Tutorial Cara Instal WordPress Di Komputer Dengan MAMP

Ingin punya blog WordPress self-hosted tapi masih ragu karena khawatir bakal susah mengoperasikannya?

Tenang, dengan menginstalnya di komputer sendiri, cara bikin postingan, mengutak-atik theme, pasang plugin juga pengaturan-pengaturan WordPress yang tadinya masih di awang-awang bakal tersaji langsung di depan mata tanpa perlu beli domain dan hosting.

Ingin tahu caranya? Ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Instal WordPress di Komputer

Yang pertama dibutuhkan adalah perangkat lunak server localhost, dan dalam tutorial ini saya menggunakan MAMP, singkatan dari My Apache – MySQL – PHP.

1. Download dan Instal Software Server Localhost MAMP

Kunjungi situs resmi MAMP. Dan klik tombol Downloads di kanan atas layar.

cara instal wordpress di komputer

Pada halaman download, pilih MAMP menurut sistem operasi yang Anda gunakan. Untuk pengguna Windows, pilih ikon MAMP sebelah kanan. Jangan khawatir dengan kata-kata ‘Pro’, karena yang akan digunakan adalah versi gratisan (free).

instal wordpress localhost di komputer

Setelah file ter-download, instal software MAMP ke komputer. Caranya sama dengan menginstal software-software yang lain, seperti memilih folder tujuan, centang opsi setuju dengan ketentuan layanan dan seterusnya.

2. Jalankan MAMP

Setelah proses instalasi selesai, kini saatnya menjalankan MAMP. Klik ikon MAMP di layar desktop, kemudian pilih Start Servers di layar software.

cara instal wordpress localhost

Tunggu hingga proses selesai, lalu secara otomatis akan muncul layar selamat datang dari MAMP di browser. Nah, sampai di sini Anda sudah sukses menjadikan komputer sebagai localhost (hosting lokal) bagi blog WordPress percobaan Anda.

instal mamp di komputer

3. Membuat Database Blog di LocalHost

Langkah selanjutnya, kita butuh database sebagai wadah penyimpanan file-file WordPress yang akan diinstal. Caranya, klik tautan phpMyAdmin yang ada di layar selamat datang, atau ketik manual localhost/phpmyadmin di tab baru.

database wordpress localhost

Klik New pada bilah navigasi sebelah kiri, lalu masukkan nama database di form Database name dan klik tombol Create.

cara membuat database localhost

Sekedar saran, jangan sampai lupa nama database yang Anda buat, kalau perlu dicatat di notepad sebagai antisipasi jikalau lupa di kemudian hari. Pada contoh di atas, saya sudah membuat database bernama ‘darintrial’ seperti yang terlihat di bilah navigasi.

4. Menginstal WordPress di LocalHost

Berikutnya adalah menginstal WordPress. Untuk itu, Anda perlu mengunduhnya langsung dari laman resmi WordPress untuk mendapatkan versi WordPress terbaru.

instal wordpress localhost

Ekstrak file zip WordPress yang sudah di-download, kemudian copy/cut hasil ekstrak-nya ke folder htdocs di dalam folder MAMP sesuai direktori tempat instalasi. Pada contoh berikut, saya meletakkan hasil ekstrak ke drive D > PROGRAM > MAMP > htdocs.

wordpress localhost di komputer

Selanjutnya, ketik localhost/wordpress di browser dan layar akan menampilkan menu utama instalasi WordPress. Pilih bahasa yang Anda inginkan lalu klik tombol Continue.

instal wordpress di komputer

Di layar berikut, WordPress menjelaskan perihal instruksi instalasi yang akan dilakukan, seperti menganjurkan Anda untuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan database, yaitu nama database, username, password, dan host. Klik saja tombol Let’s go!

localhost wordpress di komputer

Menu instalasi selanjutnya adalah form-form pengisian data. Isi form Database Name dengan nama database yang telah dibuat, form Username isi dengan root, form Password isi dengan root, form Database Host isi dengan localhost dan biarkan form Table Prefix terisi secara default dengan wp_.

menginstal wordpress di localhost

Lalu klik tombol Submit, dan Run Installation di menu selanjutnya.

instalasi wp di komputer

Di layar berikutnya, Anda isikan nama blog, username dan password untuk login WordPress, juga email. Setelah selesai mengisi data, klik tombol Install WordPress.

buat blog wordpress di komputer

Bersamaan dengan kemunculan layar seperti gambar di bawah, itu berarti Anda sudah sukses punya blog WordPress self-hosted sendiri di komputer yang bisa diakses kapan saja meski kondisi offline. 🙂

gimana instal wordpress di komputer

Klik tombol Log in dan Anda akan dibawa langsung ke laman dashboard blog.

instal localhost wordpress

Ingin melihat tampilan blognya? Ketik saja localhost/wordpress di browser.

blog localhost wordpress

Bagaimana, mudah bukan? Ya, cara instal WordPress di komputer itu sangat mudah dengan menggunakan MAMP. Jika Anda mengikuti petunjuk sesuai langkah-langkah yang dipaparkan di atas, saya yakin Anda tak akan menemukan kesulitan yang berarti.

Selanjutnya, tunggu apa lagi, eksplorasi semua fitur yang ada di dashboard WordPress sebagai bahan latihan tanpa perlu mikir biaya domain dan hosting. 🙂

Have fun with WordPress!

Seorang freelance engineer penyuka konten tentang teknologi dan desain, terutama seputar web development/UX design. Yuk, saling sapa di Twitter!

9 comments On Tutorial Cara Instal WordPress Di Komputer Dengan MAMP

Leave a reply:

Your email address will not be published.