkin. Di sini kita akan mengenal istilah berfikir secara divergen dan konvergen.

Berfikir divergen artinya membiarkan fikiran kita bergerak kemana-mana secara simultan. Satu ide akan memicu timbulnya ide lain. Meski tak semua ide yang muncul akan diterapkan, namun peluang untuk menemukan ide kreatifย  sebagai solusi akan terbuka lebar-lebar.

Sedang berfikir secara konvergen, adalah berfikir dengan mempersempit fokus kita pada beberapa ide dari semua ide yang telah direkam/dicatat. Prioritaskan ide yang sekiranya mendekati sebagai solusi dan jalankanlah. Bila ide tersebut tak berhasil, segera beralih ke pilihan ide prioritas ke-dua, dan seterusnya.

Langkah ketiga, melakukan aksi. Proses ini mencakup tiga langkah, yaitu merencanakan aksi, melaksanakan aksi dan mengevaluasi aksi.

Merencanakan aksi berarti ketika kita sudah memilih ide yang akan dijalankan, kita membuat rencana (planning) yang jelas untuk melaksanakannya.

Melaksanakan aksi, berarti kita melakukan langkah-langkah tuk mengeksekusi ide menjadi tindakan nyata menurut jadwal waktu yang telah kita tentukan.

Dan mengevaluasi aksi, berarti ketika setelah melaksanakan aksi tersebut, kita berhenti sejenak untuk bertanya pada diri sendiri, apakah solusi sudah terpecahkan. Bila belum, lakukan perubahan yang diperlukan. Dan sebaliknya, bila hasilnya memuaskan, pertahankan sistem itu untuk pemecahan solusi-solusi berikutnya.

Lalu, bagaimana penerapan proses CPS pada blogging?

Kebetulan, saya sering sekali menulis tentang hal-hal yang menyangkut proses brainstorming ide di blog ini. Dan untuk menyederhanakan proses CPS pada blogging, berikut langkah-langkah yang mungkin bisa memberi motivasi pada Anda berikut tautan artikel yang pernah mengulas hal tersebut:

Langkah pertama

Tentukan tujuan blogging sesegera mungkin, karena apa yang kita tetapkan di awal akan mempengaruhi pola fikir pada saat perjalanan blogging dimulai. Berikut artikel yang menjadi rujukan:

Langkah kedua

Gali ide tulisan dan mencari cara alternatif lain agar kita bisa lebih inovatif dan kreatif dalam menuangkan satu gagasan dalam postingan blog. Baca kembali artikel berikut:

Langkah ketiga

Pertahankan konsistensi blogging, karena hanya dengan cara itulah motivasi blogging akan terus menyala. Perlu artikel-artikel penambah semangat? Ini dia:

Tips Blogging Kreatif

Ready?

Tentukan tujuan, gali ide, dan beraksi. Cukup tiga langkah kecil untuk menyederhanakan mimpi besar yang kita buat. Karena bagaimanapun blogging adalah sebuah proses, dan sebaik-baiknya proses adalah tetap melakukan sesuatu. Meski berupa langkah kecil, namun seyogyanya langkah-langkah kecil itu adalah langkah-langkah bayi, yang lambat laun kelak sanggup menopang tubuh yang semakin besar ketika dewasa nanti.

Bagaimana, siap menerapkan kreativitas blogging ala Alex Osborn di atas? Atau Anda punya tips lain yang bisa meledakkan kreativitas blogging? Share, please :)

Image by: onestopwebmasters.com

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Mengelola Kreativitas Blogging Ala Alex Osborn

  1. masbro says:

    Tulisan yang seger Mas, bikin semangat untuk terus ngeblog dan berproses..

  2. Adi says:

    Wah tulisan yg sngat menginspirasi sekali,aku juga kadang2 gak pnya ide untk posting,tp stlh membaca tips2 di atas aku jd tau solusi mengatasi kehabisan ide

  3. KD says:

    Dengan kiat dan metode yang disampaikan mas darin, seorang blogger akan semakin memiliki posting yang segar, bermanfaat dan berkualitas sesuai dengan topik yang di usungnya. Nice Share Mas Darin.

  4. adetruna says:

    dahsyat sekali menyerang pembacanya om Darin… Pembaca bukannya ‘takut’ malah SENENG!

    Benar2 Happy Blogging ๐Ÿ˜€

  5. airyz says:

    ijin bukmark biar ga lupa om. hehew :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *