Teruslah Ngeblog

Posted on

Di penghujung tahun 2010 kemarin, sempat saya berfikir untuk meninggalkan dunia blogging. Selain dihinggap rasa bosan, ada beberapa alasan lain yang tentu tak etis ditulis di sini.

Masa itu, karena project sebagian besar telah usai dan saya tak mau laptop ini jadi alzheimer gara-gara jarang dipakai, *ngeles mode on*, saya memalingkan diri ke kebiasaan lama. Main game strategi berdurasi panjang macam Civilization, berhaha-hihi di room YM, ataupun melahap buku-buku yang lama tak tersentuh di laci, tak pelak jadiΒ  pengenyang schedule sehari-hari.

Saat itulah saya dapati quote dari buku saku kecil yang berjudul Inspirasi Kata-kata Bijak Tokoh Dunia. Dan satu dari sekian banyak quote, berikut ini yang paling berkesan…

Sebuah karya akan memicu inspirasi. Dan jika Anda berhasil, teruslah berkarya. Jika Anda gagal, teruslah berkarya. Jika Anda tertarik, teruslah berkarya. Jika Anda bosan, teruslah berkarya. (Michael Crichton)

Jika Anda bosan, teruslah berkarya. Wow, keterlaluan sekali! Bosan kok disuruh terus berkarya. Saya tutup lekas-lekas buku itu, dan kemudian lanjut ngoprek laptop.

(image source: google)

Sejam, dua jam, duh entah kenapa kata-kata Crichton itu masih terngiang? Ok deh, saya nyerah! Saya memang bosan dan saya juga mau terus menulis di blog, but how it could be? Dan singkat kata singkat cerita, seperti yang sudah saya posting beberapa waktu lalu (baca: Complicated, Eureka dan Cinta), I need a new home. Yah, inilah hasilnya, DarinHolic.com.

Ada pelajaran tersirat dari Crichton untuk blogger seperti saya, atau syukur-syukur kena bagi sobat semua. Dan itu adalah:

1. Setiap postingan mengandung makna. Yup, apapun postingannya minumnya teteup teh botol sosro *eh*. Artinya, tulisan kita yang terpublish pasti ada yang membaca, entah manusia atau robot pencakar google, yang pasti ada lah yang mengakses. Buktinya, postingan Hello World blog ini ada juga yang komentar, baik beneran maupun spam. Berarti ada yang baca tho?

2. Puja-puji dari komentar bisa jadi bumerang. Kadang saya heran, postingan ala kadar saya disebut bagus. Keheranan itu berlanjut di setiap saya ingin menulis, yang berakibat simultan, yaitu saya berusaha agar postingan baru ini lebih bagus dari yang kemarin. Sekali dua kali mulus. Lama-lama? Stres! Kalau sudah akut, bisa alergi nengok blog sendiri *haha*. So, sekarang mah santai-santai sajalah. Dipuji, hayuk, dicaci, boleh. My Blog My Rules!

3. Kebosanan adalah pancingan tuk membuat sesuatu yang baru. Bukan sekedar membuat blog baru lho. Saya ngga menyarankan itu. Intinya, pasti ada yang perlu diperbarui, baik dalam hal mind set blogging, gaya menulis, boleh juga cat ulang layout template. Untuk saran sih, segeralah membuat blog dengan hosting dan domain sendiri dengan platform WordPress. Why? Taste-nya beda. Coba saja sendiri. Dan untuk permulaan, bisa lewat cafebisnis πŸ™‚

Sekelumit posting dari sejumput quote, yah, hanya sekedar berbagi, bahwa kapanpun sobat semua merasa bosan ngeblog, teruslah ngeblog!

80 thoughts on “Teruslah Ngeblog

    1. Salah satu hal yang membuat saya betah ngeblog adalah karena saya punya visi dan misi (bukan kampaanye caleg lho ya πŸ™‚ ) I’ve got the feel! Dan ini yang perlu dimiliki setiap blogger supaya nggak stagnan dengan kebosanan.

      1. Yup, feel itu juga yang nular ke saya mas.
        Ngga salah ada pepatah: Gaul sama tukang minyak, bakal kecipratan baunya, hihi πŸ˜€

    2. Numpang pertamx ahhhh. Bener banget mas, kadang gw juga ngerasain hal yg sama. Filosofinya padi aja, bagus atau buruk model tulisan kita itu adalah proses untuk ke arah yang lebih baik. Thanks 4 the motivation πŸ˜€

        1. kaya ikalan susu ae ya hingga tetes terakhir.

          pernah kepikiran sih buat wp tapi kesan pertama buat wp ko kecewa mungkin karena sinyalnya lagi jelek. akhirnya diurungkan buat wp sampe sekarng.

  1. Saya sudah pernah mengalami masa-masa jenuh ngeblog itu, Mas Darin. Dan sempat beberapa lama ndak update blog. Tapi kerinduan nulis itu selalu datang. Saya ndak tahu apakah jiwa saya memang sudah menyukai nulis sejak kecil sehingga sulit lepas dari dunia yang satu ini.

    Masa pasang surut atau kebosanan itu selalu ada. Dan itu sangat manusiawi. Jika kita tidak punya rasa bosan, mungkin tak akan ada inovasi, tak kan ada kreativitas di dunia ini. Bukankah inovasi dan kreativitas seringkali juga bisa dimulai dari sifat kebosanan itu? πŸ™‚
    Jadi mari terus sama-sama ngeblog, Mas Darin.

    1. Wah setuju sekali pak. Betul itu. Kreativitas dan inovasi kadang hadir dari kebosanan. Adanya mobil mungkin gara2 kita bosan menunggang kuda.
      Mari pak, lanjuuut! πŸ™‚

  2. Saya menemukan komentar seorang bloger di blog sahabat yg lain…mengatakan bahwa banyak blogger yang hanya bisa menulis β€œsampah” diblognya sendiri atau

    Asumsi saya blogger tersebut pasti sudah ahli di bidangnya. Blogger tersebut bisa memindai tulisan-tulisan sampah di blog orang karena dia jauh lebih ahli dalam menulis tulisan sampah di blognya sendiri.

    BTW, kenapa juga harus sangat sedih? Saat ini memiliki blog atau menjadi blogger bukanlah hal yang istimewa. Dalam 10 menit, saya bisa membuat 5 buah blog kalau koneksi lancar. πŸ˜€

    1. Hahaha, analitis yang bagus mas Ardian! Saya jg ga ngerti, kenapa disebut sampah? *mikir*

      Sedih itu, mungkin karena kita trlanjur menyelami pergaulan di blogosphere terlalu jauh. Jadi bisa sangat sensitif saat ada hal2 yang tak pantas – meski itu opini – beredar. Yah, membuat blog memang gampang mas, yang susah konsistennya itu. Betul? πŸ™‚

    2. waktu baca komentar seperti itu..saya juga sempat berpikir..beliau pasti seorang penulis yang aktif, hasil tulisan bermutu dari hasil pemikiran yg juga hebat

      Dan dengan bersemangat saya segera ke tempat beliau..ternyata yang saya temukan biasa saja…seperti tulisan saya yg hanya curhat ga jelas hehehe

      Kenapa sedih? Jelas sedih…Itulah tadi..kita mengkotak2kan diri kita. Seolah ada yg istimewa diantara kita ..padahal seperti Mas Ardianzz katakan…tidak ada yg istimewa ..Saya pikir bukan masalah kuantitas..atau berapa blog yg bisa dibuat…tetapi bagaimana lebih kepada menghargai tulisan orang…tapi bukan pula harus jadi penjilat hehe..

      Semua kembali kepada manusianya..semua orang boleh perpendapat berbeda bukan?

      1. Berarti prinsip teko ada benarnya ya bu? Kalau teko kopi pasti keluarnya kopi. Kita tak bisa berharap yang keluar teh manis anget nan segar hehe
        Gimana mas Ardianzz? πŸ™‚

  3. bosan?? semua blogger pasti pernah merasakannya dalam ngeblog
    termasuk saya, kalau boleh berbagi mas..untuk saya pribadi menganggap ngeblog sebagai kesenangan bukan kewajiban yang memberatkan, blogwalking akan saya lakukan semampu saya, nggak ngotot, ngga ngoyo..

    Komentar memang bisa menjerat dan mengelabui, untuk itu saya tidak membatasi teman. Datang dan pergi, manis atau sepet, semua jadi ornamen indah di blog.

    Saya pernah merasa sangat sedih… Saya menemukan komentar seorang bloger di blog sahabat yg lain…mengatakan bahwa banyak blogger yang hanya bisa menulis “sampah” diblognya sendiri atau ada yang membatasi teman hanya untuk yang punya traffic di bawah 1 juta..dengan alasan keamanan SERP

    Itu yang membuat kita jadi cepat bosan karena terkurung dalam batasan peraturan-2 yang kita buat sendiri.

    So..semoga dengan darinholic.com ini bisa terus berkarya dan berbagi pikiran dan pengalaman… jangan berhenti, krn gaya menulis dan analisis dalam tulisan Mas Darin sangat baik. Love It.

    1. Kok jadi sama ya bu? Saya juga pernah melewati tahap itu, dimana perasaan jadi gamang saat ada opini2 tak jelas dalam perbloggingan. Itu membuat acara ngeblog jadi ngga asyik lagi.

      Amin bu. Dan terima kasih apresiasinya πŸ™‚

  4. Saya juga sekarang sedang dihinggapi kebosanan dalam ngeblog apalagi disaat pekerjaan kantor semakin banyak dan koneksi inet yang semakin lemot akhir-akhir ini. Memang sangat sulit untuk melawan rasa bosan tersebut ya bro? Semoga saya bisa segera keluar dari area tersebut sehingga tidak cepat pensiun dini…

  5. masa terbaik dalam ngeblog ya bosan lalu hiatus. hehe liburan beberapa saat biasanya akan membantu untuk fresh lagi saat kembali ke blogosphere πŸ™‚

  6. lhaaa? kok sama mas nasib kita? wkwkwk…
    saya sih baru pertama baca quote diatas, tapi ga ngerti saya sadar darimana untuk terus berkarya. πŸ™‚

    Saya juga pernah lo mengalami hal ini: “Kalau sudah akut, bisa alergi nengok blog sendiri *haha*.”

    hmmm, mas Darin ini produktif sekali, kemarin lusa kesini, sekarang dah ada beberapa posting baru. mantep mantep!

    1. Masih kebawa suasana rumah baru mas, hehehe πŸ˜€
      Moga-moga ke depannya ga alergi lagi! Maju terus WP-nya mas! πŸ™‚

  7. artikel di blog aku kayak sampah juga gak ya??
    banyak muji berlebihan, padahal aku-nya menulis dengan ala kadarnya,, hihi,, πŸ˜€

  8. Hehehe…sama mas sebenarnya lagi bosan juga nulis blog krn bnk org2 yg kenal aku merasa tersinggung dengan tulisan. Akibatnya rada hati2 klo mw nulis hal2 aneh. Jadinya ya…stuck.

    Tp sprt yg mas blg, my blog my rule, gw mw nulis apa aja, ndak peduli mw dibaca atw ndak. Atw ada yg tersinggung, bodo πŸ˜€ kan sy ndak berniat nyinggung.

    Intinya…viva blogging. πŸ˜€

    1. Berarti tulisanmu trlalu vulgar sky, coba cari inti masalahnya saja, dan kembangkan sesuai imajinasi. Kalau cuma ambil mentahnya aja ya gitu, kadang banyak orang salah persepsi. Just my thought πŸ™‚

  9. masalah kebosanan saya kadang jg dihinggapi mas.. makanya kalau saya perlu refresh.. semua yg dijalani terlalu teratur dan sering memang kadang membosankan..
    tp ya itu tadi, ngeblog jg bs menyenangkan..
    pokoknya terus ngeblog GO GO blog! πŸ˜€ begitu semboyan saya di akhir postingan πŸ˜€

  10. Eh mas Darin , makasih ya udah menuliskan kembali kata kata Michael Crichton. Kalimatnya asyik, bikin saya segar kembali untuk berkarya.

  11. Welah, punya rumah baru to? Tambah bagus nih tampilannya…
    Btw, saya setuju poin nomer 3. kalo bosen, jangan terus berhenti. Bosen tandanya kita butuh sesuatu yang baru, lha kalo berhenti berarti kan gak ada yang baru to? Hehehe…

    Btw, saya mau minta tolong Bung Darin jadi endorser naskah terbaru saya. Kira-kira bersedia tidak ya? πŸ˜€

    1. Boleh bung, email saya saja ya di darinholic@yahoo(dot)com πŸ™‚
      Akhirnya bisa melihat Bung Eko online lagi πŸ˜€

  12. Soal bosan… wkwkwk… lagi cinta-cintanya ngeblog nih. sampe-sampe aku nulis di postinganku kayak lagi honeymoon.

    Tiap hari ada hal menarik, dan tiap hari selalu berhasrat menulis. Apalagi kalo lagi traveling, ketemu temen lama dengan suasana baru, selalu ada pencerahan.

    Salut sama mas Darin yang komentatornya selalu banyak. Aku sih malah merasa nyaman kalo cuman dikit. Selalu ada yang ngingetin aku, eh, ini privacy lho, jangan ditulis. Apalagi yang pernah ngasih spesial bingkisan buat aku, pasti wanti-wanti ingetin aku. Tersentil dengan kalimat mas Darin “tidak etis untuk ditulis disini”.

    Suka nekat untuk nulis yang sedikit pribadi, bagaimanapun juga ada kode etik tersendiri menulis yang baik-baik saja.

    Life is beautiful, masak iya sih gak ada hal menarik untuk ditulis lagi? Yang ada karena lagi suntuk aja. Kalo hepi, pasti meluap-luap semangat 45 untuk menulis. Kayak kalo aku ketemu temen lama ngobrol bisa berjam-jam, sharing, rasanya kekurangan waktu untuk saling berbagi. Menceritakan kejadian-kejadian yang begitu menggairahkan hidup kita…

    1. Hohoho, saya salut sama kamu Mi. Bisa menjadikan menulis sebagai hal yang rekreatif πŸ˜€
      Lanjutkan Mi, tebarkan hal2 yang inspiratif! πŸ™‚

  13. saya malah merasa kangen sendiri kalo nggak menulis

    nggak ada peralatan buat ngeblog saya ngoprek kertas dalam tas

    saya corat coret sekenanya

    nanti baru di masukin blog

    saya juga gila menulis

    sehari saya sampe belasan postingan

    sayang rasanya nggak berbagi hal sama orang yang suka mampir ke blog kita

    walaupun itu hanya sampah…

    1. hus, yg bilang sampah siapa emang? πŸ™‚
      Kalau kita berfikiran tulisan kita sampah, ya nnti lambat laun yg membaca juga ikutan ngerasa lho.
      Enjoy saja! ^_^

  14. salam kenal mas….
    saya merupakan pendatang baru….mungkin tulisan ini akan menjadikan panduan saya untuk memulai ngeblog, semoga saja saya tidak di hinggapi perasaan yang sama seperti mas ya….makasih tulisannya mas

  15. kalo ane mah sebelum target selesai dicapai, belum mau pensiun ngeblog :))
    kalo bosen tinggal tidur aja seharian, hehe

    *bingung ah mo komentar apa *kaburrr πŸ˜€

  16. Kunci untuk mengatasi kejenuhan yaitu mencari variasi baru dalam ngeblog. Yach, variasi dalam bentuk apa aja deh. Poin lain yaitu punya visi ke depan. Jadi nggak sekedar iseng atau mengalir. Visi saya sudah jelas, yaitu dalam beberapa bulan ke depan trafik harian blog saya harus meningkat menjadi rata-rata di atas 300-an per hari. Kalo sekarang baru 100-an aja.

    Visi lain saya, tahun 2011 ini blog saya sudah harus bisa menghasilkan uang πŸ™‚ Semua itu akan saya capai dengan fokus menulis pada bidang yang saya sukai dan kuasai. Plus selalu berusaha menyajikan semaksimal dan sebaik mungkin bagi pembaca.

    1. Pandangan Mas Is ini bisa mewakili resolusi2 blogger pada umumnya, termasuk saya hehe.
      Betul mas, visi itu yang perlu diasah. Bila tumpul segera diobati. Jangan seperti pengalaman saya di atas, sampe mlungker ga keruan saking stresnya haha πŸ˜€

  17. tetap semangat om darin…..masalah bosan….pernah ngalamin juga….ketika..mencoba..menulis namun tak bisa tertuliskan..akhirnya…padahal…banyak yang mau dituangin….untuk saat ini hanya sekedar menulis yang ringan-ringan dulu aja om…he..he….selamat dengan rumah barunya..semoga tambah semangat…

  18. wah sama mas kadang saya juga suka bosan bukan hanya sekdar update juga blogwalking xixi penyakit kronis yang klasik yaaa saya setuju dengan judulnya teruslah ngeblog go go go nulis lagi aahhh

  19. Wah menemukan artikel ini disaat sisa-sisa semangat ngeblognya mulai habis,semoga tetap bisa bertahan ngeblog Mas darin,untuk saya sendiri dan teman-teman blogging yang lain sich πŸ˜€

  20. Terus ngeblog terbukti mampu mendongkrak kemampuan diri. Siap2 dapatin lompatan kualitas deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *