Theme Satisfaction – How Fast Can You Load?

Beberapa hari ini saya memang sedang kepingin banget optimasi blog, baik dari segi tampilan, kecepatan load maupun kembali ber-brainstorming ria mengenai konten-konten yang nantinya akan diangkat.

Dan untuk urusan theme – oops – entah kenapa saya kepincut lagi dengan TwentyTen. Selain banyak direkomendasikan oleh para blogger, simple dan powerful, theme ini pun mudah dikostumisasi dengan child theme. Nah, pembuatan child theme ini lah yang kini jadi menu utama sehari-hari. Yoi, meski berbagai versi sudah banyak tersedia, namun tetep aja ada beberapa feel yang kurang di sana-sini jika itu bukan buatan tangan sendiri *hehe*. Dan untuk sementara, biarlah kesederhanaan TwentyTen mengisi kekosongan sebelum child theme-nya lahir.

Oh ya, sekedar untuk mendokumentasikan performa loading blog ini sebelum berganti theme, saya iseng-iseng membandingkan kecepatan load-nya dengan beberapa blog sahabat. Dengan bantuan fitur tes perbandingan kecepatan di whichloadsfaster.com, berikut review singkatnya:

Tes Kecepatan Loading Blog

Uhuy, loading-nya 3,5 kali lebih cepatΒ dari diptara.com, blognya Pak Joko πŸ˜€

Tes Kecepatan Loading Blog

Hmm, masih lebih cepat 2,6 kali dari blognya Kang Andi πŸ™‚

Tes Kecepatan Loading Blog

Kalau dibandingkan kafegue.com nyerah deh, narablognya keren sih πŸ˜€

Tes Kecepatan Loading Blog

Well, ga jauh beda dengan blog-nya Bli Cahya πŸ™‚

Tes Kecepatan Loading Blog

Setali tiga uang dengan agussiswoyo.com, draw! *tos* ah πŸ˜€

Memang banyak faktor sih yang mempengaruhi performa loading blog. Pemakaian plugin, kecepatan jaringan net dan tentu saja kemampuan codingΒ bloggernya ikut ambil bagian dalam menentukan seberapa cepat loading sebuah blog. Belum lagi masalah estetika dan feel tadi yang seleranya subyektif pada masing-masing blogger. Tapi jika dikembalikan pada pertanyaan ‘Blog untuk siapa? Untuk diri sendiri atau orang banyak?‘, niscaya sobat semua sudah tahu jawabannya, kan?

Yang penting, blogging! πŸ™‚

25 comments On Theme Satisfaction – How Fast Can You Load?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer