Reality Show: Blogosphere Mencari Bakat

Reality show, reality show, reality show. Acara dimana drama, surprise, kadang persaingan, kadang berpelukan, tawa, keringat dan kebersamaan, tumpah ruah di alur sebuah ajang kompetisi. Pemerannya tak sebangsa artis, pun tak kenal paras. Khalayak umum dari ujung antah berantah hingga mengkilapnya rumah nun bak istana, dipersilahkan tuk naik di panggung yang sama.

Apa itu berlaku pula di panggung virtual bernama blogosphere? Sepertinya iya. Tiap episode, lahir blog-blog baru yang mencari peruntungan di tengah sesaknya dominasi mereka-mereka yang berlabel lawas. Newbie tak berbekas di sini, karena semua bakal terlihat sepadan. Ya, semua sepadan dalam kesempatan.

Here they are

Katakanlah blog kita berada di panggung itu, Blogosphere Mencari Bakat. Beraudisi, mengeluarkan segala upaya tuk menjerat perhatian blogosphere yang haus akan konten-konten baru.

Dan satu yang bakal jadi pertanyaan: apa yang bisa kita persembahkan?

Selamat beraudisi! 😀

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging, Inspirasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

86 Responses to Reality Show: Blogosphere Mencari Bakat

  1. Pertamaxxx kah ?

  2. Saya sangat sependapat sekali,gak ada newbie yang panjang umur ( kecuali dia sendiri yang memperpanjang umurnya ) semua bermanuver begitu cepat…siapa yang bisa menghadirkan bacaan yang menarik hati, pasti akan cepat mendapatkan “tempat” di Blogosphere…dengan tema apapun..asal penyampaiaanya “cantik dan menarik”…

    • Darin says:

      Cantik dan menarik, saya suka itu bli 😀
      Tips-tips tentang bagaimana menarik pengunjung blog sudah sangat sesak. Padahal ya larinya ke itu2 juga, alias bagaimana kita menemukan keunikan kita sendiri agar ‘terlihat’ di rimba blogosphere yg makin lebat ini… *jadi kayak Tarzan deh* 😀

  3. Agus Siswoyo says:

    Saya mau menyajikan tari ular aja deh. Nggak bikin ribet dan lumayan bisa menakuti cewek-cewek centil. 😀

  4. noersam says:

    nulis keong racun ma belah duren pasti rame..he he..semangat buat ngeblognya

  5. Sugeng says:

    Biar newbie biar lawas yang penting tetap semangat pagi terus 😎 karena berbagi tidak pernah rugi 😛
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • Darin says:

      Sip pak, nothing to lose. Banyak berbagi = banyak menerima, mungkin itu ibaratnya.
      Salam hangat kembali dari Kupang :)

  6. iskandaria says:

    Setiap penulis blog saya rasa punya bakat tersendiri. Tapi kalau nggak diasah, ya nggak keliatan bakatnya. Boro-boro mau terbentuk. Lalu, gimana sih cara mengasah atau memunculkan dan kemudian membentuk bakat tersebut? Kalau menurut saya, rajin-rajinlah menulis dan bereksperimen dengan hal-hal baru (dalam kaitannya dengan ngeblog).

    Ibarat Indonesia Mencari Bakat, tim juri dalam dunia blogosphere ialah para pengunjung blog kita (yang sangat beragam latar belakangnya). Dalam kompetisi di dunia blogging, masing-masing blogger berlomba-lomba memikat dan mencuri hati para juri tersebut 😛 (lewat bakat masing-masing). Ada yang punya kemampuan humor di atas rata-rata. Tulisan/posting apa pun yang dipublish menjadi penghangat suasana hati pembacanya.

    Di sisi lain, ada yang berbakat menjadi penyejuk. Ada pula yang menjadi penerang, penunjuk arah/jalan, pembangkit gairah, dan sebagainya.

    Lalu pertanyaan terakhir, siapa yang akhirnya menjadi pemenang di akhir kompetisi?

    • Darin says:

      Di situ intinya mas. Dalam proses mengasah bakat, kadang blogger sudah ilfil duluan karena sebab-sebab tertentu. Padahal saya pernah baca, sebuah blog baru bisa menemukan kestabilan itu setelah 6 bulan beroperasi. Artinya selama itu pula narablognya harus tetap terus memberi konten, mengoptimasi dan menemukan2 kemungkian2 yg sekiranya cocok diterapkan.

      Hehe, ya. Jurinya adalah pengunjung loyal dan Google. Mereka sama dalam memindai, namun beda dalam hal prioritas. Google hanya melirik kata kunci, sedang pengunjung manusia sangat beragam orientasinya. Betul kata mas Is, begitulah kira2 gambarannya :)

      Pemenang di akhir kompetisi? Sepertinya di sini bukan para juri yang menentukan. Yang menentukan adalah kita2 selaku blogger sendiri. Betul begitu mas? :)

      • Itu dia mas, polling sms ditentukan oleh pengunjung blog. Dan yang menentukan siapa yang bakalan menang atau kalah bukan juri, tapi peserta sendiri.
        Pilihan ada 3:
        1. Maju untuk menang
        2. Diam ditempat dan tenggelam
        3. mundur dan keluar. *jangan maju-mundur dan keluar loh ya*

  7. Cahya says:

    Yang paling ujung kanan mirip Mas Ganda :)

  8. Catatan Hery says:

    curang…wajah saya kok dipakein topeng ninja sih! 😀

  9. tomi says:

    hihi,, bener mas,, di dunia ngeblog sebenarnya secara tidak langsung sudah terjadi blogsphere mencari bakat.. blog yang rajin update dan bukan copas biasanya akan lolos seleksi dan akan bersaing dengan blogger lain..
    kuncinya ketekunan dan juga percaya diri dan tentunya bukan fokus di masalah $$$
    kalau ngeblog cm pengen dapat $$ sudah pasti gak akan bertahan lama (kecuali master atau ada yg mengajari 😀 )

    btw photo karikatur saya mana mas darin> hehehe

  10. kang ian dot com says:

    saya disini untuk ikutan audisi mas..hehehe

  11. Masjid Kita says:

    wah kapan ini?!?!?! bisa segera di realisasikan sepertinya :)
    pasti saya ikutan deh bagaimanapun cara yang diperlukan :p agar rating.. eee.. rankink melesat bak meteor :p

    • Darin says:

      Konsisten aja bikin konten2 yang sobat sukai plus bermanfaat bagi yang lain. Saya kira itu sudah cukup buat modal audisi 😀

  12. Hendro says:

    Tidak ada kompetisi !
    Kita berbeda-beda tetapi jangan sampai terpecah, tetaplah menjadi kesatuan yang kuat. Jangan anggap itu kompetisi. Tapi anggaplah itu kreasi dan imajinasi yang pada akhirnya melahirkan hasil untuk diri sendir maupun bermanfaat bagi orang lain.

    • Darin says:

      Maksud kompetisi di sini adalah kompetisi pada diri sendiri bang. Bagaimana kita memacu diri kita tuk terus berkarya lewat konten2 blog. Adapun jika ada persinggungan, saya lebih suka prinsip: take it or leave it. Kalau saya tidak sepaham dengan sebuah blog, ya sudah, mending tinggalkan dan gunakan waktu kita untuk lebih fokus pada pengembangan blog sendiri.

      Saya baca komentar Bang di blog kafegue. Sebenarnya kalo jujur, itu juga yang ingin saya ungkapkan ttg blog tsb. Tapi kemudian saya sadar, itu ga akan merubah apapun. So, lebih baik kita selektif saja lah, mencari teman2 yang asyik tuk sama2 beraudisi. Setuju? hehe 😀

    • iskandaria says:

      @Hendro,
      Kalau menurut saya kompetisi dalam arti yang positif bang. Makna kompetisi kan tidak selalu negatif. Dengan adanya kompetisi, kita jadi terpacu untuk mengeluarkan yang terbaik dari dalam diri kita. Kalau tidak ada kompetisi, mungkin kemampuan terbaik kita tidak akan pernah keluar.

  13. wah, saran mas, itu tiap animasi ada nama orang2 yang sering komen bakal lebih rame tuh 😀

    tp di blogsphere memang menyenangkan!
    selama bisa memberikan sesuatu yaang bermanfaat, tidak peduli berapa lama mulai blogging tetap mendapatkan sambutan yang baik :)

    • Darin says:

      Ngga sampai hati mas, yang ada nanti saya digontokin orang banyak hahaha 😀
      Setuju mas, mari kita beraudisi melawan diri sendiri tuk terus memberi konten bermanfaat! *tos* :)

  14. andi sakab says:

    ketik reg spasi blogger darin kirim ke 9ribu3 :mrgreen:

    sebaiknya ada produser lewat yang mau ngasih job kalo engga ya tetap aja lewat… pemenang tapi engga ada keberuntungan kedepannya 😀

    • Darin says:

      Awas lho sekali REG nanti susah UNREG-nya haha
      Yup, produsernya siapa lagi kalo bukan kita sendiri, bikin konten sendiri, oprek blog sendiri, optimasi sendiri, makan dan nyuci sendiri… *eh*

  15. mas-tony says:

    Ya semua sepadan dalam kesempatan, namun kreasi tiap narablog bisa jadi berbeda dan perbedaan itu tidak perlu dipermasalahkan…. Konten yang kita sajikan belum tentu diterima orang lain, begitu juga sebaliknya.
    Yup Audisi buat diri kita sendiri, I like it.

    • Darin says:

      Setuju mas tony, kalau semua sama dan sealiran, wah, betapa tidak berwarnanya blogosphere ini! 😀
      Masing2 punya keunikan dan kekuatan sendiri. Just explore it in the maximum ways :)

  16. Ami says:

    Mas Darin, jadinya ketawa aja di belakang panggung. Abis komennya semua bercanda aja. Niatku pengen menghibur yang patah hati aja, hehehe…

  17. irvina says:

    BAHAHAHA LOL 😛

  18. Aldy~PF says:

    Yang berbakat banyak kok mas, cuma yang mampu mengasah bakatnya sampai ‘matang’, itu yang jarang.

  19. Joko Sutarto says:

    Wah, saya ketinggalan ikut audisi. 😛 Semalam ketiduran jadi ketinggalan berkomentar. Kalau menurut saya setiap blogger adalah pribadi yang unik jadi rasanya tidak usah terlalu berkecil hati akan tersisih dalam kompetisi di blogosphere. Semua punya peluang untuk tampil naik panggung dan menjadi seleb blogger di blogosphere, kok.

    Gali atau eksplore terus keunikan itu dan jangan minder berhadapan dengan blog-blog blogger seleb. Semua pada akhirnya nanti akan jadi blogger seleb. Ya, minimal awalnya di blog dia sendiri dulu.

    Happy blogging buat semuanya! :)

    • Darin says:

      Nah, sodara2, tambahan yang bagus dari Pak Joko ini bisa jadi masukkan yang mantap! Sip pak! *jabat erat berpelukan* 😀

  20. wits says:

    Setiap blog itu lahir dari ide sang pemilik blog, artinya setiap blog memiliki konten sendiri yang khas, bener gak?
    salam sobat

  21. Sky says:

    Wah, sampai skrg sy msh bingung mw persembahkan apa buat blogosphere 😀

    audisinya mungkin akan terjadi terus sepanjang masa, selama masih ada yg mw blogging. 😀

    Saya sih mendukung semua blog dlm audisi itu 😀 selama itu tdk berkonten SARA, dewasa dan judi 😀

  22. Danu Akbar says:

    Kalo di blogsphere, bakat bukan dicari. Tapi keluar dengan sendirinya. hehe.. :)

    Salam, Danu Akbar.

  23. kamu pasti bakal jadi juaranya.. 😀

  24. Zainur Rochim says:

    ikutan mas, daftarnya dimana ya?he3x…telat nih dapat pertamax, minta jatah minyak tanah aja deh

  25. Kim says:

    Wah, dapetnya kursi belakang. Gakpapa deh.
    Yang penting halal.. 😀

    Hmm.. Audisi ya? Apa bakat saya ya mas? 😀

  26. agoest says:

    mencari bakat apaan mas?
    kalau bakat menulis semua blogger sudah berbakat tuh…kalau mencari paling berbakat soal SEO semua juga jago…
    gimana kalau mencari blogger paling berbakat dalam mencari bakat blogger?
    bingung tow?

  27. vanmovic says:

    wuiz, saya pasti yg paling kecil itu, hahaha :)

    mau ngasih persembahan ah buat pengunjung saya
    jurus napak tilas *kaburr

  28. Erdien says:

    Berkaitan dengan gambarnya aza ya: :)
    Ternyata Kang Darin bisa buat kartun juga ya? Bisa buat ilustrasi dunk Kang!
    Dalam penulisan buku pelajaran, saya seringkali memerlukan gambar ilustrasi.
    Nah, sekarang nemu nieh, langsung tembak aza Kang :)
    Berapa harga per ilustrasi?
    Nanti kalo harga cocok dan pas saya butuh ini, saya kontek Kang Darin :)

    Waleran Kang Darin diantos ku abdi di vierdien@gmail.com nya! :)

  29. Jefry says:

    Semacam Kontes SEO sepertinya juga bisa ya.. ???

  30. awe says:

    masih dibuka ngga kontesnya??

  31. Pingback: Bagaimana Atmosfir Blog Anda Hari Ini? | darinholic

  32. Alvie says:

    mau terkenal ah, tapi sebelumnya cari bakat saya dulu 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *