Cara Menghapus Revisi Postingan WordPress

Dalam proses menulis artikel blog, pasti tak mungkin sekali jadi. Setelah free writing dan mengikuti alur sesuai topik pembahasan, selanjutnya edit, edit dan edit.

Mungkin Anda senasib dengan saya yang tak pernah memantau seberapa banyak file revisi yang telah dibuat. Atau malah menganggap revisi-revisi postingan itu akan menghilang dengan sendirinya. Padahal WordPress sendiri menyatakan bahwa setiap kali kita menyimpan draft atau update tulisan, WordPress akan mem-backup secara otomatis dan tersimpan dalam database blog kita.

cara menghapus revisi postingan wordpress

Nah, jika sudah ngeblog lama dan hal ini tak jua mendapat perhatian, tentu file revisi-revisi postingan itu bakal membuat space database blog membengkak. Imbas yang lain dan tak kalah greget, hal itu akan membebani kinerja server hosting dan mempengaruhi daya muat (loading) blog secara keseluruhan.

Lalu bagaimana caranya untuk menghapus revisi-revisi postingan di WordPress? Berikut 2 cara yang bisa kita lakukan:

1. Menghapus Revisi Postingan Lewat cPanel

Login cPanel dan masuk ke phpMyAdmin:

Di sidebar kiri phpMyAdmin, pilih database blog, lalu klik tab SQL. Di kolom SQL isikan perintah berikut:

DELETE a,b,c
FROM wp_posts a
LEFT JOIN wp_term_relationships b ON (a.ID = b.object_id)
LEFT JOIN wp_postmeta c ON (a.ID = c.post_id)
WHERE a.post_type = ‘revision’

Lalu klik Go. Ketika ada notifikasi yang muncul, pilih OK dan tunggu sebentar, database akan memperlihatkan revisi-revisi postingan yang dihapus.

Kok ribet ya?

Right, buat yang nggak mau repot bongkar-bongkar cPanel, bisa memakai cara berikut:

2. Menghapus Revisi Postingan WordPress dengan Plugin

Silakan klik Add New di panel Plugins dan search plugin Optimize Database After Deleting Revisions:

cara menghapus revisi postingan wordpress dengan plugin

Seperti biasa, bila ingin menginstal plugin kita lihat dulu detail plugin tersebut. Disana bisa dilihat deskripsi, cara instal juga review-review dari pengguna sebagai gambaran kemantapan. Kadang ada plugin dengan review bagus tapi tidak kompatibel dengan versi WordPress yang kita pakai, ada pula yang update terakhirnya bertahun-tahun lalu.

So, setelah yakin, klik Install Now, dan activate untuk mengaktivasi plugin.

Setelah plugin aktif, di panel Settings sidebar dashboard akan muncul opsi Optimize Database. Ikuti langkah berikut:

pengaturan plugin revisi postingan wordpress

Pengaturan default plugin kita tambahkan dengan mengisi opsi ‘delete revisions older than’, yang artinya plugin akan menghapus revisi postingan yang lebih lama dari … hari. Isi saja angka 1 untuk menghapus revisi sejak kemarin. Opsi yang lain adalah ‘delete spammed items‘ yang akan menghapus komentar-komentar yang ada di folder spam dan scheduler jika ingin memerintahkan plugin tuk bekerja dengan siklus tertentu.

Klik Start Optimization dan hupla, Done! 😀 Lumayan juga, dari kasus saya, dengan plugin ini bisa menghemat database sebesar 14 mb.

Anda punya pengalaman serupa, atau punya cara lain untuk menghapus revisi postingan di WordPress? Share, please.

Seorang freelance engineer penyuka konten tentang teknologi dan desain, terutama seputar web development/UX design. Yuk, saling sapa di Twitter!

Leave a reply:

Your email address will not be published.