The Next BIG Thing: Antara Gairah Dan Kejelasan Tujuan Dalam Blogging

Dulu, sewaktu ada kesempatan main ke Jakarta, saya sering dibuat heran dengan ritme hidup teman, saudara dan kenalan yang kebetulan bekerja disana. Berangkat pagi-pagi saat masih gelap, pulang pun malam dikala hari benar-benar gulita. Ekstrim betul!

Belum lagi saat menengok di jalanannya, semua orang terlihat seperti mahluk-mahluk yang sedang diburu sesuatu. Berjalan cepat, kadang setengah berlari, dan sebagian malah bener-bener lari sprint ala Usain Bolt.

Saya fikir, ini gila. It’s kind of madness.

Dan di saat itulah alam bawah sadar saya tetiba saja mengikrarkan sebuah cita-cita: I won’t live my life in that way. No way!

Tapi nyatanya, jalan hidup tak melulu sejalan dengan cita-cita.

Anda percaya hidup itu penuh dengan ketidakpastian? Sebaiknya Anda begitu, karena – konon – selain jodoh, rezeki dan maut yang memang sudah pasti, segala hal yang berada di antaranya adalah ketidakpastian. Kita pasti mendapat jodoh, tapi tak bisa memastikan orangnya yang mana. Kita pasti mendapat rezeki, tapi tak pasti berapa jumlahnya. Pun kita pasti menemui maut, tapi – lagi-lagi – tak tahu pasti kapan datangnya.

Hukum ketidakpastian ini pulalah yang menimpa saya. Tiada hujan dan tanpa angin, kini saya malah ‘termakan’ dengan cita-cita saya sendiri: saya malah melakukan persis apa yang dulu saya sangat hindari. Ya, menjadi mahluk yang terkesan selalu terburu-buru, meski ngga tau pasti apa atau siapa yang sedang mengejar di belakang.

Tapi bagian terbaiknya adalah: I enjoy it very much!

Well, walau terasa berat di awal, tapi kini saya bisa sangat menikmati setiap momen kecil yang terjadi di keseharian. Meski harus berdesakan di KRL dan berpeluh di jalanan panas ibukota, ritual ini seakan membawa saya pada satu keyakinan.

Ya, saat ini adalah apa yang saya yakini sebagai batu loncatan terbesar.

This is my Next BIG Thing!

Menemukan Gairah Blogging

Anda pun pernah merasa begitu? Pernah merasakan juga adanya sebuah titik balik dalam kehidupan yang seketika memberi Anda gairah (passion) dan kembali memperjelas tujuan (purpose) hidup dan harapan Anda?

The next big thing adalah ungkapan yang saya temukan di buku Your Journey To Be The #UltimateU yang pernah sedikit saya review di artikel yang lalu. Dalam buku itu, Rene Suhardono – sang penulis – dengan gayanya yang khas, menggugah kita untuk selalu berfikir dalam sebuah gambaran yang besar, a big picture.

Kalimat terbaiknya ada di definisi sukses yang mengarahkan kita tuk menjadi pribadi terbaik versi kita sendiri (self-best). Dan itu – saya yakin – sangat berkaitan erat dengan kehadiran gairah dan kejelasan tujuan. Passion plus purpose.

Nah, lalu bagaimana dengan blogging?

Saya kadang membayangkan kegiatan blogging dan pekerjaan itu seperti atlit yang sedang memegang tongkat, yang bila saya memegang satu ujungnya, ujung yang lain jauh dari pegangan. Karena memang dari pengalaman, ketika saya condong sibuk di pekerjaan, kegiatan blogging cenderung menjauh – atau lebih tepat, dijauhkan.

Padahal tak selalu seperti itu kan? Blogger-blogger lain nyatanya ada juga yang bisa tetap rajin update blog meski pekerjaan mereka pun bisa dibilang penuh dengan kesibukan. Apa rahasianya?

Mungkin mereka-mereka adalah yang telah menjadikan blog sebagai The Next BIG Thing, sesuatu yang besar. Sesuatu yang melengkapi irama kehidupannya, dan mereka selalu membakar passion hari demi hari sehingga tujuan dari kegiatan blogging akan jelas dengan sendirinya. Mereka adalah pribadi-pribadi yang sudi terus mengasah kemampuannya hingga menjadi versi diri mereka yang terbaik lewat blogging. Mereka jelas-jelas berada dalam lingkaran kesuksesan.

Dan pertanyaan selanjutnya adalah: apakah kita, saya dan Anda juga termasuk dalam lingkaran tersebut?

Seperti petuah Arnold H. Glasgow:

Success is simple. Do what’s right, the right way, at a right time.

Bisa jadi inilah saat yang tepat itu. Who knows?

Anda punya pendapat? Atau jika Anda punya tips untuk dapat tetap menjaga gairah dan tujuan blogging, share please, ya, ya? :)

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

21 Responses to The Next BIG Thing: Antara Gairah Dan Kejelasan Tujuan Dalam Blogging

  1. kalau menurut saya sih tujuan blog tuh banyak sekali diantaranya ingin memperkenalkan pada dunia bahwa kita sanggup menulis juga seperti orang0orang yang berkegiatan di blog kalau tidak kita bisa ambil refrensi dari luar sana

  2. alamendah says:

    Saya juga heran sekaligus salut kepada sobat2 yang rutin blogging (posting dan blogwalking) setiap hari. Saya mau ngikut rutin posting dua hari sekali aja lebih sering gak berhasilnya. 😀

  3. adetruna says:

    jadi inget lagu, fix you..

  4. yadibarus says:

    belakangan memang aku sudah mulai BW dan update postingan, besar manfaat yang aku peroleh, disamping persahabatan dengan sesama blogger, juga menambah pengetahuan buat aku pribadi, selain itu aku sekarang lebih mantap dalam berbicara didepan umum. Jadi memang lebih baik kita sering update post dan BW.

  5. cara membuat says:

    saya juga lagi mencari apa sebenarnya yang bisa kita dapat dari ngeblog ni mas.. :)

  6. renaldazwari says:

    aku mah kalo sibuk, ada ide nge-blog, bisa aja…

    tapi pas santai, gak ada ide, tetap aja blog gak ada update’an…

    intinya sih: ada ide, ada niat

  7. donny says:

    visit balik ya gan

  8. Wah, saya juga begitu sob. Kadang kalo lagi semangat ngeblog, tugas ditinggalin. Kalo lagi semangat nugas, blog ditinggalin. Kayanya harus lulus dulu kuliah biar bisa fokus. Hehe

  9. applausr says:

    seperti yang sering saya tulis di blog saya.. tujuan saya ngblog adalah belajar nulis dan berteman… lebih dari itu semoga jadi manusia yang lebih berguna saja…

  10. isnuansa says:

    Menjadikan blog sebagai The Next BIG Thing?

    Hmmm… *berpikir*

  11. Pingback: Kiat Tetap Berkreasi Dalam Keterbatasan | Darinholic dot Com

  12. Pingback: Kalau Mau Kreatif, Yang Lain Cuekin Aja | DarinHolic dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *