Bagaimana cara mencari ide tulisan blog? Perumpamaan yang tepat untuk proses ini adalah mengasah gergaji.

Ya, istilah mengasah gergaji mungkin sudah tak asing lagi tuk para motivator. Kalau saya pribadi sih lebih prefer tuk menyebut istilah itu sebagai aktivitas menumpuk ide. Lha, kenapa harus ditumpuk?

Simpel saja. Bagi blogger, tips itu memang cukup ampuh tuk menjaga ritme blogging. Toh tak setiap waktu kita mendapat sesuatu yang bisa membuat klik di otak, atau pun ujug-ujug – wush –Β  ide-ide itu sudah nongkrong santai di depan saat kita buka pintu di pagi hari kan? Bukankah lebih asyik lagi bila kita sudah punya stok gagasan-gagasan fresh tuk kemudian dapat dieksekusi menjadi sebuah postingan siap publish?

Ok, anggap saja kita sepakat bahwa mengasah gergaji itu penting, karena di postingan kali ini saya ingin sharing jurus-jurus mencari ide tulisan blog versi saya. Ready?

1. Banyak Membaca Buku. Kata orang, buku adalah jendela dunia. Sedang bagi saya, buku adalah jendela tembus pandang yang mempunyai remote, dimana channel perspektifnya bisa kita ubah sesuka hati. Karena bisa saja dari novel picisan ada sepetik impresi tentang bagaimana mengelola komentator yang emosional, dari buku tips komputer ada ide tentang trik menulis paragraf yang mengalir, atau dari buku politik kontemporer ada gagasan bahwa ngeblog itu salah satu cara untuk merubah dunia.

Dan lewat buku juga, kadang sesuatu yang terlihat remeh bisa memangkas habis pesimis dan menumbuhkan keberanian. Seperti yang saya alami sendiri, bisa semangat ngeblog lagi hanya dengan perantaraan sebuah quote sederhana di buku saku kecil. That’s true. Jadi, banyakin baca buku, guys. Dari situ banyak sekali ide tulisan blog.

2. Temukan Blog-Blog Bagus. Bagus disini bukan berarti harus blog mapan dan sering dipanggil master lho ya. Bagus di sini bersifat subyektif, karena apa yang saya bilang bagus belum tentu sip di mata sobat. Nah, setelah nemu, jadilah pengunjung loyalnya, oprek arsip-arsipnya, lanjut subscribe RSS atau via email kalau perlu. Dan agar lebih dekat secara personal, tambahkan narablognya sebagai teman di facebook, follow akun twitternya, juga sambangi blog-blog yang sering direkomendasikan beliau.

Oya, blog itu pun tak harus satu niche atau sealiran dengan blog kita. Free your mind. Saya misalnya, santai saja terbang ke blog-blog yahud seperti kancut beringas, asyerabellas juga adrianzzz. Kesemua contoh blog itu jauh dari topik blog ini, tapi ada sesuatu yang bagus di mata saya, yang kadang bisa melecut wawasan dan ide tulisan blog baru, baik itu dari segi bahasa, layout atau pun feel secara umum. Yup, tunggu apa lagi, blogwalking, and find them!

3. Aktif di Jejaring Sosial. Ada yang tak punya akun facebook, twitter, atau plurk? Saya sangsi. Kalau pun iya ada, saya berani katakan bahwa blogger itu telah menyia-nyiakan sedikitnya 90 persen dari kekuatan internet.

Wajar dong, apa yang dibaca di media online hanyalah isu-isu yang dilempar dari satu sumber. Sedang di jejaring sosial, kita bisa dengan mudah mendengar pandangan sebuah isu dari berbagai model, dari mulai sebangsa alay hingga individu yang memang profesional di bidangnya. Dan tak jarang banyak blogger yang mendapat ide tulisan blog dari desingan status facebook atau pun dari deretan kata-kata di timeline twitter. Dua keuntungan jadinya deh: inspirasi ngalir, gaul pun oke kan? *hehe*

ide tulisan blog4. Rekamlah! Melewatkan percikan ide sama saja dengan membuang percuma sebuah kesempatan besar. Analoginya, gergaji yang sudah tajam terasah bila tak segera digunakan tuk memotong kayu pun lama-lama akan tumpul kembali. Jadi bagaimana agar gergajinya tetap maknyus? Segeralah ide-ide tulisan blog itu direkam! Cara apa saja boleh, yang penting usahakan slentingan ide itu tak melayang ditelan kegalauan #eh πŸ˜€

Ada yang senang free writing alias menulis bebas dan sekenanya lalu disave sebagai draft, boleh. Ada yang suka langsung mendadak buka dashboard blog dan publish seketika itu juga, mantap. Kalau saya sih, untuk saat ini masih tetap trik mind map yang paling cantik.

Ada lagi? Saya kira langkah-langkah di atas sudah cukup efektif. Jadi, sekarang waktunya sobat tuk ambil gergaji masing-masing dan asahlah ia sampai licin!

Selamat mengasah, guys! πŸ™‚