Rahasia Menggali Ide Postingan Blog Yang Tak Lekang Oleh Zaman

Ngeblog adalah sebuah aktivitas online yang sungguh menyenangkan. Disini kita bisa berlatih menulis, mengeluarkan isi hati, fikiran, uneg-uneg juga opini tentang suatu permasalahan tertentu. Dan tanpa seorang editor galak di ujung sana yang membenarkan atau menyalahkan, sekali kita klik publish, detik itu pula tulisan kita langsung nongol di web dan dapat diakses oleh orang-orang di seluruh dunia. Asyik sekali, bukan?

Ngeblog Itu Asyik

image courtesy: stopandbreathe.com

Topik tulisan pun suka-suka. Sesuai slogan you are what you blog, sebuah blog adalah pencerminan yang unik dari sang narablog di belakangnya. Jadi ngga heran jika blog-blog yang kini mapan memang berawal dari blog ber-genre personal yang notabene mengeksplorasi kegemaran dan hobby. Contoh, Darren Rowse yang gemar fotografi. Sebelum melejit dengan problogger.net-nya, ia lebih dulu mengawali karir ngeblog di blog yang membahas seputar fotografi. Dan banyak lagi blogger-blogger yang sukses berawal dari blog personal karena hanya dengan cara itulah passion blogging akan terasah. Lha tema-nya ngga jauh-jauh dari kita sendiri kok.

Namun anehnya, meski sudah menyetel topik personal di blog, kadangkala kita dihadapkan pada kondisi stuck alias ngga tau bahan apa lagi yang mau ditulis. Blogger’s block pun datang tanpa diundang, dan bila tak diatasi sesegera mungkin, bukan mustahil momentum ngeblog akan kocar-kacir ke titik nadir.

Apa solusinya?

Mungkin sudah banyak tips-tips di luar sana yang Anda temui, wacana-wacana hebat seputar menggali ide postingan blog, juga tulisan-tulisan keren seputar tips menemukan ide tulisan yang disampaikan baik oleh pakarnya maupun newbie sekalipun. Tapi jika Anda masih merasa haus dan masih butuh belaian kasih sayang yang lain *apaan sih?* Mungkin solusi yang akan saya uraikan berikut ini yang Anda cari.Β Ready?

Sebelumnya siapkan selembar kertas, tulis My Blog di tengah-tengah halaman, dan buat empat lengan di sekelilingnya. Just like this

Mencari Ide Postingan Blog

Tulis di masing-masing lengan: Biografi, Hobby/Kesukaan, Hal-hal yang ingin diketahui dan Hal-hal yang dibenci/ditakuti. Sudah? Ok, pertama kita kembangkan lengan Biografi.

Menggali biografi di blog

Sebagai contoh, hal-hal yang akan digali pada lengan Biografi Anda adalah asal-usul Anda, pendidikan dan pekerjaan. Ingat, ini hanya sekedar contoh, karena Anda sendiri yang paling tahu hal-hal apa yang bisa dikembangkan di lengan ini.

Nah, di lengan asal-usul, Anda bisa saja mengembangkannya seperti berikut:

Asal-usul di Blog

Begitu pun dengan lengan pendidikan dan pekerjaan.

Faktor Pendidikan di Blog

Faktor Pekerjaan di Blog

Sekedar tips, prinsip 5W1H (What, Where, Who, When, Why dan How) sangat berperan disini, karena dengan cara itu kita dapat lebih leluasa menguraikan. Ya, apa, dimana, siapa, kapan, mengapa dan bagaimana adalah permulaan kata yang tepat untuk brainstorming topik-topik tulisan nantinya.

Beralih ke lengan Hobby. Di sini – agar lebih spesifik – Anda bisa membaginya menjadi dua, yaitu indoor dan outdoor. Indoor untuk kegiatan atau hobby Anda yang dilakukan di dalam ruangan, sedang outdoor sebaliknya, yaitu aktivitas kegemaran yang dilakukan di luar ruangan. Contoh pengembangannya:

Mengembangkan Hobby Ngeblog

Dengan prinsip 5W1H, kembangkan juga lengan-lengan yang lain beserta anak lengannya, sehingga terbentuk jaringan ide berupa mind map yang bisa Anda buat postingan secara tersendiri ataupun gabungan dari ide-ide tersebut. Inilah salah satu keistimewaan blog personal. Kita takkan kekurangan ide tulisan selama kita mampu tuk terus mengembangkan jaringan ide ini.

Mencari Ide Tulisan Blog

Kelebihan lainnya, kita bisa memilah topik mana yang sifatnya privacy dan mana topik yang dapat digali untuk lebih luas lagi cakupannya. Yes, you know about yourself betterΒ than anybody else.

Oya, untuk membuat jaringan ide postingan blog seperti di atas, saya menggunakan software Mind Map ManagerΒ yang bisa Anda unduh versi trial-nya di sini.

Ok, selamat berkreasi dan menggali ide postingan blog, kawan! :)

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging and tagged , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Rahasia Menggali Ide Postingan Blog Yang Tak Lekang Oleh Zaman

  1. Bahasa Blog says:

    Pembahasan yang menarik mas, semoga dengan begitu akan melahirkan atau merevitalisasi blogger menjadi lebih baik lagi. Oh iya mas.. sebagai bahan referensi untuk maps gratis, mungkin bisa dicoba juga di mind42 dot com

    Semoga bermanfaat, sukses selalu untuk mas darin :)

  2. waahh saya belum pernah membuat jaringan ide seperti itu mas.. biasanya sih ide2 yang mendadak aja yang dijadiin bahan postingan.. apalagi saya suka ikut kontes, jadi udah ada yang bantu mo nulis tentang apa.. hehe πŸ˜€

  3. kettyhusnia says:

    ide yang cemerlang..selalu! harus main kesini dulu biar nambah ilmu..ah, suka aku dengan ilmumu mas..:) makasih ya!

  4. Ramy says:

    wow! berguna banget nih, mas.. thanks udah sharing, langsung praktek biar gak ada lagi blogger’s block datang πŸ˜€

  5. marsudiyanto says:

    Lengannya bercabang2…
    Itulah yang sering disebut diagram pohon…
    Semakin diasah, diagram pohon kita pasti tambah rimbun…

  6. Cahya says:

    Walau pun dengan brain storming, kadang banyak yang masih kesulitan menemukan apa yang ingin dituangkannya – saya adalah salah satunya :D.

  7. menyimak, biar ada ide nulis terus… dan rame pembaca… :)

  8. @dhanz_ztya says:

    Mantebb saya suka cara menggali ide dengan mindmap ini mas.. memang hal seperti ini aplikatif banget…

  9. Ami says:

    kalo di sekolah, bikin kurikulum memang menerapkan tentang 5W1H. tapi soal postingan paling sering malah ide muncul pas komen di blog lain atau ngobrol dengan orang di dunia nyata.

    ada satu kejadian ya… aku kenal dengan blogger yang gelisah dan suka banget ngetweet apa yang dimakan, apa yang dirasakan, serta kegelisahannya apa. dia muallaf, menyembuhkan diri dari patah hati ditinggal pacar nikah, sempat terjebak pergaulan keliru dan obat-obatan terlarang.

    misal dia tweet ngomong kotor, aku nulis di Islam bicara kotor itu gak boleh. kalo dia emosi, aku nulis Islam ajarkan kesabaran. kalo dia nulis pengen gabung aliran keras Islam, aku bahas Islam sebetulnya ajarkan kedamaian.

    Dia gak pernah mengunjungi blogku semenjak sadar aku awasi, tapi ada perubahan dari tulisan-tulisannya. sekarang baru saja berhenti ngetweet dan posting, ada kalimat mau menjalani hidup baru pindah ke luar negeri tempat dia dilahirkan (ibunya orang asing)

    tapi dari aku sendiri sudah banyak kok ide nulis, waktunya aja yang belum ada. asal rajin survey, satu postingan mesti membuka banyak referensi di blog lain, kadang butuh ngadem di gramedia juga sambil buka-buka buku, jarang beli buku sih kalo gak penting banget…

  10. kirana says:

    Kalau tidak salah, diagram seperti itu disebut “Mind Maping” di buku “Quantum Learning”. Tertarik dengan gambar yang Pak Darin tampilkan di tulisan ini, sepertinya Mind Maping-nya dibuat dengan menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi apa itu, Pak? Sepertinya menarik. Terima kasih.

    Salam,

    • Dendy Darin says:

      Pakai apllikasi Mind Map Manager mbak. Link download-nya saya sertakan di akhir tulisan.
      Iya, dgn aplikasi ini membuat mind map jadi lebih mudah dan fleksibel. Pertama-tama memang agak susah soalnya belum familiar. Tapi lama kelamaan ya asyik juga. Coba saja mbak :)

  11. Kimi says:

    Kebetulan sekali, Mas Darin. Saya sekarang sedang blogger’s block. Mungkin tipsnya ini bisa dicoba. πŸ˜€

  12. tidar says:

    mantap!
    ternyata banyak ide segar di sekitar kita yg siap dituliskan menjadi aretikel di blog ya

  13. Lilih Prilian Ari Pranowo says:

    Aku pernah coba dulu banget. Tapi malah pusing. Yah, karena blog aku idenya soal personal kenapa gak angkat soal2 personal pula. so, akhirnya saya punya segudang ide buat nulis. Stuck? nengok kiri kanan aja…

  14. Angga says:

    wah.. professional banget ‘tutrial’ nya bro, mantap
    coba saya terapin deh

    klo saya sebenernya dari kejaian yang sedang terjadi atau yang saya alami aja, terua apa esensinya
    lalu sya analogikan dengan kisan di anime tertentu aja he he

    • Dendy Darin says:

      Analogi ke anime itu yang jarang2 saya temuin mas. Mantep banget deh, hehe πŸ˜€

  15. herusularto says:

    terima kasih gan. kalo blog saya, isinya hanya hal-hal yang baru saja saya alami, sebenernya juga pengen sih, nulis artikel umum yang bisa bermanfaat sampai beberapa tahun ke depan, tapi masih bungung mau nulis apa. hehehe

    • Dendy Darin says:

      Wah, ini mengingatkan saya juga mas, bagaimana caranya agar artikel kita tetap bisa bermanfaat di tahun2 mendatang. Trims pencerahannya mas πŸ˜€

  16. jarwadi says:

    tips nya keren, kalau mau membuat tulisan bagus memang cara ini seharusnya dipakai. saya menulis sebatas asal asalan menggerakan jari di keyboard saja :)

    thank s sharing nya mas darin

    • Dendy Darin says:

      Sama-sama mas Jarwadi. Ini sebenarnya tips lama, saya hanya memolesnya saja agar lebih menarik πŸ˜€
      Senang bisa bermanfaat :)

  17. andi sakab says:

    saatnya gali ide…

    wah ternyata link softwarenya ada toh. sedotttt…

  18. Ramzi says:

    terima kasih gan buat pencerahannya, ni moga saja saya lekas dapat ide baru untuk menulis postingan

  19. Syakir says:

    Mantap, dengan mindmap kita jadi lebih mudah untuk menemukan ide kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *