3 Situs Tempat Belajar HTML dan CSS Terbaik

Sebagai blogger, tentu nggak melulu dong soal menulis. Lama-lama stres lah kalo gitu 😀

Wara-wiri di medsos, blogwalking, atau offline sejenak sambil nyruput kopi, siapa tahu ujug-ujug ada wangsit ide postingan lewat *hehe* Atau, mungkin ada beberapa yang penasaran tuk ngoprek template? Karena – ya – pernah toh muncul perasaan envy setelah keluyuran melihat blog-blog lain yang tampilannya aduhai?

Nah, untuk urusan utak-atik template, maka mau tak mau harus dengan HTML dan CSS. Wait, siapa sih mereka?

Situs Belajar HTML dan CSS

Saya kurang kompeten kalau bicara teknis, tapi sederhananya, HTML (HyperText Markup Language) adalah kerangka atau struktur dari tampilan web di browser. Sedang CSS (Cascading Style Sheet) merupakan polesannya agar lebih cantik dipandang.

Sebagai analogi, jika membuat web diibaratkan membangun rumah, maka HTML itu berupa pondasi, kolom, dinding ruangan, juga kuda-kuda atap. CSS itu style yang mau diterapkan. Contohnya, warna cat tembok, jenis keramik, spesifikasi genting, hiasan dinding, dan lain-lain.

Tapi, apa bisa web dibuat hanya dengan HTML saja? Bisa. Coba saja lihat situs personal dari Thomas H. Cormen. Tampilannya murni hanya menggunakan HTML yang – wow – 90-an banget ya. Padahal beliau profesor MIT lho 😀

Dan kalau penasaran gimana bentuk tampilan web-web 90-an sebagai perbandingan, boleh dicek di Wayback Machine. Semisal kita ingin tahu tampilan Yahoo saat awal launching, ketik saja alamat web-nya di kolom pencarian dan klik di tahun yang diinginkan, dalam hal ini yang paling kiri, di tahun 1996.

situs belajar HTML

Dan bandingkan dengan Yahoo sekarang ketika sudah muncul CSS:

belajar online HTML dan CSS

That’s the power of CSS 🙂

Lalu muncul pertanyaan, dimana sih tempat belajar HTML dan CSS yang afdol? Kan banyak tuh blog-blog atau situs yang isinya tutorial dan membahas tentang itu dari mulai level newbie sampai advance, yang gratisan sampai berbayar? Ya kalau menurut saya sih, semua situs belajar itu bagus. Nggak mungkin lah kalau berniat menyesatkan pengunjung, karena hukum rimba yang berlaku di dunia maya itu hanya satu: kredibel atau tidak. *bah* 😀

Dan ngomong-ngomong tentang kredibel, saya juga nggak mau ambil pusing. Berhubung belajar HTML dan CSS itu sama saja dengan ngulik bahasa baru (HTML dan CSS juga salah satu jenis bahasa lho), hal paling penting yang perlu dipelajari adalah kosakata dan struktur penulisan-nya, atau dalam bahasa internet, documentation dari bahasa tersebut.

Ada 3 situs yang sering saya sambangi sebagai referensi, yaitu:

1. MDN

Belajar HTML Dan CSS Online di MDN

2. W3Schools

tempat belajar HTML CSS

3. DevDocs

belajar HTML CSS gratis

Di ketiga situs tersebut, kita bisa belajar secara mandiri tentang teori dan contoh penerapan HTML maupun CSS. Kenapa saya istilahkan mandiri, karena saya penganut aliran self-taught 🙂

‘Tapi gan, yang di atas itu kan cuma teori-teori aja, terus prakteknya gimana?’

Well, ada dua cara. Yang pertama, praktek langsung di web CodePen.

cara belajar HTML

Dengan CodePen, kita bisa membuat struktur web latihan di kolom HTML, masukkan kode CSS, dan hasilnya terlihat secara live. Sebagai contoh begini:

situs belajar online HTML dan CSS

Dan cara kedua adalah dengan memakai text editor, semisal Notepad, Sublime, atau Atom. Cara ini lebih saya sukai, karena selain lebih lega nulis kodenya, hasil tampilan di browser pun lebih akurat.

teks editor atom

How about you? Punya referensi situs tempat belajar HTML dan CSS andalan yang lain? Share dong!

Seorang freelance engineer penyuka konten tentang teknologi dan desain, terutama seputar web development/UX design. Yuk, saling sapa di Twitter!

Leave a reply:

Your email address will not be published.