Kilas balik beberapa tahun yang silam, saat kuliah di awal-awal semester, saya sudah mulai berfikir bagaimana caranya untuk mencari tambahan uang saku. Selain kondisi keuangan dari orang tua yang mulai memprioritaskan studi adik-adik, episode hidup saya waktu itu cukup dikatakan beruntung, karena memiliki teman dan kolega yang sudi memberi support tips freelancer dan jalan ke arah sana.

Awal perjalanan dimulai di sebuah bilik warung internet dengan hanya enam klien, sebagai operator. Beberapa bulan setelahnya, saya berkeliling mengunjungi murid-murid sekolah menengah sebagai guru privat. Well, dua jenis pekerjaan yang kontras. Yang pertama mensyaratkan jadwal ketat namun bisa menghabiskan jam kerja dengan having fun, yang kedua jam kerjanya begitu fleksibel, tapi tentu butuh keseriusan yang lebih dari sekedar chatting.

Dan kini saya baru sadar, kedua pekerjaan itu lah yang mengenalkan saya pada dunia freelancer.

Freelancer, menurut saya adalah jenis Tips Freelancer Suksespekerjaan yang benar-benar mengikuti falsafah pribahasa lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Yang kalau diartikan secara bebas sih, kita harus mengerti karakteristik ladang dan lubuk, hingga dapat menjadi belalang dan ikan yang adaptif, alias mampu beradaptasi.

Lokasi dan tempat bumi berpijak boleh berganti, namun jati diri mesti terus tetap selalu atraktif. Bila tak begitu, lucu dong bila bermain di ladang belalang sembah, namun kita terus-menerus berlaku sebagai belalang bungkuk.

Tips Menjadi Freelancer SuksesYup, cerita terus bergulir dan falsafah itu masih menjadi inspirasi kala dunia freelancer membawa saya menjelajahi Palu, Sidoarjo, Kupang dan akhirnya sekarang menclok di Jayapura.

Ok, curcol udah, sekarang saatnya bagi-bagi tips deh. Berikut tips freelancer yang bisa saya share bagi darinholicers (sobat-sobat darinholic) yang juga tengah menggeluti dunia freelance, atau punya fikiran tuk ikut terjun bareng-bareng saya πŸ˜€

Separah apapun keadaannya, don’t give up! Ini freelance, dimana kita meyakini bahwa segala hal bisa berubah, dinamis dan anti-statis. Apa yang kita kerjakan saat ini bukan mustahil adalah sebuah batu loncatan ke jenis pekerjaan yang lain. So, lakukan saja pekerjaan itu sebaik mungkin dan terus mengembangkan kemampuan, baik teknis maupun non teknis.

Lingkungan hanyalah persepsi awal, maka buatlah persepsi sendiri yang lebih besar. Ya, tempat dan rekan kerja biarlah seperti yang terlihat, karena memang begitulah adanya. Namun tak lalu serta merta menjadikan kita ujub dan ikut selera pasar. Segera lontarkan pertanyaan-pertanyaan: apa yang bisa saya lakukan agar semua bisa berjalan lebih baik, lebih cepat dan lebih produktif? Atau kalau disederhanakan, apa sih yang kurang? Nah, dari sini kita bisa mengimajinasikan berbagai kemungkinan dan persepsi yang tadinya mungkin kurang mengenakkan jadi lebih menantang.

Kesempatan datang berkali-kali, tapi yang datang pertama adalah yang terbaik. Sebetulnya saya juga masih belum mengerti bagaimana pola kehidupan ini berjalan. Karena kadang apa yang saya harapkan tak kunjung datang, namun tawaran yang sebelumnya saya remehkan mendadak menjadi sesuatu yang paling menentukan.

Contoh kasus, saat masih menunggu proses mobilisasi proyek di Timor Leste yang tak kunjung kelar, saya ditelepon salah satu mantan kolega tuk bergabung dengannya di Jayapura. Ini pilihan sulit. Saya berharap besar tuk bisa mengunjungi Dili, tapi tawaran di Jayapura pun tak bisa dipandang sebelah mata. Begitulah, akhirnya keputusan pun ditetapkan hanya sekian detik selama ponsel di telinga, and guess what? Proyek di Timor Leste hingga kini tak tentu rimbanya, dan saya bersyukur bisa mengambil kesempatan disaat pertama kali ia datang.

Expect the unexpected. Ini sebenarnya lagu lama, karena selalu mengantisipasi perubahan dan bertindak preventif hukumnya wajib di dunia freelancer. Kita bukanlah peramal yang bisa menerawang masa depan. Masa depan itu ya dibangun saat ini, detik ini. Kejadian terburuk pasti ada. Tragedi terbesar pasti datang. Itulah takdir. Dan sebaik-baiknya menghadapi takdir adalah melakukan yang terbaik saat ini tuk menciptakan takdir kita sendiri. Ingat saja, do the best, and God will do the rest.

Tips Menjadi Freelancer Sukses

Akhir kata, beberapa poin tips freelancer di atas hanyalah pemikiran pribadi saya semata, yang mungkin tak selalu sejalan dengan sobat. Untuk itu saya senang sekali jika sobat bisa sharing pengalaman seputar dunia freelance atau sekedar sumbang opini di sini.

Monggo.