Mengenal Berbagai Tipe Konsumen Ketika Berbelanja Online, Andakah Salah Satunya?

Posted on

Artikel ini ditulis oleh Nino Adris dari Espay.id (Penyedia Jasa Payment Gateway Indonesia Terbaik)

Dalam menjalankan sebuah bisnis jual-beli, termasuk bisnis e-commerce yang tengah nge-hits belakangan ini, tentu Anda akan menemui konsumen dari berbagai macam karakter dan latar belakang. Dalam prakteknya, berbagai karakter itu langsung maupun tak langsung terasa dalam proses pembelian sebuah produk. Ada yang perlu ratusan chat untuk lebih yakin dengan pilihannya, ada yang cukup dengan melihat gambar produk sudah langsung klik add to cart, dan lain-lain.

Mengapa? Karena sebenarnya ada beberapa tipe dan sifat berbelanja konsumen yang seharusnya diketahui pelaku bisnis online. Ingin tahu?

Ok, berikut tipe-tipe konsumen yang berkaitan langsung dengan sifat belanjanya:

1. Tipe Innovator

Biasanya konsumen dengan tipe belanja seperti ini adalah mereka yang memiliki tingkatan sosial cukup tinggi. Kebanyakan dari mereka juga berbelanja online melalui aplikasi dari beberapa smartphone yang mereka miliki. Google pun mendata, sebanyak 64% dari konsumen yang berada di level ini akan sangat senang bila mendapatkan sebuah notifikasi baru dari sebuah online store ataupun e-commerce favorit mereka.

Tipe transaksi yang dipilih pun adalah pembayaran melalui internet banking atau menggunakan kartu kredit, yang tentunya melalui pemilihan sistem payment gateway Indonesia terbaik dan teraman untuk meminimalisir resiko.

2. Early Adopter

Konsumen tipe ini berada di tingkatan level sosial dan pendapatan yang lebih rendah dibandingkan tipe sebelumnya. Akan tetapi, mereka sudah cukup mahir dalam melakukan pembelian melalui berbagai perangkat yang berbeda-beda. Secara umum, konsumen dengan tipe seperti ini biasanya lebih suka mencari informasi mengenai toko online ataupun e-commerce melalui mesin pencari seperti Google terlebih dahulu. Mereka selektif dan cenderung lebih berhati-hati dalam pemilihan baik produk maupun penjual produknya.

Dan dari segi transaksi, konsumen tipe ini memilih untuk membayar secara konvensional melalui transfer ATM, meski ada juga sebagian dari mereka yang lebih melek memakai jasa internet banking. Yang perlu Anda tahu, satu hal yang menarik dari konsumen tipe ini adalah mereka sangat menyukai setiap diskon yang ditawarkan oleh produk yang mereka incar lho.

3. Gap-Tech

Tipe konsumen selanjutnya adalah mereka yang “gap-tech” atau gagap teknologi. Walau memiliki tingkat pendapatan yang tinggi, namun mereka lebih suka berbelanja hanya melalui satu perangkat saja. Mereka lebih suka bila mendapatkan informasi hanya berdasarkan apa yang merk tersebut berikan, tanpa melihat iklan atau pun notifikasi yang ada.

Yang membuat konsumen tipe ini sedikit tertinggal adalah dalam hal pembayaran transaksi belanja. Mereka lebih memilih untuk melakukan proses transfer sendiri di ATM. Dan mereka pun tergolong lebih visual, alias lebih menyukai melihat barang secara langsung agar dapat merasakannya terlebih dahulu.

4. Late Bloomers

Mereka adalah konsumen tipe baru yang baru mengenal e-commerce dimana mereka memiliki pendapatan yang rendah dan setidaknya hanya memiliki satu perangkat. Uniknya, justru konsumen dengan tipe seperti inilah yang aktif dan rutin memberi berbagai produk di e-commerce ataupun toko online.

Tak hanya itu, tipe konsumen seperti ini lebih mementingkan diskon yang besar daripada memperhatikan kualitas barang. Dan untuk urusan pembayaran, mereka lebih percaya dengan cara tradisional yaitu Cash on Delivery (COD).

Nah, dari keempat tipe konsumen di atas, Anda termasuk tipe yang mana? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *