Seriously, Ngapain Sih Kita Ngeblog?

Agak lucu memang kalau menanyakan hal beginian. Ngapain sih kita ngeblog? Lha, ya udah jelas lah, kan buat bla bla bla dan bla bla bla. Tapi kalau ditanyakan lagi: itu serius? Hmm, ya gitu deh, karena bla bla bla dan bla bla bla.

Tipikal kita banget kan? πŸ˜€

Sebenarnya ini pertanyaan yang ditujukan untuk saya pribadi juga. Ngapain ya saya ngeblog di darinholic.com ini hingga akhirnya – alhamdulillah yah, sesuatu banget – bisa bertahan selama setahun?

Nah, sebelum berbusa-busa menjelaskan dan saling tindih-menindih adu argumentasi karena memang masing-masing dari kita punya versi jawaban sendiri-sendiri, gimana kalau kita memilih tuk melihat dari sudut pandang berikut:

Perlakukan blog Anda sebagaimana Anda menjalankan sebuah bisnis nyata yang beromzet miliaran rupiah.

Sekarang, bagaimana pandangan Anda tentang blog Anda tersebut?

Gagasan ini saya dapatkan setelah membaca artikel bagus dari John Chow yang berjudul How To Make 2012 Your Best Blogging Year EverΒ (harus baca kalau Anda mengaku seorang blogger! Recommended!) yang di salah satu poin tips-nya adalah Take Your Blog Seriously.

Because a blog cost next to nothing to start, most bloggers don’t take it as seriously as they should. If you want your blog to advance beyond the hobby stage, you need to take it seriously and treat it like a real business.

Blog sebagai hobby, it’s ok. Namun – cepat atau lambat – suatu hari nanti kita pasti akan menyadari betapa dahsyatnya pengaruh blog bagi perkembangan pribadi maupun dari sisi finansial. Mas Arief Maulana pernah menulis tentang efek blogging bagi personal branding, mas Agus Siswoyo menohok dengan tulisannya yang berjudul Cukup Satu Tahun Menjadi Newbie, dan mas Hengky pun gembar-gembor menyoal hobi ngeblog yang akhirnya bisa menghasilkan uang.

Jadi maksudnya serius untuk mencari uang di blog?

Nope, bukan itu intinya. Blog hanyalah sebuah media. Dan media tugasnya adalah menyebarkan pesan. Apa yang kita tulis di blog sebenarnya adalah berupa pesan-pesan – baik jelas maupun tersamar – yang kelak dapat menentukan apakah blog kita memiliki nilai (value) atau tidak.

Tengok kisah Duto Sri Cahyono yang hobby memelihara burung dan menuliskan pengalaman-pengalamannya di blog omkicau.com. Kalau saja dulu ia tak serius dan menaikkan level blogging-nya, mungkin saat ini blog tersebut cuma sekedar curhat keseharian tentang burung thok. Juga mbak Isnuansa yang meski terkesan santai namun serius menggarap blog hingga bisa membawanya ke Disneyland Hong Kong sana.

See? Itu hanya dua contoh diantara ribuan blog yang mungkin pada awalnya iseng lalu kemudian mulai serius dan memperlakukan blog layaknya sebuah bisnis nyata.

Serius Ngeblog? Why Not?

Sumber gambar: sbcacommunity.com

Well, mungkin momen di awal tahun 2012 ini bisa jadi pemicu yang membawa kesegaran baru di aktivitas blogging kita. Banyak yang sudah membuat resolusi dan bahkan resolusi juara. Tapi ya gitu, planning tanpa mindset yang jelas ya sama saja seperti halnya sudah punya rencana hebat membuat empal gentong yang enak tapi ngga tau empal gentong itu apa *yang ketawa pasti orang Cirebon* πŸ˜€

Don’t let 2012 be the year you’ll give blogging a β€œtry” or make a half-hearted effort to start blogging again. Instead, make this year the year you take your blog to the next level because your blog is just as serious as a $100,000 β€œreal” business.

Ok, siap mister!

Bagaimana pendapat Anda, masih memperlakukan blog sebagaimana adanya, atau kesentil-sentil dengan artikel ini dan mulai serius?

Share komentar atau buat postingan yang menyangkut hal ini di blog Anda sendiri πŸ™‚

Share Button
This entry was posted in Blogging and tagged , , , . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

35 Comments

  1. Posted 06/01/2012 at 17:22 | Permalink

    Kemarin rileks dan santai, sekarang giliran seriously…

    • Posted 06/01/2012 at 17:52 | Permalink

      Santai dalam menulis, serius dalam tujuan. Nggak salah kan Pak? πŸ™‚

  2. Posted 06/01/2012 at 17:42 | Permalink

    artinya blog sebagai sarana, jalankan saja dengan passion

  3. Posted 06/01/2012 at 17:55 | Permalink

    Wah kalau saya blog masih cuma sebatas tempat ngeluarin unek2 πŸ™

  4. grandchief
    Posted 06/01/2012 at 17:58 | Permalink

    Kesentil deh πŸ˜€

    Tahun ini harus punya arti mas blognya dan bisa menghasilkan nilai yang lebih *sambil nunjuk diri sendiri πŸ˜€

  5. ibnmalik
    Posted 06/01/2012 at 19:49 | Permalink

    memang benar bahwa blog adalah sebuah industri, sebagaimana yang dikatakan oleh seorang narasumber dalam kopdar blogger nusantara..
    menurut saya langkah awal untuk blog kita adalah membuatnya menjadi lebih spesifik (tematik), sebab itu yang akan menjadi ciri khas blog kita nantinya.. πŸ™‚

    • Posted 07/01/2012 at 09:38 | Permalink

      Ber-niche spesifik memang bisa jadi salah satu kekuatan. Seperti blognya agan malik. Mantap punya πŸ™‚

  6. Posted 06/01/2012 at 20:33 | Permalink

    Mungkin jika tidak ada alasan khusus untuk menulis, saya tidak akan berhenti menulis jika alasan itu hilang :).

  7. Posted 06/01/2012 at 20:57 | Permalink

    Value kita bisa lebih di mata orang lain diabndingkan yang punya keahlian tapi gak bisa menuliskannya… Ada point lebih seorang blogger yaitu dia menulis, dan menulis itu pasti suka membaca… banyak membaca lebih banyak ilmu pula…

    • Posted 07/01/2012 at 09:46 | Permalink

      Paradoks yang bagus mas Dhan. Memiliki kemauan untuk menulis lambat laun malah bisa mengungguli mereka yang punya keahlian tapi tak menuliskannya. Saya ga bisa membayangkan jika setiap pengusaha sukses di Indonesia menulis pengalaman2 inspiratifnya di blog, pasti sangat dahsyat sekali ya? Sayang, baru sedikit yg bisa begitu.

  8. Posted 06/01/2012 at 23:57 | Permalink

    Ngeblog ibarat pacar kedua. Kalau nggak ketemu sehari aja rasanya gemanaa getooo…! πŸ™‚

    Ngeblog sebagai sebuah kebutuhan menjadikan seorang blogger memiliki keterikatan batin dengan blog yang dikelolanya. Nggak peduli ape kate orang, apapun yang kita tulis ada buah pemikiran untuk yang melibatkan kreatifitas.

    Kalau para penulis buku teks bilang menulis adalah sebuah budaya kaum intelektual, maka saya mengatakan ngeblog adalah perpaduan intelektualisme dan melek teknologi. πŸ™‚

    • Posted 07/01/2012 at 09:48 | Permalink

      ‘Tak peduli ape kate orang’ πŸ˜€ Ini nonjok banget mas Agus. Dan perpaduan budaya itu.. oh, so sweet, that’s why I love blogging! πŸ™‚

  9. Kaget
    Posted 07/01/2012 at 00:18 | Permalink

    sabar mas,… ini kayaknya tekan gas pool ya. Kemarin2 malah updatenya ngga rutin. πŸ™‚
    pelan2,…. biasanya start kenceng menjelang finish ngos2an πŸ˜€

  10. Posted 07/01/2012 at 05:45 | Permalink

    banyak yang ngeblog dapet tambahan finansial. mungkin kalo aku lebih ke arah kepuasan batin ya. perjalanan spiritual dan tulisan yang belum kelar-kelar juga di blog catatan tanpa nama.

    aku ke Bali dianterin blogger muter2… ada teman ngobrol, sharing. Waktu ke Surabaya juga. Karena umurku di atas mereka memotivasi mereka dong. Sok jadi Mario Teguh…

    Ada yang di jakarta blogger status FBnya lagi pertentangan batin nanya kapan ke Jakarta.

    Eh, ada juga yang wawancarai aku untuk tugas kulish berkaitan dengan indigo segala. Menurutku akan banyak dapat rejeki tak disangka kalo kita rajin berbagi…

    Maaf jarang komen… #soksibuk

    • Posted 07/01/2012 at 09:53 | Permalink

      Nah, Ami juga membuktikan sendiri kan gimana sebuah hobi menulis menyalurkan kepuasan batin bisa membantu orang lain dan bahkan dapat rejeki dari sana? Saya kepingin banget lho Ami bisa gabung di domain self-hosting. Disini potensi Ami akan bener-bener lebih kerasa bedanya. Soal keamanan karena spam dan komentator ‘vampire’, ga akan jadi masalah.

      Sibuk jalan-jalan ya? πŸ™‚ Have fun!

  11. Posted 07/01/2012 at 08:27 | Permalink

    blog kadang disayang kadang dilupakan..hehe
    selain niat..mari kita ngeblog rutin di awal tahun ini πŸ˜€

  12. mashengky
    Posted 07/01/2012 at 08:53 | Permalink

    JC itu tipikal authority blog. saya justru senang dengan authority blog, karena susah di awal tp kalo udah ngetop bakalan kebanjiran duit dari semua penjuru..

  13. Posted 07/01/2012 at 11:24 | Permalink

    tentang blog adalah media saya setuju. ibaratnya blog hanyalah seperti secangkir gelas. :mrgreen:

    Adapun keuntungannya dan manfaatnya saya rasakan secara pribadi banyak juga.

    Sedangkan keuntungan secara finansial dari blog hanya salah satunya.

    seperti komentar bli cahya di atas.

    “Mungkin jika tidak ada alasan khusus untuk menulis, saya tidak akan berhenti menulis jika alasan itu hilang”

    Dan saya setuju. menjalani semuanya seperi air yang mengalir :mrgreen:

  14. Posted 07/01/2012 at 23:56 | Permalink

    saya di tahun 2012 ini malah pengen ngeblog untuk menulis dan berbagi pengalaman pribadi mas..
    ide2 liar malah lebih enak daripada harus nulis berdasarkan topik / niche blog hehe

    • Dendy Darin
      Posted 08/01/2012 at 02:52 | Permalink

      Wah, kembali ke gado-gado yang nikmat itu mas Tom? Hehehe, it’s oke, yg penting enjoy, betul? πŸ˜€

  15. arief maulana (AM Profesional)
    Posted 08/01/2012 at 07:02 | Permalink

    Aku sih dari awal ngeblog ga pernah ya tak perlakuin gitu-gitu aja. Blog is my machine. Punya power of media yg ga kalah dengan media-media lainnya, hanya saja bersifat personal.

    Lewat blog kita bisa menjadi apapun yg kita mau.

  16. Posted 08/01/2012 at 14:53 | Permalink

    hehehe..sentilan sentilun πŸ™‚
    semoga suatu saat nanti, blog saya menjadi bertema ga kayak sekarang ini ah..pengennya sih ga sekadar membuang curhat di atas layar..tapi mengeruk uang dari berjuta kalimat..i hope !
    btw bukunya sofie beatrix dah ketemu mas..makasih ya. memang menarik

    • Dendy Darin
      Posted 08/01/2012 at 19:43 | Permalink

      Wah sip mbak Ketty. Ketemu dmana? Gramed? Ok, sharing reviewnya ya πŸ˜€

  17. Posted 10/01/2012 at 10:13 | Permalink

    Awal ngeblog tujuannya macem-macem mas ^^
    Ada yg cuma buat curhat, ada juga yg buat nyari duit.
    Tapi lama-lama tujuannya mengkerucut..
    Jadinya ngeblog ya buat ‘pelepasan’ aja..
    Sesuai judulnya ‘Refresh My Mind’. Kalo lagi pengen cerita ya cerita, kalo lagi pengen ‘sok’ bikin artikel, ya ‘sok’.. ^^ Intinya nulis apapun yg kita suka. Hehehe

    Oia, jadi blogger yang lebih serius itu salah satu resolusi saya untuk tahun ini loh. Hehehe..

  18. Posted 28/01/2012 at 19:19 | Permalink

    wah bener itu mas, saya juga dulu ngga ngurusi blog, cuma dengan rajin nulis setiap hari di blog dan disebarin, luar biasa perbedaannya, itu cuma 3 minggu mas, gimana kalo 1 tahun ? liat deh ke blog saya *promosi,hiraukan πŸ˜€

    • Dendy Darin
      Posted 29/01/2012 at 11:58 | Permalink

      Hehe, hebat mas Albab bisa nulis tiap hari. Sip mas, lanjutkan! πŸ™‚

  19. Posted 21/03/2012 at 20:58 | Permalink

    wah keren mas artikelnya,

    saya baru mau mulai konsen ngeblog lagi nih, jadi semangat..! πŸ™‚

  20. Posted 07/02/2013 at 13:54 | Permalink

    Hahahaha… Gue lagi ngelakuin ini sekarang…
    Blogging seriously is about seriously having fun. πŸ˜€
    Main ke blog gue klo ga percaya… Ada yg semangatnya ngelebihin gue gak?

    • Darin
      Posted 09/02/2013 at 19:41 | Permalink

      Aje gile, blog situ super duper asyik bro.
      Mantap dah! πŸ˜€

3 Trackbacks

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*