Berawal dari sebuah email yang dikirim oleh tim dari komunitas VIVAnews, saya ditawari untuk ikut mengampanyekan paket-paket starter pack dari Indosat Internet sebagai bentuk privillege/penghargaan untuk Vloggers (blogger yang berkontribusi di VIVAvlog) terpilih.

Berikut penampakan dari penghargaan tersebut: 

Hadiah dari VIVAnews dan Indosat

Well, ada beberapa pelajaran penting yang saya dapat dari kejutan ini, yaitu antara lain:

  • Apapun yang kita lakukan, baik menulis atau kegiatan lain, jika dilakukan dengan konsisten pasti suatu saat akan membuahkan hasil.
  • Bergabung di sebuah komunitas adalah sesuatu yang sangat dianjurkan tuk diikuti oleh para blogger untuk lebih menunjukkan eksistensinya.
  • Apresiasi – sekecil apapun – akan dapat memompa dan memotivasi diri sendiri untuk dapat berbuat lebih baik lagi. Ini membuat saya berfikir untuk lebih intens lagi melakukan networking dengan blogger-blogger lain.
  • Jika kita pernah berfikir bahwa blogging adalah kegiatan yang sia-sia dan tak berguna, maka bukan blogging-nya yang salah, tapi cara pandang terhadap aktivitas blogging yang seharusnya diluruskan. Masih banyak kegiatan lain kok yang mungkin lebih berguna jika dilakukan dengan konsisten.

Bentuk apresiasi dari VIVAnews ini sekaligus membuka mata saya, bahwasanya blogger pun memiliki potensi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Kontribusi blogger – tak diragukan lagi – hingga kini masih diperhitungkan untuk mengimbangi media-media mainstream. Ada yang berperan sebagai wadah jurnalisme warga (public jurnalism), penyedia informasi wisata dan budaya lokal, atau blog-blog personal seperti halnya blog ini pun buktinya mendapat perhatian juga.

Jadi, dari pengalaman ini saya hanya ingin share, bahwa Anda pun sepatutnya melihat blog layaknya pencerminan diri Anda seutuhnya. Beri tampilan dan konten yang pantas, karena Anda juga tak ingin terlihat seadanya saat tampil di depan publik kan?

Atau Anda punya pendapat sendiri tentang bagaimana menyikapi blog Anda sekarang ini? Share, please.

PS: Thanks for VIVAnews and Indosat Internet!