5 Manfaat VPS Yang Seharusnya Anda Tahu

Sebagai seorang blogger, anda pasti sudah tahu bahwa agar blog atau website yang kita buat dapat diakses memerlukan hosting sebagai tempat untuk menyimpan file-file penyusunnya.

Ada beberapa jenis hosting yang biasanya digunakan oleh para blogger, beberapa diantaranya adalah Shared Hosting dan VPS (Virtual Private Server). Sama seperti kebanyakan blogger lainnya, awalnya saya juga menggunakan Shared Hosting ketika mengembangkan blog pertama saya, Androbuntu.

Seiring dengan meningkatnya traffic dan jumlah artikel blog saya tersebut, Shared Hosting tidak lagi memenuhi kebutuhan saya. Tidak mampu mengunggah file lagi hingga website makin lambat adalah dua hal umum yang saya alami ketika menggunakan Shared Hosting.

Akhirnya setelah mencari berbagai pencerahan di forum, website, hingga meminta saran dari teman, akhirnya saya membeli sebuah paket VPS di salah satu penyedia perusahaan di luar negeri. Tak disangka, ada beberapa manfaat positif yang saya rasakan.

Berikut ini adalah 5 manfaat VPS tersebut:

1. Website lebih ringan dan cepat ketika diakses

Yang paling saya rasakan ketika memindahkan website utama saya dari Shared Hosting ke VPS adalah masalah kecepatan website. Sebelumnya, website saya lambat sekali ketika diakses. Baik dari sisi pengunjung maupun di dashboard WordPress-nya.

Namun ketika menggunakan VPS semua itu tidak lagi saya rasakan. Malah sebaliknya. Website saya jadi ringan dan cepat untuk diakses. Termasuk ketika upload gambar, prosesnya makin cepat dibandingkan saat menggunakan Shared Hosting.

Salah satu artikel saya yang membahas arti emoji, kebetulan memiliki banyak sekali gambar sehingga lambat sekali dibuka. Tapi sekarang sangat cepat ketika diakses.

2. Pengunjung meningkat drastis

Saya tidak tahu apakah ini memang karena menggunakan VPS atau faktor lainnya. Namun setelah beberapa hari menggunakan VPS, kunjungan ke website saya meningkat drastis.

Kalau di hitung-hitung peningkatannya mencapai lebih dari 50%. Kalau di hubung-hubungkan, mungkin karena website saya jadi cepat diakses, sehingga lebih disukai oleh Google.

Mungkin. Tapi saya tidak tahu pasti.

3. Bisa upload lebih banyak file

Sebelumnya jumlah file yang bisa di upload ke website saya dibatasi, karena paket Shared Hosting memang memiliki peraturan seperti itu. Selain dibatasi berdasarkan kuota, juga dari banyaknya file.

Saya ingat benar waktu itu sudah mencapai batas maksimum 50.000 file. Beberapa hari saya tidak bisa mengupdate blog karena kendala ini.

Tapi akhirnya setelah menggunakan VPS, tidak ada batasan tersebut lagi. Saya bisa upload berapapun jumlah file yang saya inginkan, selama itu tidak melebihi batas maksimum kuota VPS (saya menggunakan paket 25GB).

4. Lebih hemat

Kalau dipikir-pikir, paket VPS yang saya gunakan malah lebih murah jika dibandingkan dengan Shared Hosting yang sebelumnya saya gunakan. Apalagi dengan kualitas yang ditawarkan VPS jauh melebihi Shared Hosting.

Saya bahkan sempat menggerutu dalam hati “kenapa ga dari dulu aja ya nyewa VPS nya?”.

5. Satu VPS untuk banyak website

Saya pernah baca salah satu member forum internet marketing bahwa ia menggunakan satu VPS untuk lima belas blog yang ia kelola! Wow!

Saat ini saya baru menggunakan VPS yang saya sewa untuk 3 blog saja. Jadi jika ingin membuat blog baru, tidak perlu lagi menyewa hosting. Cukup beli domain, dan gunakan VPS yang sudah ada.

Nah, itu dia tadi pengalaman saya selama menggunakan VPS. Semuanya itu murni pengalaman pribadi. Tentu mungkin tidak akan sama dengan pengalaman anda.

Untuk anda yang kini blognya sudah mulai maju dan memiliki traffic yang tinggi, tapi masih menggunakan shared hosting, saya sangat merekomendasikan untuk menyewa VPS.


Artikel ini dibuat oleh Loki Fadilah. Seorang fulltime blogger dari Jakarta sekaligus founder dari Androbuntu.com. Jika Anda berminat menjadi blogger tamu di sini, sila kunjungi laman Guest Blogger.

Adalah blogger yang telah berkontribusi di komunitas DarinHolic. Berminat? Sila lihat tata caranya di laman Guest Blogger.

3 comments On 5 Manfaat VPS Yang Seharusnya Anda Tahu

  • Betul banget ini! Saya pernah pakai VPS untuk blog tentang Liverpool FC yang kini hiatus. Hitungannya memang lebih murah dari shared hosting, apalagi kalau dibandingkan dengan layanan WordPress Hosting di sejumlah penyedia–termasuk WordPress.com sekalipun (karena begitu banyak batasan dan aturan). Cuma, karena saya lemah banget untuk soal-soal teknis, akhirnya blog tersebut malah terbengkalai lama akibat saya sibuk belajar dan otak-atik wkwkwk.

  • Wowww, menarik banget!
    Kudu dipelajari secara mendalam nih, apalagi kalau dampaknya bikin trafic meningkat 🙂

  • Memang VPS mempunyai banyak kelebihan

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer