7 Aplikasi Mind Map Gratis Untuk Pengguna iPhone

Mind Map tentu tak asing lagi bagi penulis atau blogger yang ingin struktur tulisannya lebih fokus dan terarah. Dan bagi pengguna smartphone, keberadaan aplikasi mind map tentu sangat memudahkan proses membuat diagram alur topik menulis tersebut.

Dan pada kesempatan ini, saya share 7 aplikasi gratis pencetus ide ini yang dapat Anda unduh di App Store.

Berikut aplikasi-aplikasi tersebut:

1. Connected Mind

aplikasi mind map gratis

Meski sederhana, grafis aplikasi Connected Mind terasa eye catching. Bagi Anda yang suka dengan ikon-ikon simpel dan lumayan besar, aplikasi mind map ini bisa jadi primadona. Jangan khawatir dengan font, karena ada 34 font-font keren yang bisa dipilih.

2. MindMeister

aplikasi mind map gratis iphone

Membuat mind map dengan MindMeister secepat mengusap jemari di ponsel. Aplikasi ini dapat mengekspor hasil coretan ke dalam format PDF dan PNG. Sayangnya, ini hanya gratis pada masa trial saja, yaitu selama 7 hari. Setelah itu MindMeister akan men-charge $5.99/bulan, dimana kelebihan versi Pro adalah dapat mengekspor data ke pilihan format yang lebih banyak, seperti MindManager, Freemind, XMind, MS Word juga Powerpoint.

3. Total Recall

aplikasi mind map hp

Untuk yang kurang suka dengan pernak-pernik meriah, Total Recall menyajikan konsep yang lebih minimalis, tapi tetap menampilkan grafis yang elegan. Awal menginstal dan memakai aplikasi mind map ini, Anda hanya diperbolehkan membuat 3 project. Jika ingin lebih, Anda harus meng-upgrade ke versi premium.

4. Fly Mind

aplikasi mind map gratisan

Sesuai namanya, Fly Mind seakan mengajak penggunanya untuk membebaskan sisi kreatif dalam membuat mind map. Dengan pengaturan sederhana, 50 tema atraktif, dan 9 tipe garis alur, aplikasi ini pantas jadi pilihan. Lainnya, dengn Fly Mind kita bisa menyimpan project yang dibuat sebagai image dan membagikan ke orang terdekat.

5. Mindly

download aplikasi mind map gratis

Mindly bagus secara visual dan kecepatan dalam merekam ide atau catatan. Dengan dukungan iCloud, aplikasi mind map ini dapat melakukan sinkronisasi data antar perangkat. Kelebihan lainnya, Bahasa Indonesia masuk dalam program Mindly selain bahasa-bahasa lain, seperti Arab, Ceko, Perancis, Italia, Jepang dan banyak lagi.

6. Mind Vector

aplikasi mind map hape

Pola pikir lateral menjadi tema dasar aplikasi Mind Vector. Dengan tampilan yang bersih dan sederhana, coretan pola pikir tulisan yang dibuat semakin tertata. Meski begitu, ikon-ikon yang ada pun tak kalah menarik. Pilihan warna pada tema dan garis alur juga banyak pilihan. Mind map yang telah dibuat dapat dibagikan dalam berbagai format, seperti CSV, PDF, PNG dan lainnya.

7. MindNode5

aplikasi mind map gratis download

Ini sepertinya aplikasi mind map paling inovatif. Tapi bagi pengguna awam, sepertinya harus banyak latihan dulu untuk mengunakan MindNode5 karena begitu banyaknya fitur yang ditawarkan. Kita dapat membuat project dengan berbagai format, yaitu kata-kata, image, tautan juga catatan tersendiri di setiap node. Meski agak sulit di awal, namun semua terbayar dengan tampilan akhir yang tampak profesional.

Mana Aplikasi Mind Map Favorit Anda?

Well, ketujuh aplikasi gratis itu tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selera subyektif pun kadang jadi faktor yang tak kalah penting. Namun setidaknya dengan kehadiran aplikasi-aplikasi ini, membuat mind map jadi lebih simpel dan cepat.

Anda punya aplikasi mind map andalan selain yang telah disebutkan di atas? Share, please.

Penyuka kopi, konten tentang teknologi dan desain, terutama seputar web development. Yuk, saling sapa di Twitter!

Leave a reply:

Your email address will not be published.