Semua setuju jika mengartikan sebuah artikel blog yang bagus adalah yang bermanfaat, unik, cocok dan relevan dengan target pembacanya. Lalu bagaimana barisan-barisan kalimat di kotak komentar yang notabene juga adalah bagian dari konten atau artikel tersebut? Apakah pernah kita memiliki mind set yang sama dengan si penulis ketika menulis artikel tersebut, yakni menulis komentar yang juga bermanfaat, unik, cocok dan relevan dengan artikelnya?

Pertama-tama, berkaca dari pengalaman kita sendiri dulu deh. Kalau kita blogwalking, baca artikel (kalau cocok ya dikomentari) lalu scanning komentar-komentar yang ada, kira-kira link komentator yang mana yang mampu menarik hati kita tuk mengklik dan – hupla – berkunjung ke blognya?

Cara Berkomentar Yang Baik

image courtesy: popcultureonline.net

Nah, bila sang narablog dan artikel blognya saja bisa bersinar di antara artikel blog-blog lain, kita yang berkomentar juga jangan mau kalah dong dengan berusaha bersinar di antara komentator-komentator lain yang ikut nimbrung di situ. Setuju?

Ok, berikut trik-triknya agar komentar kita terlihat menyilaukan sehingga dapat mempengaruhi pemilik blog dan komentator lain tuk mengklik link kita. Here we go:

1. Jangan Ragu Bila tak Setuju
Ngga setuju dengan isi artikel dan semua komentar bilang ‘great post!‘ atau ‘nice info gan!’? Tuliskan saja ketidaksetujuan kita beserta alasannya. Ngga setuju bukan berarti membombardir isi artikel dan tak mengindahkan etika yang di kemudian hari malah bisa membuat nama kita jelek di blogosphere lho. Simpel saja, asal jangan tulis ‘pokoknya ane ngga setuju, titik‘ *haha*

Bila perlu, berikan fakta-fakta penunjang ketidaksetujuan kita dan informasi-informasi tambahan yang sekiranya dapat menjadi wawasan baru bagi narablog maupun pembaca yang lain di situ. Dijamin, komentar kita akan terlihat ‘berbeda’ dan mengundang pemilik blog beserta pengunjung lain tuk berkunjung balik ke blog kita.

2. Humor humor humor!
Humor kadang diperlukan saat kita dihadapkan pada komentar-komentar lain yang rata-rata serius. Saya pernah menemukan komentar sejenis di blog ini dan itu membuat saya tertarik tuk ingin lebih mengenal si komentator, dan ujung-ujungnya malah jadi partner ngeblog yang asyik.

Jadi, sesekali tunjukkan sisi kecerdasan emosional kita untuk tetap bisa bersikap santai dikala semua mengernyitkan dahi. Sisipkan humor dan buat dunia ini lebih berwarna!

3. Buat pembukaan komentar yang bagus
Layaknya menulis artikel, menulis komentar pun ternyata butuh ‘sentuhan’ lebih agar terlihat ‘wah’. Dan memilih pembukaan kalimat yang tepat dan mengena pasti akan lebih menohok.

4. Sumbang poin tambahan
Jika artikelnya berbentuk list atau daftar, usahakan untuk menambahkan poin yang sekiranya bisa dijadikan referensi bagi si penulis. Contoh, komentar Pak Joko Sutarto di artikel Inilah Alasan Mengapa Orang Tertarik Membaca Blog. Dengan cara ini, saya selaku pemilik blog dan pembaca yang lain akan bisa menilai bahwa si komentator tentu menguasai topik yang dibahas pada artikel. Dan kelihatan kan, komentarnya lebih bersinar dibanding yang lain? 🙂

5. Tambahkan link referensi
Bila kita menyetujui isi artikel dan mengetahui link yang dapat mendukungnya, tuliskan saja. Begitu pun sebaliknya. Beri link referensi yang berfungsi sebagai pelengkap argumen sanggahan kita.

Tunggu, ini yang sering disalahartikan oleh para blogger. Banyak saya temukan – yang kemudian dengan terpaksa saya jaring di kandang spam – blogger-blogger yang mengikuti kontes memberi link artikel kontesnya di kotak komentar. Ini sebenarnya sangat mengganggu, bukan hanya kepada saya, tapi juga pengunjung yang lain yang tentunya adalah ‘target’ dari penyebaran link tersebut. Jadi, bijak-bijaklah memberi link referensi, deal?

6. Komentar di komentar yang lain
Dengan fitur komentar bertingkat, kita dengan leluasa bisa membalas komentar orang lain meskipun kita bukan pemilik blog. Apalagi jika memang artikelnya sangat menarik untuk memancing sebuah diskusi, komentar bertingkat ini akan terlihat lebih seksi di mata pengunjung yang melihatnya.

So, komentari komentar orang lain dengan trik yang sama dengan lima cara di atas, niscaya – jleb – komentar kita bakal bersinar bagai superstar.

7. …….. ada yang menambahkan? Baca kembali poin no. 4 ya 🙂