Theme Satisfaction – How Fast Can You Load?

Beberapa hari ini saya memang sedang kepingin banget optimasi blog, baik dari segi tampilan, kecepatan load maupun kembali ber-brainstorming ria mengenai konten-konten yang nantinya akan diangkat.

Dan untuk urusan theme – oops – entah kenapa saya kepincut lagi dengan TwentyTen. Selain banyak direkomendasikan oleh para blogger, simple dan powerful, theme ini pun mudah dikostumisasi dengan child theme. Nah, pembuatan child theme ini lah yang kini jadi menu utama sehari-hari. Yoi, meski berbagai versi sudah banyak tersedia, namun tetep aja ada beberapa feel yang kurang di sana-sini jika itu bukan buatan tangan sendiri *hehe*. Dan untuk sementara, biarlah kesederhanaan TwentyTen mengisi kekosongan sebelum child theme-nya lahir.

Oh ya, sekedar untuk mendokumentasikan performa loading blog ini sebelum berganti theme, saya iseng-iseng membandingkan kecepatan load-nya dengan beberapa blog sahabat. Dengan bantuan fitur tes perbandingan kecepatan di whichloadsfaster.com, berikut review singkatnya:

Tes Kecepatan Loading Blog

Uhuy, loading-nya 3,5 kali lebih cepatΒ dari diptara.com, blognya Pak Joko πŸ˜€

Tes Kecepatan Loading Blog

Hmm, masih lebih cepat 2,6 kali dari blognya Kang Andi :)

Tes Kecepatan Loading Blog

Kalau dibandingkan kafegue.com nyerah deh, narablognya keren sih πŸ˜€

Tes Kecepatan Loading Blog

Well, ga jauh beda dengan blog-nya Bli Cahya :)

Tes Kecepatan Loading Blog

Setali tiga uang dengan agussiswoyo.com, draw! *tos* ah πŸ˜€

Memang banyak faktor sih yang mempengaruhi performa loading blog. Pemakaian plugin, kecepatan jaringan net dan tentu saja kemampuan codingΒ bloggernya ikut ambil bagian dalam menentukan seberapa cepat loading sebuah blog. Belum lagi masalah estetika dan feel tadi yang seleranya subyektif pada masing-masing blogger. Tapi jika dikembalikan pada pertanyaan ‘Blog untuk siapa? Untuk diri sendiri atau orang banyak?‘, niscaya sobat semua sudah tahu jawabannya, kan?

Yang penting, blogging! :)

Share Button

About Darin

Hai, terima kasih sudah membaca artikel di blog ini. Untuk selanjutnya, Anda bisa berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed atau lewat Email. Dan untuk mengenal saya lebih dekat, mari cuap-cuap bareng di Twitter dan jangan lupa sempatkan buka laman About dan Arsip blog ini.
This entry was posted in Blogging and tagged , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Theme Satisfaction – How Fast Can You Load?

  1. Ami says:

    Aku pake yang standar, gak mikirin kecepatannya. Ilmunya belum nyampe, tapi kenalan yang bisa bikin template udah banyak. Sapa tau ntar dikasih yang kenceng… wuuuuuusss…

    • Darin says:

      Berhubung Ami produktif banget nulisnya, cocoknya pake theme yang nuansa penulis. Minimalis, langsung ke konten n desainnya ga terlalu rame. Coba cari2 yg bagus Mi πŸ˜€

  2. Bung Eko says:

    Wah, jadi pengen coba, Bung. Trims infonya, segera meluncur ke TKP. Dan, siapa lagi yang bakal dijadikan bahan perbandingan kalau bukan darinholic.com ini. Hahaha…

  3. Dewifatma says:

    Kurasa, blog-ku pasti lebih lelet..hihi… Habis, nggak ngerti cara bikin blog lebih cepat loading sih… :)

    Kunjungan balik, nih… Maaf baru sempat.. :)

    • Darin says:

      Hehe, ini cuma intermezo aja mbak. Yang penting loading-nya ga makan waktu seharian itu dah bagus kok πŸ˜€
      Thanks ya dah mampir :)

  4. maminx says:

    untung saya pake themes standar aja πŸ˜€
    topik ini pernah saya baca juga di blog nya kang red πŸ˜‰

  5. honeylizious says:

    pengen bikin juga pake aplikasi apa sih?

  6. Kaget says:

    Pertama kali pakai WP saya juga pake theme bawaan yang ternyata ngga memalukan. Soal kecepatan dan stabilitas dijamin, lha. Sekarang lagi mikir2 untuk ngurangin widget yang bisa membuat loading makin berat :)

  7. ada-akbar.com says:

    ane ga terlalu memperhatikan kecepatan kang darin .. . asal wajar,ya gapp πŸ˜€

  8. Penghuni 60 says:

    kalo sama blogku gimna sob?

    pgn ngecek gmn caranya sob?

  9. bro eser says:

    saya sendiri belum terlalu memperdulikan kecepatan untuk blog personal saya, akan tetapi untuk blog yang di monetize saya memang memperhatikan kecepatan blognya karena kata beberapa sobat blogger bahwa kecepatan blog juga memberi efek + terhadap SEO blog kita

  10. tonykoes says:

    Wah referensi load speednya pakai blog senior semua ya.. Pak Joko,Sutarto and Mas Iskandar… yang notabenenya beda platform.. Punya Mas Darin sendiri cuma 15% kira-kira targetnya berapa persen tuh.
    Menggaris bawahi estetika.. selera kadang melupakan speed blog.. :)

  11. dHaNy says:

    Saya belum ada waktu nih mau ganti theme mas… Perlu setting yang banyak untuk blog saya… Emang beratt banget perlu diganti..

  12. Cahya says:

    Ha ha…, blog saya kan banyak script-nya, kalau mau cepat, ya pakai pemblok script seperti NoScript di Firefox, pasti wus-wus… Sudah saat pengguna Internet jadi melek, bukan sekadar latah berinternet :D.

  13. honeylizious says:

    mas linknya kurang huruf S tuh, pantesan dari kemaren gagal terus bukanya :)

  14. febriosw says:

    Terimakasih ilmunya. Coba ah…

  15. campor bawor says:

    makasih banyak tips nya
    bermanfaat skali
    salam kenal thank..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *