Di penghujung tahun 2010 kemarin, sempat saya berfikir untuk meninggalkan aktivitas ngeblog. Selain dihinggap rasa bosan, ada beberapa alasan lain yang tentu tak etis ditulis di sini.

Masa itu, karena project sebagian besar telah usai dan saya tak mau laptop ini jadi alzheimer gara-gara jarang dipakai, *ngeles mode on*, saya memalingkan diri dari ngeblog dan beralih ke kebiasaan lama. Main game strategi berdurasi panjang macam Civilization, berhaha-hihi di room YM, ataupun melahap buku-buku yang lama tak tersentuh di laci, tak pelak jadiΒ  pengenyang schedule sehari-hari.

Saat itulah saya dapati quote dari buku saku kecil yang berjudulΒ Inspirasi Kata-kata Bijak Tokoh Dunia. Dan satu dari sekian banyak quote, berikut ini yang paling berkesan…

Sebuah karya akan memicu inspirasi. Dan jika Anda berhasil, teruslah berkarya. Jika Anda gagal, teruslah berkarya. Jika Anda tertarik, teruslah berkarya. Jika Anda bosan, teruslah berkarya. (Michael Crichton)

Jika Anda bosan, teruslah berkarya. Wow, keterlaluan sekali! Bosan kok disuruh terus berkarya. Saya tutup lekas-lekas buku itu, dan kemudian lanjut ngoprek laptop.

bosan ngeblog

Sejam, dua jam, duh entah kenapa kata-kata Crichton itu masih terngiang? Ok deh, saya nyerah! Saya memang bosan dan saya juga mau terus ngeblog, but how it could be? Dan singkat kata singkat cerita, seperti yang sudah saya posting beberapa waktu lalu, I need a new home. Yah, inilah hasilnya, blog DarinHolic.

Ada pelajaran tersirat dari Crichton untuk blogger seperti saya, atau syukur-syukur kena bagi sobat semua. Dan itu adalah:

1. Setiap postingan mengandung makna. Yup, apapun postingannya minumnya teteup teh botol sosro *eh*. Artinya, tulisan kita yang terpublish pasti ada yang membaca, entah manusia atau robot pencakar google, yang pasti ada lah yang mengakses. Buktinya, postingan Hello World blog ini ada juga yang komentar, baik beneran maupun spam. Berarti ada yang baca tho?

2. Puja-puji dari komentar bisa jadi bumerang. Kadang saya heran, postingan ala kadar saya disebut bagus. Keheranan itu berlanjut di setiap saya ingin ngeblog, yang berakibat simultan, yaitu saya berusaha agar postingan baru ini lebih bagus dari yang kemarin. Sekali dua kali mulus. Lama-lama? Stres! Kalau sudah akut, bisa alergi nengok blog sendiri *haha*. So, sekarang mah santai-santai sajalah. Dipuji, hayuk, dicaci, boleh. My Blog My Rules!

3. Kebosanan adalah pancingan tuk membuat sesuatu yang baru. Bukan sekedar membuat blog baru lho. Saya ngga menyarankan itu. Intinya, pasti ada yang perlu diperbarui, baik dalam hal mind set blogging, tujuan menulis, boleh juga cat ulang layout template. Untuk saran sih, segeralah membuat blog dengan hosting dan domain sendiri dengan platform WordPress. Why? Taste-nya beda. Coba saja sendiri. Dan untuk permulaan, bisa lewat cafebisnis πŸ™‚

Sekelumit posting dari sejumput quote, yah, hanya sekedar berbagi, bahwa kapanpun sobat semua merasa bosan ngeblog, teruslah ngeblog!