Resolusi Juara 2012: Semua Orang Punya Resolusi, Tapi Tak Semua Bisa Jadi Juara

Posted on

Resolusi juara 2012. Lagi?

Sebelum sobat eneg karena terlalu sering membaca artikel tentang ini dan buru-buru cabut tunggang langgang, ada baiknya sobat mendengar dulu fakta menyedihkan berikut ini:

Resolusi itu teramat mudah dibuat, tapi sangat sulit tuk menjadi juara di penghujung tahun.

Mengapa begitu?

Karena saya sudah mengalaminya sendiri men. Awal tahun 2011 silam saya membuat sebuah resolusi. Digambar di secarik kertas, dan dengan pede-nya saya mencurahkan tujuan-tujuan, semua impian dan segala hal yang ingin dicapai di tahun depan. Ya, dari hal sepele seperti misi untuk berhenti merokok hingga mimpi besar tuk menghajikan orang tua, pokoknya apa saja yang terlintas di kepala dan sekiranya logis untuk diwujudkan, saya tulis tanpa ampun dan terkecuali.

Efeknya memang bagus. Badan enteng, fikiran lega, dan jadi luar biasa nyaman karena seakan rasa optimis menyelubungi setiap helaan nafas dan desiran nadi ini *gombal level akut*

Lalu, nah ini anti klimaksnya, seiring jam beringsut menjadi hari, hari pun berganti minggu, minggu berganti bulan, kuartal, semester, kemudian.. crot, eh lha kok udah mau ganti kalender lagi? Lalu, lha kok lupa sama resolusi, bahkan mendadak lupa apa itu yang namanya resolusi? Lalu, lha kok sekarang berani-beraninya saya nulis tentang resolusi? Ngaku jago bikin resolusi tapi syarat untuk menjadi juara jaraknya bak langit dan bumi?

Kacau. Ini ngga banget. Sampai kemudian akhirnya saya menemukan satu alasan paling manjur untuk ngeles: introspeksi. Ya, saya harus introspeksi diri. Kenapa sih saya ngga bisa mewujudkan impian yang dengan gegap-gempitanya saya canangkan sendiri di awal tahun silam, dan kemudian sempoyongan dan memble di akhir tahun? Ini pasti ada penyebabnya.

Dan setelah melewati perenungan panjang, salah satu penyebabnya adalah karena kurang maksimalnya saya menggunakan teknologi internet.

Catet: kurang maksimal menggunakan teknologi internet!

By the way, sebagai seorang blogger yang bercita-cita nyemplung di bisnis internet, bisa terhubung secara online adalah sebuah keharusan.Β Dan itu ternyata sulit.

Sedikit curhat, di awal tahun 2011 kemarin saya mendapat pekerjaan di Papua di sebuah perusahaan konsultan yang bergerak di bidang pengawasan jalan yang berkantor pusat di Abepura, Jayapura. Dan untuk mendukung kegiatan online saya, sayapun membeli sebuah modem bermerk Wellcomm seri W238G yang sudah ditanam dengan kartu perdana SimPATI didalamnya. Minggu pertama saya asyik sekali. Layanan paket Flash Volume Based cukup menggigit juga di Jayapura. Tapi kemudian nasib berkata lain, karena minggu berikutnya saya ditugaskan untuk menjadi Inspector di lapangan tuk mengawasi proyek pembangunan jalan di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Resolusi Juara 2012

Disana saya benar-benar mati kutu. Sinyal jaringan Telkomsel Flash melalui modem sama sekali tak terdeteksi meski ada tower BTS dari Telkomsel yang berdiri, dan memang cuma Telkomsel satu-satunya operator selular yang beroperasi di Oksibil. Jadi, kegiatan browsing saat itu ya hanya lewat handphone, atau kalau lagi ngebet berat, saya lari ke warnet dengan tarif 10 ribu perjam dengan listrik yang setiap waktu bisa mati karena genset kehabisan solar. Gimana online mau maksimal, coba?

Akhirnya, Here We Go: Resolusi Juara 2012!

Ok ok, sepertinya ini menjurus-jurus tuk mencari kambing hitam, dan saya ngga mau berlama-lama meratapinya like a loser. Jadi, demi mewujudkan cita-cita tuk menjadi seorang problogger yang masih menggebu, resolusi juara kali ini adalah: tahun 2012 ini saya canangkan sebagai tahun online!

Langkah pertama, saya akan memasang jaringan telepon (PSTN) di rumah saya yang masih direnovasi di daerah Klaten. Kedua, mendaftar layanan Telkom Speedy FlashΒ dan menikmati konten-kontennya. That’s it.

Ngga muluk-muluk, tapi kalau didukung oleh teknologi internet, apapun bisa jadi muluk, bukan?

Bagaimana dengan sobat, punya resolusi sendiri dan siap untuk menjadi juara di akhir tahun nanti? Buat Resolusi Juara 2012 versi sobat sendiri dong πŸ™‚

70 thoughts on “Resolusi Juara 2012: Semua Orang Punya Resolusi, Tapi Tak Semua Bisa Jadi Juara

  1. Resolusi juara dari saya, semoga di tahun 2012 ini. Semoga saya bisa menjadi seorang “blogger” yang lebih, dari tahun 2011 kemarin. Mungkin hanya itu saja? πŸ˜†

  2. Lomba yah, semoga menang mas.

    Btw kalau aku pribadi, alhamdulillah resolusi 2011 banyak yang tercapai. Mudah-mudahan demikian juga dengan 2012, soalnya mulai menaikkan level goal.

    Semoga di tahun 2012 tidak hanya sekedar menjadi catatan belaka

  3. Saya juga seperti itu adanya mas, resolusi kemarin banyak yg jadi tulisan… semoga ke depan makin menampakkan kenyataannya..
    Semoga menang ya mas, aamiin..

  4. selamat tahun baru, semangat baru, semangat untuk sebuah pencapaian baru…
    tretetetett…. dar… der… dor…

    menang menang menang…. πŸ˜€

  5. walau sulit, tapi mesti tetep optimis kan gan. tahun ini harus menjadi juara, semangatttttt

  6. Alhamdulillah mas darin, dua tahun lalu resolusi saya tembus di tahun kemarin, meski kurang sempurna tapi patut disyukuri hasilnya. Tahun ini saya juga punya resolusi dan insya Allah terlaksana amin. Mampir mas, lama kan nggak main ke “rumah”? muehehehhee

  7. Wah 10rb perjam, jadi mikir di jaman sekarang tapi didaerah papua memang menjadi sesuatu banget ya “benda” yang bernama internet ini πŸ˜†

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. Betul banget pak Sugeng. Kalau di daerah kota seperti di Jayapura sih ga jadi masalah. Cuman kalau udah ke pelosok2 itu yang kadang bikin ill feel hehe.

      Salam hangat jg dari Solo pak πŸ™‚

  8. semangat kang, semoga lekas terwujud keinginanya, wah papua gimana aman terkendali kang hehe….

  9. sebetulnya, yang jadi masalah bukan cuma onlen doang mas. banyak hal untuk sukses di dunia maya. dulu mikir saya juga begitu.

    sesadarnya, yang jadi masalah ternyata diri ini. bukan karena jiwa daku melempem lho. yeah, pikiran manusia kan nggak bisa bekukan untuk tetap mengerjakan yang itu-itu saja. apalagi saya tipe yang suka ngelamun banyak hal. imajinatif kata John Lennon. Kreatif kata Yoris Sebastian. dan itu yang suka melanturkan tujuan.

    daku rasa, kalau yang jadi masalah belum suksesnya menyukseskan resolusi di tahun sebelumnya. perlu dilihat apakah resolusi itu terlalu muluk or resolusi itu terlampau banyak. sehingga melelahkan diri kita. jika terlalu cepat berlari kan nggak bisa nengok kiri-kanan.

    nah, beberapa aja yang ditetapkan. tahun kemarin saya menetapkan cuma satu: kawin! dan sukses. dan tahun ini, saya menetapkan beberapa, salah satunya blogger saya meningkat pengunjungnya dalam tiga bulan mendatang. itu saja resolusi dalam ngeblog.

    but, mas darin is a great.

    btw, rumahnya klaten ya? saya jogja mas. btw lagi, ada acara kopdar nggak mas, mbok saya diajak. masih newbie nih kulo.

    trims mas salam kenal dari saya, blogger jogja.

    1. Imajinatif atau perfeksionis mas? πŸ˜€

      Wah, selamat ya, selamat mengarungi bahtera hidup yang baru! *tos* Iya, goal itu harusnya lebih spesifik tapi bisa meng-cover semua.

      Aduh, saya sampai sekarang juga belum ngerasain kopdar-an mas πŸ˜€ Ok, nanti kapan2 kita kontak2an aja kopdar bareng. Jogja kan deket, oks?

      Salam kenal kembali dari blogger Solo! πŸ˜€

  10. Masalahnya Speedy Flash menggunakan koneksi dari Telkomsel Flash mas πŸ˜€
    Jadi ya, gimana ya? Hihihih πŸ˜€
    Btw, sayang gak sempat ketemuan waktu di Jayapura ya πŸ™

  11. wah mantbs nih artikel boleh tuh share ke tmpat ane ya dan salm silaturahim bang atau bu n kunjungi blik blog saya klu perlu koment yah

  12. Jangankan disana mas, wong di kota Pontianak aja masih banyak blankspot access kok. Ya itulah kelemahan infrastruktur kita, gimana mau maju dan berkembang jika bentuk dukungannya seperti itu. Tapi gpp mas, jangan sampai keterbatasan itu membatasi tercapainya resolusi mas ya. Trims…

  13. wah, resolusi yang ngga muluk2, online bisa dimanapun. Kayaknya sekarang kalau ngga online serasa ngga makan siang πŸ˜›

  14. Hadir pagi dengan membawa dukungan penuh sob,selamat berlomba semoga sukses and happy blogging aje.

  15. Sama dengan di Serui boy,baru masuk satu BTS saja yaitu Telkomsel.
    Sesungguhnya resolusi juara 2012 itu sudah ada juaranya,saya.Juara manakala saya sudah bisa memberi suport dan mengenal sobat di form ini,dan ini tentunya berkat Speedy.Yang blom juara adalah sobat dimana diform komentarku blom ada nama sobat.Salam kenal and salam sukses dari Serui.

    1. Halo Raihan. Mendukung atau tidak mendukung sepertinya itu bukan pokok masalah. Yang jadi masalah adalah ketika kita ‘memaksa’ sekaligus ‘dipaksa’ untuk mendukung, itu saja.

      Btw, saya sebenarnya agak terdiskriminasi jg untuk berkomentar di blog Raihan, karena yang komen harus punya akun google. Tapi it’s okey. Done!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *